Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi sangatlah dibutuhkan. Tanpa adanya komunikasi tidak akan ada penyampaian informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang terdekat kita. Terkadang, banyak orang yang kerap kali menyepelekan komunikasi tersebut. Dengan begitu banyak perguruan-perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi. Apakah kamu salah satu yang igin kuliah jurusan Ilmu Komunikasi?

 

Apa sih jurusan Ilmu Komunikasi itu?

Ilmu Komunikasi merupakan displin ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk berkomunikasi secara efektif dari teori sampai ke prakteknya. Pada dasarnya, saat perkuliahan nanti kamu akan diajarkan bagaimana menjalin komunikasi yang efektif supaya informasi yang kamu sampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh banyak orang. Jurusan Ilmu Komunikasi gak melulu belajar komunikasi secara langsung, tapi kamu akan dibelaki bagaimana berkomunikasi secara langsung dan tidak langsung seperti berkomunikasi melalui media cetak, media pertelevisian, media internet, dan media penyiaran.

Dan untuk jurusan yang satu ini sering disalah pahamkan. Beberapa banyak mempertanyakan bahwa “kalau mau kuliah jurusan Ilmu Komunikasi berarti harus jago ngomong dan jago nulis dong”? Siapa bilang? Kuliah jurusan Ilmu Komunikasi gak harus jago ngomong dan jogo nulis kok. Kamu si Introvert yang gak terlalu jago ngomong atau nulis sekalipun tetap bisa kuliah jurusan Ilmu Komunikasi. Justru dengan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi, kamu bisa semakin mengembangkan dan mengasah kemampuan berkomunikasi serta kemampuan menulismu lho!

Jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya ilmu dasar komunikasi saja, melainkan ilmu yang dipelajari cukup luas. Di jurusan Ilmu Komunikasi terbagi ke dalam beberapa peminatan atau konsentrasi ilmu, yakni:

–  Hubungan Masyarakat

Hubungan Masyarakat atau bisa disingkat dengan Humas merupakan kegiatan perwakilan yang dilakukan oleh seseorang dalam berkomunikasi menyampaikan ide, pendapat, dan informasi yang dibutuhkan oleh setiap individu, kelompok, lembaga, organisasi, perusahaaan, dan institusi.

 

–  Komunikasi Massa

Ilmu pengetahuan yang mempelajari pemberian dan menyampaikan beragam informasi menarik dalam bentuk berita, artikel, video, dan sejenisnya ke media massa.

 

–  Marketing Communication.

Dari bahasanya sudah ketahuan kalau peminatan ini merupakan bagian dari kegiatan pemasaran dan penawaran produk-produk yang diperjualkan oleh sebuah perusahaan. Jika kamu mengambil peminatan ini, nanti kamu bisa belajar teknik, terori, dan praktek komunikasi kebutuhan pemasaran dan penawaran serta belajar memahami produk yang ingin ditawarkan. Untuk menjadi seorang marketing tidak harus berasal dari jurusan Manajemen. Yang penting kamu bisa ngomong, menjelaskan, dan menyakinkan konsumen supaya tertarik dengan produk tersebut.

 

– Visual Communication Design

Visual Communication Design atau yang lebih dikenal dengan sebutan DKV pada dasarnya banyak ditemukan di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Tapi ada juga beberapa kampus yang memasukan konsentrasi DKV dalam jurusan Ilmu Komunikasi. Tentunya DKV ini saling berhubungan dengan desain mendesain. Ada desain 2D dan 3D yang bisa kamu pelajari. Tak hanya itu saja sih. Di jurusan ini kamu juga bisa belajar bagaimana cara mengedit video maupun film. Jadi, semua karya yang kamu ciptakan ini berbasis visual.

 

–  Jurnalistik

Kamu suka nulis? Pas banget, kalau kamu suka nulis kamu bisa ambil peminatan Jurnalistik. Apa itu jurnalistik? Jurnalistik adalah kegiatan catat mencatat sebuah berita sesuai dengan faktanya. Bekerja di bagian jurnalistik mesti memiliki minat membaca dan menulis, suka menganalisis, punya rasa ingin tahu yang tinggi, banyak bertanya, suka mengutarakan pendapat, dan hobi berpetualang mencari informasi berdasarkan fakta yang ada.

dll.

 

Kalau kuliah jurusan Ilmu Komunikasi mata kuliah yang dipelajari ada apa aja sih?

Karena cakupan Ilmu Komunikasi itu cukup luas, pastinya materi atau mata kuliah itu tergantung peminatan yang kita ambil di jurusan Ilmu Komunikasi. Adapun beberapa mata kuliah yang tersedia di jurusan Ilmu Komunikasi meliputi:

               Bahasa Inggris                 Produksi Program TV
               Sistem Politik Indonesia                 Jurnalistik Televisi
               Teori Komunikasi                 Videography
               Introducting to Broadcasting                 Produksi Program Radio
               Perkembangan Teknologi Komunikasi                Copy Writing
               Komunikasi Lintas Budaya                Advertising Management
               Komunikasi Antar Pribadi                Media Planning
               Basic Photography                Public Relation Management
               Visual Communication                Public Relation Photography
               Komunikasi Massa                 Multimedia Jurnalism, dll.

 

  Lalu, gimana prospek kerjanya kalau udah lulus kuliah nanti?

Bidang Ilmu Komunikasi pada saat ini sudah mulai berkembang pesat dan banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan maupun institusi. Jurusan ini terbilang memiliki prospek kerja yang menarik untuk kamu jajaki. Bagi lulusan Ilmu Komunikasi, nantinya kamu bisa bekerja sebagai;

 

            Jurnalis                    Editor
           Reporter                    Photographer
           Wartawan                    Produser
           Pembaca Berita                    Sutradara
           Host atau MC                    Penulis Naskah
           Public Relation                    Event Organizer
           Penyiar Radio                    Praktisi Periklanan
           Penulis Media Cetak                   Konsultan Periklanan
           Content Writer                   Marketing Komunikasi
           Copy Writer                    Negosiator, dll.

 

Rekomendasi perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi. yaitu:
   Swiss German University Jakarta        Institut Seni Indonesia Surakarta
   Institut Bisnis dan  Informatika Kwik Kian Gie        Institut Seni Indonesia Yogyakarta
    Tantri Abeng University        Akademik Komunikasi BSI Jakarta
    Universitas Indonesia        Universitas Padjajaran
    Universitas Gadjah Mada        Universitas Bengkulu
    Universitas 45 Surabaya        Institut Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Jakarta
    Universitas Jember        Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi
      Institut Seni Indonesia Denpasar        Raffles Institute Of Higher Education Jakarta, dll.

Bagi kalian yang sedang mencari informasi beasiswa di perguruan tinggi di Indonesia, kalian bisa ikutan Indonesia Scholarship Fair. Indonesia Scholarship Fair merupakan AJANG BEASISWA ONLINE TERBESAR DI INDONESIA yang diselenggarakan oleh edumor. Ada ratusan beasiswa dari perguruan-perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Raih kesempatan beasiswa dengan mencapai total 10 miliar rupiah! Dengan berpartisipasi, kalian akan mendapatkan fitur update informasi beasiswa yang cocok dari kami. Buruan, raih beasiswamu sekarang juga hanya di beasiswa.edumor.com!

 

Beasiswa Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie silahkan lihat di

www.edumor.com/scholarship/detail/id/122

www.edumor.com/scholarship/detail/id/133

 

Beasiswa Tantri Abeng University silahkan lihat di

www.edumor.com/scholarship/detail/id/134

 

Beasiswa Raffles College silahkan lihat di

www.edumor.com/scholarship/detail/id/135

 

Beasiswa Swiss German University Jakarta silahkan lihat di

www.edumor.com/scholarship/detail/id/131

www.edumor.com/scholarship/detail/id/132

www.edumor.com/scholarship/detail/id/128

www.edumor.com/scholarship/detail/id/127

www.edumor.com/scholarship/detail/id/126

www.edumor.com/scholarship/detail/id/121

www.edumor.com/scholarship/detail/id/129

www.edumor.com/scholarship/detail/id/130

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *