6 Fakta Mendasarkan tentang Beasiswa yang Perlu Kamu Pahami Sedini Mungkin

Mengejar beasiswa sama halnya dengan kita sedang mengerjakan jodoh kita. Jika kita ngejar terus pasti apa yang kita inginkan bisa didapatkan walau bukan sekarang. Inti sebenarnya itu niat dan usaha untuk mendapatkannya. Kitalah yang mencari beasiswa, bukan beasiswa yang mencari kita. Berikut ini adalah fakta-fakta mendasar mengenai beasiswa:

 

1. Info beasiswa dapat ditemukan dimanapun

 

Gambar: glints.id

 

Salah satu langkah untuk mendapatkan peluang dan kesempatan beasiswa apalagi kalau bukan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Yaps, tentunya apapun itu beasiswanya otomatis bisa kamu temukan dimanapun dan melalui cara apapun. Banyak anekaragam sumber yang dapat dimanfaatkan untuk menemukan beasiswa yang cocok dan sesuai. Dapat melalui online maupun offline. Raih kesempatan beasiswa sebanyak mungkin dari sedini hari. Maksudnya itu cari info beasiswa dari jauh-jauh hari, minimal 1 bulan sebelum deadline pendaftaran dan pengumpulan berkas-berkas yang dibutuhkan berakhir. Jadi, ketika deadlinenya akan berakhir kamu gak ketar-ketir nyari berkas kesana-sini gak jelas. Saat ketemu beasiswa yang cocok, pastikan syarat dan ketentuannya 100% mampu kamu penuhi serta deadlinenya masih lama. Biar gak lupa “dicatat”.

 

2. Jenis-jenis beasiswa cukup bervariatif

 

Gambar: www.lomba.or.id

 

Beasiswa menarik yang bisa kamu manfaatkan peluangnya jenis-jenisnya cukup bervariatif, entah itu beasiswa dalam negeri maupun beasiswa untuk studi ke luar negeri. Sebelum memutuskan memilih beasiswa tersebut, pikirkan secara baik-baik apakah jenis beasiswa itu sesuai dengan kemampuanmu atau tidak (100% bisa kamu penuhi sampai lulus nanti). Untuk menentukan dan memilih beasiswa yang cocok sebaiknya utamakan beasiswa dalam negeri saja dulu. Karena beasiswa dalam negeri masih sedikit peminatnya sehingga peluangmu untuk tembus beasiswa semakin mudah. Nah, untuk tahu apa aja jenis-jenis beasiswa yang ada, kamu dipersilahkan melihat artikel sebelumnya yang berjudul “Kenali 10 Jenis Beasiswa Ini sebagai Bahan Pertimbangan Menentukan & Memilih Beasiswa”.

 

3. Lebih ditunjukan kepada peserta berprestasi

 

Gambar: sdm.ugm.ac.id

 

Siapa saja memiliki hak yang sama untuk memperoleh kesempatan beasiswa. Dengan begitu, apapun itu beasiswanya bisa kamu manfaatkan asalkan sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Saat menghadapi proses beasiswa, percaya diri merupakan jurus terbaik untuk tembus beasiswa. Percaya diri boleh-boleh saja, akan tetapi jangan sampai melampaui batas kemampuan atas beasiswa yang kamu inginkan. Secara umum beasiswa lebih ditunjukan kepada peserta yang berprestasi dari segi akademik maupun non akademik. Secara luas beasiswa tak hanya untuk peserta yang berprestasi, peserta yang tidak berprestasi sekalipun tetap bisa memperoleh beasiswa lho! Contohnya, beasiswa bagi masyarakat kurang mampu dari segi ekonomi ataupun beasiswa bagi anak tenaga pendidik.

Baca juga: 7 Daftar To Do List yang Perlu Diingat oleh Para Pemburu dan Pejuang Beasiswa

 

4. Adapun beasiswa yang tidak terlalu bersyarat

 

Gambar: farmasi.ums.ac.id

 

Setiap beasiswa yang ditemukan dari berbagai sumber pasti ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Sekedar informasi nih guys! Tidak semua beasiswa memberikan syarat dan ketentuan utama yang harus dipenuhi selama masa perkuliahan hingga lulus nanti. Adapun beasiswa yang hanya memberikan keterangan bahwa beasiswa ini tetap diberikan meskipun nilai atau IP yang kita peroleh menurun. Beasiswa seperti ini disebut beasiswa SOP atau semacam bantuan dana pendidikan yang diberikan untuk masyarakat kurang mampu dari segi ekonomi berupa tunjangan biaya pendidikan, tunjangan akomodasi, tunjangan biaya hidup, dll. Pihak-pihak pemberi beasiswa SOP kebanyakan dari Pemerintah dan lembaga swasta seperti Tanoto Foundation, BCA Finace, Bidikmisi, beasiswa unggulan, dan lain sebagainya. Walaupun beasiswa yang kamu dapatkan tidak mewajibkan kamu untuk mempertahankan nilai atau IP, sudah dari kesadaran diri sendiri kamu tetap harus mempertahankan nilai atau IP selama kuliah dengan semakin rajin belajar. Kalau bisa tambah porsi belajarmu berbeda dari biasanya.

 

5. Menuntunmu menjadi lebih aktif dan kreatif

 

Gambar: news.okezone.com

 

Menariknya, setiap beasiswa bisa menuntunmu menjadi lebih kreatif dan aktif. Sebagai peserta beasiswa dalam maupun luar negeri, jika kamu aktif diberagam kegiatan di luar sekolah atau luar kampus maupun di dalam sekolah atau dalam kampus berarti kamu punya nilai jual yang tinggi. Keaktifanmu sangat dibutuhkan untuk membuktikan sekaligus menunjukan bahwa kamu memiliki skill, meliputi; jiwa kepemimpinan, pandai mengatur waktu, bertanggungjawab, disiplin, dll. Skill tersebut dinamakan softskill yang bisa kamu dapatkan pada saat berpartisipasi dalam sebuah kegiatan organisasi, UKM, ekstrakurikuler, dan sejenisnya. Untuk itu, sebisa mungkin berpartisipasilah dalam suatu kegiatan yang kamu sukai. Selain itu, mengikuti ajang beasiswa juga menuntutmu menjadi lebih kreatif. Yang mana kamu bisa menciptakan sebuah karya kreatif nan unik yang bisa dijadikan bahan penelitian atau portofolio. Bukti penelitian dan portofolio suatu karya bisa kamu cantumkan di dalam CV beasiswamu nanti.

Cari perguruan tinggi yang tepat? Kamu cari dan temukan di edumor.com!

 

6. Memiliki nilai jual tinggi ketika melamar pekerjaan

 

Gambar: news.okezone.com

 

Satu hal yang pasti, pernah meraih beasiswa memiliki keunggulan yang beda dari lainnya ialah memiliki nilai jual tinggi ketika melamar pekerjaan. Bukan hanya pengalaman dan skill saja yang membuat perusahaan tertarik dengan para calon pengawai, melainkan juga mereka akan semakin tertarik kalau ternyata kamu pernah meraih beasiswa. Karena kamu punya nilai jual yang tinggi dari beasiswa, berarti kamu memiliki kemudahaan diterima kerja nanti. Buat yang belum atau tidak pernah meraih beasiswa, tenang aja! Belum pernah atau tidak pernah meraih beasiswa sama sekali bukan berarti gak dapet pekerjaan. Itu tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Menurutku skill sih lebih diutamakan.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Fakta Mendasarkan tentang Beasiswa yang Perlu Kamu Pahami Sedini Mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *