Jurusan Kuliah Akuntansi

Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkembang cukup pesat. Maka dari itu banyak perusahaan-perusahaan yang bermunculan. Tak hanya jurusan Manajemen saja yang dibutuhkan pada bidang ekonomi. Jurusan Akuntansi juga sangat dibutuhkan. Akuntasi ini juga gak kalah banyak diminati oleh para calon mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu tentang ekonomi. Bedanya dengan jurusan Manajemen, jurusan yang satu ini justru lebih banyak diminati oleh kamu perempuan. Satu hal yang pasti untuk kuliah jurusan Akuntansi mesti teliti, karena apa yang kamu pelajari tidak jauh-jauh dari kegiatan hitung-menghitung. Dan biasanya kaum perempuan itu memang teliti-teliti. Setuju gak?

 

Apa itu jurusan Akuntansi?

Akuntasi merupakan kegiatan catat mencatat dan mengolah data keuangan perusahaan dari mulai kas kecil hingga menyeluruh. Sekarang ini, bukan hanya perusahaan saja yang butuh Akuntasi, tapi UKM atau Usaha Kecil Menengah juga membutuhkan akuntasi sebagai bahan pertimbangan mengolah keuangan yang masuk dan keluar. Ilmu Akuntasi bukan hanya berfungsi untuk mengolah keuangan, tapi kamu bisa menggunakan ilmu Akuntasi untuk memperkirakan laba dan rugi yang dialami oleh setiap perusahaan, organisasi, lembaga, institusi, maupun UKM. Kalau kamu memang betul punya keinginan untuk kuliah jurusan Akuntansi, kamu bisa memilih peminatan yang ada seperti:

-Akuntansi Keuangan

-Akuntasi Sektor Publik

– Akuntasi Perpajakan

-Auditing

-Sistem Informasi Akuntansi

 

Kenapa pilih jurusan Akuntansi?

Akuntansi merupakan cabang ilmu dari Fakultas Ekonomi yang paling banyak peminatnya dari lulusan SMA IPA dan IPS, begitupun calon mahasiswa dari SMK Akuntansi. Jurusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, organisasi, dan institusi dalam negeri sampai luar negeri dalam kegiatan mengolah keuangan.

 

Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan Akuntasi:

Matematika Ekonomi

Pengantar Akuntasi

Ekonomika Mikro

Ekonomika Makro

Akuntasi Biaya

Aplikasi Komputer

Sistem Informasi Akuntansi

Pengaggaran

Perpajakan

Auditing

ERP Financing and Controlling

Teori Akuntansi

dll.

 

Kuliah jurusan Akuntansi bisa kerja apa?

-Finance

-Akuntan

-Auditor

-Konsultan Pajak

-Financial Analyst

-Perencanaan Keuangan

 

Perguruan Tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan Akuntasi:

– Perbanas Institut Jakarta

– Akademi Akuntansi YAI

– Akademi Akuntansi Nasional

-Indonesia Banking School

РCampus Bhakti Nugraha YAPERA

-Trisakti School of Management

– Universitas Pamulang

-Politeknik Negeri Medan

-President University

–¬†Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

-Universitas Pancasakti Tegal

-Universitas Mpu Tantular, dll.

Baca juga: Jurusan Kuliah Manajemen

Ingat ya guys, milih jurusan itu harus berdasarkan minat dan kemampuan kamu bukan karena ikut-ikutan orang atau apapun itu. Nah, buat kamu yang sedang cari info beasiswa, kalian bisa ikut event Indonesia Scholarship Fair. Indonesia Scholarship Fair merupakan AJANG BEASISWA ONLINE TERBESAR DI INDONESIA yang diselenggarakan oleh edumor. Raih kesempatan beasiswa mencapai 10 miliar rupiah. Dengan berpartisipasi, kalian akan mendapatkan fitur update info beasiswa yang cocok dari kami dengan cara register di www.edumor.com/signup. Buruan, raih beasiswa sekarang juga hanya di beasiswa.edumor.com!

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *