6 Pertimbangan Tepat dalam Menemukan dan Memilih Beasiswa

Menemukan dan memilih beasiswa yang tepat bukanlah perkara mudah, apalagi tembus beasiswa yang selama ini kita dambakan dan idam-diamkan. Siapa sih yang gak bangga bisa menemukan dan lolos beasiswa? Setiap orang memiliki sebuah potensi untuk tembus beasiswa. Namun mungkin cara yang mereka lakukan untuk tembus beasiswa masih kurang berusaha. Menemukan dan memilih beasiswa yang cocok dan sesuai ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, antaranya:

 

1. Ranking

Dalam menemukan dan memilih beasiswa mana yang cocok dan sesuai untukmu, rangking kelas merupakan pertimbangan pertama yang perlu diperhatikan. Calon mahasiswa yang pernah mendapatkan rangking kelas maksimal rangking 10 diberikan kemudahan untuk memperoleh potongan uang pangkal atau uang semester hingga 100%. Itu tergantung perguruan tingginya sih, ada yang memberikan beasiswa berupa tunjangan biaya kuliah, ada yang berupa potongan sebesar berapa juta, dan ada yang berupa potongan hingga 100%. Untuk jalur seperti ini dinamakan jalur prestasi. Jalur prestasi tidak cuman bisa dilihat berdasarkan ranking, melainkan bisa berdasarkan rata-rata nilai rapot, dan penghargaan yang pernah kamu raih minimal tingkat nasional. Untuk itu, sebaik-baiknya rajinlah belajar dan tingkatkan terus prestasimu ya guys!

 

2. Jenjang Pendidikan

Kesempatan peluang beasiswa terbuka luas bagi siapa saja yang ingin memperoleh beasiswa. Oleh karena itu, pintar-pintarlah mencari dan memanfaatkan peluang beasiswa sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan ingin beasiswa untuk jenjang pendidikan apa. Berbagai jenjang pendidikan, khususnya perguruan tinggi dari D3 sampai S3 banyak memberikan kesempatan beasiswa di dalam negeri dan luar negeri. Bahkan untuk kamu yang masih menempuh pendidikan sekolah atau masih kuliah tentu bisa memperoleh beasiswa. Contoh misalnya, beasiswa untuk mahasiswa minimal semester 3, beasiswa untuk siswa SMA berprestasi atau kurang mampu dari segi ekonomi minimal kelas 11.

 

3. Jurusan dan perguruan tinggi

Beasiswa tidak hanya tersedia untuk semua jurusan di perguruan tinggi. Akan tetapi, ada lho beberapa beasiswa yang difokuskan ke jurusan tertentu. Perhatikan secara detail dan teliti syarat dan ketentuan apa saja yang tercantum di beasiswa tersebut. Pastikan beasiswa tersebut diberlakukan untuk semua jurusan. Beasiswa untuk jurusan kesenian dan olahraga ada tes tersendiri berupa tes memainkan alat musik, bernyanyi, menari, dan tes kebugaran jasmani. Selain beasiswa jurusan tertentu, ada lagi yang namanya beasiswa karir. Maksudnya itu beasiswa yang diperuntukan untuk karir tertentu, misalkan tenaga pengajar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3. Sementara perguruan tinggi yang perlu dipertimbangkan dilihat apakah akreditasi jurusannya bagus atau tidak, berapa besar peluang alumni yang telah diterima kerja sehabis lulus, fasilitasnya lengkap apa tidak, bagaimana lingkungannya, dan masih banyak lagi.

 

4. Pendapatan orangtua atau pendapatan pribadi

Tidak semua beasiswa yang diberikan, 100% tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Hal ini dikarenakan beasiswa yang diberikan belum tentu diberlakukan sampai kamu lulus. Ada beasiswa yang hanya diberikan pada saat masuk kuliah, ada pula beasiswa yang diberikan selama studi tapi dengan syarat nilai tidak boleh turun. Oleh sebab itu, jangan mentang-mentang berhasil memperoleh beasiswa tidak mempersiapkan dan mempertimbangkan biaya sama sekali. Biaya tetap perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan supaya suatu saat nanti kalau beasiswanya dicabut, kamu masih punya biaya cadangan untuk membayar biaya pendidikanmu. Pertimbangkan dulu bagaimana pendapatan orangtua atau pendapatan pribadimu, sanggup atau tidak. Pendapatan orangtua tentunya mempengaruhi akan beasiswa yang kamu ambil, khususnya beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi.

 

5. Jenis beasiswa apa yang cocok untukmu

Di artikel sebelumnya yang dijelaskan bahwa memilih beasiswa itu harus sesuai dengan minat dan kemampuan serta cocok dengan kamu. Maka itu kenali dan pertimbangkan dulu jenis-jenis beasiswa ada apa saja supaya gak salah pilih. Secara umum, biasanya jenis beasiswa yang tersedia seperti beasiswa dari lembaga, beasiswa dari organisasi / yayasan / komunitas, dan beasiswa dari perguruan tinggi terkait. Tapi secara luas jenis beasiswa masih ada banyak lagi.

 

6. Kontribusi apa yang selanjutnya ingin kamu lakukan sehabis lulus nanti

Menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi pasti ada tujuannya dong! Salah satu tujuannya ialah mengapai cita-cita. Ketika kita ingin kuliah, kita tidak boleh salah memilih jurusan dan perguruan tinggi. Kalau sampai salah berarti kita gagal mencapai cita-cita yang selama ini kita impikan. Bukan begitu guys? Walau salah memilih jurusan dan perguruan tinggi bukan berarti kamu gak bisa jadi orang sukses. Soal pilih memilih beasiswa yang cocok perlu dipertimbangkan kembali kira-kira habis lulus nanti kamu ingin berkontribusi apa. Ada beberapa beasiswa yang akan mempertanyakan hal seperti ini saat wawancara nanti.

Ingat ya guys, pilih beasiswa itu harus cocok dan sesuai dengan kamu karena pengaruh untuk kedepannya nanti. Buat kalian yang lagi bingung cari informasi beasiswa dalam negeri, edumor punya infonya nih guys! Kalian tinggal ikutan aja Indonesia Scholarship Fair. Indonesia Scholarship Fair adalah Ajang BEASISWA ONLINE TERBESAR yang diadakan Edumor. Terbuka untuk kalian para lulusan SMA / SMK. Di Indonesia Scholarship Fair, kamu dipertemukan dengan ratusan beasiswa yang tersedia dari berbagai perguruan tinggi di seluruh indonesia. Raih kesempatan beasiswa dengan total mencapai 10 Miliar Rupiah! Dengan berpartisipasi, kamu juga akan mendapatkan fitur rekomendasi kami yang membantumu dengan mudah menemukan beasiswa yang cocok! Segera raih beasiswa mu di www.edumor.com/scholarship/fair!

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *