Info SNMPTN 2018. Jangan Lupa Catet Infonya!

Tepat tanggal 12 Januari 2018 diumumkannya info masuk PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2018. Dimana artikel sebelumnya membahas tentang info SBMPTN 2018, kali ini edumor akan bahas info SNMPTN 2018. Apa sih SNMPTN? Lalu, apa bedanya dengan jalur SBMPTN? Nah, SNMPTN atau yang dikenal dengan sebutan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini merupakan jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia tanpa melalui proses tes. Jalur SNMPTN ini difokuskan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi secara akademik. Dan teruntukmu yang memiliki kendala ekonomi dan memiliki prestasi akademik namun ingin masuk PTN bisa kok. Caranya kamu bisa ikut SNMPTN Bidikmisi. Jadi sebelum mendaftar SNMPTN, kamu bisa daftar Bidikmisi terlebih dahulu. Tentunya sebagai penerima Bidikmisi yang lolos SNMPTN akan mendapatkan bantuan dana pendidikan dari Pemerintah Indonesia alias kuliah tanpa dipungut biaya. Begitupun dengan pendaftaran SNMPTN yang juga tidak dipungut biaya. Sedangkan, melalui jalur SBMPTN kamu harus mengikuti tahap tes tertulis, atau tes berbasis komputer, atau tes keterampilan dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu.

 

Syarat atau ketentuan mengikuti SNMPTN 2018:

1. Peserta SNMPTN 2018 merupakan siswa SMA / SMK / MA yang memiliki prestasi akademik dengan menginput nilai rapot ketika proses pengisian PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (Nilai rapot dari kelas 10 semester 1 sampai kelas 12 semester 1 untuk siswa SMA, sementara siswa SMK wajib mencantumkan nilai rapot semester 1 sampai 7).

2. Sebagai pendaftar SNMPTN, kamu harus memiliki NISN dan NPSN.

3. Tidak hanya memiliki prestasi akademik, tetapi berprestasi secara unggul sesuai dengan Akreditasi Sekolah, yakni:

– Siswa yang berasal dari sekolah dengan Akreditas A adalah 50% terbaik di sekolah.

– Siswa yang berasal dari sekolah dengan Akreditasi B adalah 30% terbaik di sekolah.

– Siswa yang berasal dari sekolah dengan Akreditas C adalah 10% terbaik di sekolah.

– Siswa yang berasal dari sekolah yang belum terakreditasi adalah 5% terbaik di sekolah.

4. Telah melakukan pengisian dan verifikasi data PDSS.

Langkah-langkah pengisian dan verifikasi data PDSS serta pendaftaran online SNMPTN 2018:

1. Sebelum melakukan pendaftaran online SNMPTN 2018, pihak sekolah terlebih dahulu melakukan pengisian PDSS berupa data sekolah dan data siswa.

2. Setelah data diisi, pihak sekolah menerima password yang akan diberikan ke siswa untuk memverifikasi data PDSS.

3. Kamu bisa melakukan verifikasi data PDSS dengan memasukan NISN dan password yang telah diterima oleh pihak sekolah hingga waktu yang telah ditentukan. Jika sama sekali tidak melakukan verifikasi data PDSS, kamu tidak bisa mengedit kembali data tersebut.

4. Sehabis mengisi dan memverifikasi data PDSS, barulah kamu mendaftar SNMPTN secara online pada waktu yang telah ditentukan.

5. Selanjutnya login di halaman pendaftaran SNMPTN dengan memasukan NISN dan password yang telah diterima tadi. Jika berhasil login jangan lupa isi jurusan dan PTN, melampirkan pas foto, dan bukti prestasi lainnya.

6. Apabila memilih jurusan kesenian atau olahraga, kamu wajib melampirkan bukti keterampilan dan portofolio dibidang tersebut.

7. Setelah proses pendaftaran selesai, kemudian cetak kartu peserta sebagai bukti kalau kamu sudah melakukan pendaftaran SNMPTN 2018.

Kamu ingin mendaftar Bidikmisi? Bisa lihat syarat, cara pendaftaran, dan daftar perguruan tinggi mana saja yang menyelenggarakan Bidikmisi di www.edumor.com/blog/2017/12/20/daftar-perguruan-tinggi-yang-menyelenggarakan-program-bantuan-dana-pendidikan-bidikmisi!

 

Persyaratan atau ketentuan pendaftaran SNMPTN Bidikmisi 2018:

1. Peserta yang ingin mendaftar SNMPTN Bidikmisi 2018 terlebih dahulu harus melakukan pengisian dan verifikasi data PDSS, kemudian daftar Bidikmisi atau sebaliknya.

2. KAP dan PIN yang telah diterima dapat dipergunakan untuk mendaftar SNMPTN 2018.

3. Jika dinyatakan gagal lolos SNMPTN 2018, kamu masih bisa menpergunakan KAP dan PIN tersebut untuk mendaftar SBMPTN 2018.

 

Jadwal-jadwal penting SNMPTN 2018:

Pelaksanaan pendaftaran online Bidikmisi 2018: 15 Januari 2018 pada pukul 17.00 WIB.

Pelaksanaan pengisian dan verifikasi data PDSS: 13 Januari 2018 – 10 Febuari 2018.

Pelaksanaan pendaftaran online SNMPTN 2018: 21 Febuari 2018 – 6 Maret 2018.

Pengumuman seleksi penerimaan peserta SNMPTN 2018: 17 April 2018.

Pelaksanaan pendaftaran ulang bagi peserta yang lolos SNMPTN 2018 (wajib): 8 Mei 2018.

 

Halaman resmi pengisian dan verifikasi data PDSS: pdss.snmptn.ac.id

Halaman resmi pendaftaran online SNMPTN 2018: web.snmptn.ac.id

Halaman resmi Bidikmisi: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Info lebih lanjut bisa lihat di snmptn.ac.id

 

Baca juga: Info SBMPTN 2018!

Jangan lupa catet info pentingnya plus bagikan info ini sebanyak-banyaknya ya! Buat kalian yang bingung cari kampus, jurusan, beasiswa, dan karir jangan lupa kunjungi www.edumor.com! Disitu kalian bisa menemukan banyak informasi seputaran kuliah. Yang mau cari-cari info sekolah juga bisa lho! Jangan lupa, registrasi akun kalian untuk mendapatkan update informasi seputaran kuliah dan sekolah lebih banyak lagi di www.edumor.com/signup.

 

Sumber Konten: http://snmptn.ac.id/informasi.html?1426322267

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *