3 Jurusan Inggris, Mirip Namun Berbeda. Seperti Apa?

Bahasa inggris ialah bahasa asing yang selalu dipakai untuk beragam kebutuhan seperti kebutuhan sekolah, kuliah, bekerja, dan berkomunikasi dengan orang-orang asing. Di berbagai negara, bahasa inggris selalu jadi patokan untuk berkomunikasi jika kita tidak bisa menggunakan bahasa dari negara tersebut. Maka dari itu, sebisa mungkin kalian bisa berbahasa inggris ya! Masih banyak masyarakat yang kurang mampu berbahasa inggris. Ketidakmampuan tersebut dikarenakan malas belajar atau gak suka bahasa inggris. Kalau kamu? Suka dan bisa bahasa inggris gak? Gak usah khawatir jika kalian sama sekali gak bisa bahasa inggris. Caranya gampang kok. Untuk bisa bahasa inggris, kalian mesti belajar. Belajar secara online ataupun les private bukan masalah. Apalagi teruntuk kalian yang masih pada sekolah, kemampuan bahasa inggris tersebut dapat membantu kalian masuk ke perguruan tinggi nantinya. Pasalnya, ada beberapa perguruan tinggi yang mewajibkan setiap calon peserta didiknya bisa berbahasa inggris. Contohnya, masuk PKN STAN harus bisa bahasa inggris karena setiap calon peserta didik akan melewati tes bahasa inggris saat seleksi penerimaan mahasiswa baru dan materi kuliah yang diajarkan rata-rata menggunakan bahasa inggris. Ada pula jurusan tertentu yang mewajibkan calon peserta didiknya bisa berbahasa inggris, salah satunya ialah jurusan pilot.

 

 

Sumber Gambar: www.merdeka.com

 

Jurusan Bahasa Inggris ialah ilmu yang mempelajari pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan berbahasa inggris. Setiap mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, selama studi dibekali pembelajaran bahasa inggris mulai dari tingkat paling dasar hingga tingkat paling akhir. Pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang diajarkan mencakup aspek-aspek menulis ( writing ), membaca ( reading ), berbicara ( speaking ), mendengarkan (listenning ), serta belajar teknik dan praktek tata bahasa yang baik dan benar seperti vocabulary, grammar, dan pronountation. Intinya, yang kita pelajari saat duduk di bangku kuliah nanti bisa dibilang hampir-hampir mirip dengan apa yang telah kita pelajari waktu masih duduk di bangku sekolah. Cuman, ilmunya lebih luas lagi. Lulusan jurusan Bahasa Inggris memiliki prospek kerja yang luas dikarena hampir semua bidang pekerjaan perlu menggunakan bahasa inggris. Contohnya, bekerja sebagai Tenaga Pengajar, Penyiar Radio, Penulis, Hubungan Masyarakat, Translatetor, Editor media cetak, bekerja di bidang IT dengan syarat juga bisa matematika dan ngoding, dan masih ada banyak lagi. Umumnya jurusan Bahasa Inggris hanya ada jenjang D3 seperti di Universitas Gadjah Mada, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Hassadunin, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Teknologi Yogyakarta, dll.

 

 

Sumber Gambar: hype.idntimes.com

 

Sedangkan jurusan Sastra Inggris memang cocok bagi kalian yang hobi akan dunia kesusastraan kuno maupun modern. Bedanya dengan jurusan Bahasa Inggris, jurusan yang satu ini tidak hanya belajar bahasanya saja, melainkan menyeluruh. Maksudnya, kamu bisa belajar bahasa, kesenian dan kebudayaan, serta sastra inggris itu sendiri. Lewat jurusan Sastra inggris kamu bisa tahu bagaimana cara membuat karya-karya sastra dalam bentuk novel, cerpen, puisi, dan pidato dengan menggunakan bahasa inggris. Lulus nanti bisa jadi apa? Para lulusan Sastra Inggris tidak harus menjadi sastrawan kok. Kamu bisa bekerja di segala bidang yang membutuhkan kemampuan bahasa inggris secara lisan maupun tertulis. Nah, jurusan Sastra Inggris ini tersedia di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Bina Nusantara, Universitas Bosowa, Universitas Putera Batam, Universitas Bunda Mulia, dan masih ada banyak lagi. Tertarik?

 

 

 

Sumber Gambar: mobile.fourlook.com

 

Sementara, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris berlaku bagi siapa saja yang minat jadi tenaga pengajar bahasa inggris. Semua materi yang diajarkan ada sangkut pautnya dengan bahasa inggris sekaligus seperti apa cara mengajar yang baik dan benar.

Gimana udah paham? Ketiga jurusan ini memang mirip, namun berbeda. Kalian masih bingung pilih jurusan atau perguruan tingginya dulunya? Sebelum pilih perguruan tinggi, sebaiknya pilih dulu jurusannya. Soalnya kalau pilih perguruan tingginya dulu, belum tentu jurusan tersebut ada di perguruan tinggi itu.

Buat kalian yang bingung cari kampus, jurusan, beasiswa, dan karir jangan lupa kunjungi www.edumor.com! Disitu kalian bisa menemukan banyak informasi seputaran kuliah. Yang mau cari-cari info sekolah juga bisa lho! Jangan lupa, registrasi akun kalian untuk mendapatkan update informasi seputaran kuliah dan sekolah lebih banyak lagi di www.edumor.com/signup.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *