Kuliah Ke Luar Negeri Tanpa TOEFL atau IELTS, Bisa Daftar Ke Negara-negara Ini!

Menempuh pendidikan di luar negeri merupakan pilihan terbaik kebanyakan pelajar Indonesia. Biasanya untuk studi ke luar negeri membutuhkan kemampuan memadai agar mudah menjalankan proses belajar selama disana. Terlebih bahasa adalah yang terpenting. Umumnya studi ke luar negeri menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asal negara tersebut. Jadi calon mahasiswa diharapkan mampu berbahasa Inggris atau bahasa lainnya secara aktif. Hampir semua negara tujuan studi meminta sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai bukti apakah kemampuan Bahasa Inggrismu bagus atau tidak. Pada kenyataannya, walaupun kemampuan Bahasa Inggrismu tidak terlalu bagus masih punya harapan studi ke luar negeri. Ada beberapa negara di dunia yang tidak membutuhkan sertifikat TOEFL atau IELTS seperti:

 

1. Korea Selatan

 

Sumber Gambar: unsplash.com/@johenredman

 

Negara yang identik dengan sebutan Negara K-Pop ini cukup diminati oleh pendatang untuk menempuh pendidikan, termasuk masyarakat Indonesia. Nah, cocok banget nih buat kalian yang suka K-Pop atau Korea-koreaan. Di Korea Selatan, calon mahasiswa diharapkan bisa Bahasa Korea, bukan Bahasa inggris. Maka dari itu, perguruan-perguruan tinggi di Korea Selatan tidak membutuhkan sertifikat TOEFL ataupun IELTS. Yang mereka butuhkan adalah sertifikat TOPIK. TOPIK itu tes yang dipergunakan untuk mengukur seberapa besar tingkat pemahamanmu terhadap Bahasa Korea. Intinya TOPIK itu hampir mirip dengan TOEFL atau IELTS. Sertifikat TOPIK ini juga dapat kamu manfaatkan untuk mendaftar Beasiswa Korea atau bekerja di perusahaan Korea. Untuk mendapatkan sertifikat TOPIK, kamu bisa mengikuti tes TOPIK di Jakarta International Korean School, Cipayung, Jakarta Timur. Biasanya tes ini hanya diadakan setiap bulan April dan Oktober.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di Korea Selatan seperti:

Seoul National University.

Yonsei University.

Kyung Hee University.

Konkuk University.

Hanyang University.

Chung-Ang University, dll.

 

2. China

 

Sumber Gambar: unsplash.com/@takeshi2

 

Ada pepatah yang mengatakan “raihlah pendidikan setinggi-tingginya sampai ke negeri China”. Tentunya, selain tidak membutuhkan sertifikat  TOEFL ataupun IELTS, kamu cukup menyerahkan sertifikat HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) atau selama satu tahun belajar Bahasa Mandarin yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi terkait. Tes HSK terdiri dari tes membaca, mendengarkan, dan menulis yang terbagi lagi ke dalam beberapa level. Untuk menempuh pendidikan di China, tes HSK yang berhasil ditempuh berada hingga level 6.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di China seperti:

Tsinghua University.

City University of Hongkong.

Shanghai Jiao Tong University.

Peking University.

Fudan University.

Huazhong University of Science and Technology.

Renmin University of China.

University of Science and Technology China.

Nanjing University.

Sun Yat Sen University, dll.

 

3. Jerman

 

Sumber Gambar: unsplash.com/@dcp

 

Siapa sih yang gak kamu kuliah di Jerman? Jerman merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Eropa. Dimana negara ini masuk ke dalam daftar negara yang banyak diminati oleh pelajar dari penjuru dunia. Kabarnya, banyak sekolah dan perguruan tinggi di Jerman yang menyediakan biaya studi yang terbilang murah, dan bahkan banyak yang gratis. Hal ini dikarenakan instansi pendidikan di Jerman rata-rata dibiayai oleh Pemerintah setempat. Selain itu kamu bisa memanfaatkan kartu pelajar atau kartu mahasiswamu untuk mendapatkan diskon berbelanja dan makan lho! Ada 2 pilihan kelas yang bisa kamu pilih untuk kuliah di Jerman, yakni kelas dengan menggunakan bahasa pengantarnya Bahasa Jerman atau dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di Jerman seperti:

Free University of Berlin.

Ludwig Maximilians University Munich.

Technical University of Munich.

University of Heidelberg.

RWHT AACHEN University.

University Hamburg.

Technical University of Berlin.

Humboldt University Berlin.

University of Bonn, dll.

 

4. Turki

 

Sumber Gambar: unsplash.com/@emree

 

Diposisi keempat, negara Turki bisa jadi pilihan selanjutnya untuk kuliah di luar negeri tanpa membutuhkan sertifikat TOEFL atau IELTS. Setiap calon mahasiswa hanya dimintai sertifikat YOS. Sertifikat YOS ini tidak seperti tes TOEFL atau IELTS, melainkan tes IQ dan Matematika. Negara Turki sendiri juga banyak menyediakan program beasiswa untuk calon mahasiswa yang berasal dari negara Indonesia.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di Turki seperti:

Turkish National Polis Akademi.

Marmara University.

Middle East Technical University.

Istanbul Technical University.

Ege University.

Ankaran University.

Anadolu University.

Yeditepe University.

Okan University.

Bilkent University, dll.

 

 

5. Malaysia

 

Sumber Gambar: unsplash.com/@alexblock

 

Bahasa utama yang dipergunakan selama studi di Malaysia ialah Bahasa Inggris dan Bahasa Melayu. Namun tidak semua perguruan tinggi di Malaysia membutuhkan sertifikat TOEFL atau IELTS. Cukup menyerahkan bukti nilai rapot Bahasa Inggris minimal 70 kamu sudah bisa kuliah disana. Perguruan tinggi yang dimaksud adalah Limkokwing University, Sunway University, dan Taylor’s University khusus jurusan Perhotelan dan Pariwisata serta Culinary.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di Malaysia lainnya seperti:

University of Malaya.

University of Science Malaysia.

Monas University Campus Malaysia.

University of Technology Malaysia.

University of Nottingham Campus Malaysia.

National University of Malaysia.

Sultan Idris Education University.

UCSI University.

Multimedia University.

German-Malaysian Institute.

Wawasan Open University.

KDU University College.

Curtin University, dll.

 

6. Rusia

 

Sumber Gambar: www.tripadvisor.com

 

Rusia yang adalah sebuah negara yang diampit antara benua Eropa dengan benua Asia bagian Utara ini juga tidak membutuhkan sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai salah satu syarat dalam menempuh pendidikan. Bahasa pengantar yang mereka gunakan adalah Bahasa Rusia, dan bahasa tersebut tidak mesti kamu kuasai. Tenang aja, khusus mahasiswa international dan mahasiswa Indonesia akan mendapatkan pembekalan Bahasa Rusia selama 1 tahun sebelum mengikuti perkuliahan. Lagipula kamu juga bisa memanfaatkan program beasiswa. Beberapa perguruan tinggi di Rusia menyediakan program Beasiswa Penuh bagi calon mahasiswa berprestasi. Jenis beasiswa ini diberikan buat kamu lulusan S1 dengan IPK minimal 3.2.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di Rusia:

Universitas Negeri Moskwa.

Ural Federal University.

Moscow Aviation Institute.

Far Eastern Federal University.

Universitas Negeri Kazan.

Saratov State University.

Buryat State University.

Saint Petersburg Electrotechnical University.

Saint Petersburg Maining University, dll.

 

7. Perancis

 

Sumber Gambar: forum.liputan6.com

 

Berikutnya negara Perancis bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk studi ke luar negeri tanpa sertifikat TOEFL atau IELTS. Untuk menempuh pendidikan di Perancis, kamu cukup menyerahkan bukti sertifikat DELF. Sertifikat ini bisa kamu dapatkan melalui jalur tes DELF dari tingkat A hingga C yang diselenggarakan oleh lembaga khusus Bahasa Perancis yang dinamakan Lembaga Indonesia Perancis. Jika belum mahir berbahasa Perancis kamu bisa ikut kursus Bahasa Perancis secara online.

Beberapa rekomendasi pilihan Perguruan Tinggi terbaik di Perancis

University of Grenoble.

ESSEC Business School.

University of Strasbourg.

Paris 8 University.

University of Clermont Auvergne.

Paris Descartes University.

Universitas Paris 1 Panthéon-Sorbonne.

Universite Pierre Et Marie Curie.

Universite Claude Bernard Lyon 1.

Perancis Aix-Marseille University, dll.

Walaupun negara-negara tersebut tidak terlalu membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris dan sertifikat TOEFL atau IELTS, bagaimapun juga Bahasa Inggris itu penting dan pasti dipakai di seluruh negara meski bukan bahasa utamanya.

Buat kalian yang bingung cari kampus, jurusan, beasiswa, dan karir jangan lupa kunjungi www.edumor.com! Disitu kalian bisa menemukan banyak informasi seputaran kuliah. Yang mau cari-cari info sekolah juga bisa lho! Jangan lupa, registrasi akun kalian untuk mendapatkan update informasi seputaran kuliah dan sekolah lebih banyak lagi di www.edumor.com/signup.

 

Sumber: www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/university-applications/7-negara-yang-tidak-membutuhkan-toefl-ielts/

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *