Jurusan Kuliah Administrasi Perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan kegiatan atau aktivitas catat mencatat anggaran, pembayaran, dan kegiatan pelaporan data di suatu organisasi, perusahaan, dan institusi. Laporan yang dibuat ada dalam bentuk surat, dokumen, dan ada yang dalam bentuk pembukuan. Seorang administrasi perkantoran memiliki tanggungjawab akan organisasi, perusahaan, dan institusinya dalam memberikan pelayanan-pelayanan terbaik antara warehouse ke pabrik atau pabrik ke warehouse, kemudian ke customer. Umumnya jurusan administrasi perkantoran sudah ada . dan bisa dipelajari saat duduk di bangku SMK hingga perguruan tinggi. Ketelitian, kerapian, dan terorganisir merupakan keterampilan yang diperlukan untuk kuliah dan bekerja di bidang Administrasi Perkantoran.

Setiap lulusan jurusan Administrasi dibekali ilmu pengetahuan mengenai Administrasi Perkantoran. Oleh karena itu, setiap mahasiswa maupun lulusan Administrasi Perkantoran harus memiliki keterampilan dan kemampuan atas:

1. Teori dan prakter terhadap kegiatan administrasi.

2. Mampu mengambil keputusan analisa data yang diperoleh.

3. Memahami setiap konsep dan cara menyelesaikan masalah.

4. Mampu bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang dijalankan oleh setiap organisasi, perusahaan, maupun institusi terkait.

5. Bisa mengetik 10 jari dengan cepat, melakukan kegiatan pengarsipan, dan sebagainya.

6. Membimbing kegiatan diskusi kelompok di kelas.

 

Mata Kuliah apa aja sih yang bisa dipelajari di jurusan administrasi perkantoran?

Saat masa perkuliah kamu bisa mempelajari berbagai mata kuliah yang ada. Mata kuliah di setiap perguruan tinggi itu berbeda-beda ya guys! Untuk jurusan Administrasi perkantoran, umumnya kalian akan mendapatkan mata kuliah seperti:

           Ilmu Pendidikan            Administrasi Sarana dan Prasana
          Dasar-dasar Ilmu Administrasi            Statistika Inferensial
          Dasar-dasar Akuntansi            Kesekretarisan
           Dasar-dasar Ekonomika            Korespondensi Niaga

 

Walaupun jurusan ini tidak terlalu banyak diminati bagi lulusan SMA, tetapi memiliki prospek kerja yang cukup menarik untuk kamu geluti lho! Hemmm, kira-kira apa ya prospek kerjanya? Lulusan administrasi perkantoran bisa bekerja sebagai;

  Staf Adminstrasi Perkantoran       Staf Pengarsipan
  Sekretaris       Client Support Administrator
 Asister Personalia        Admin Project Support
 Tata Usaha        Admin Pergudangan
 Bagian Administrasi Akademik Perguruan Tinggi        Assistant Manager

 

Sementara, jurusan administrasi perkantoran ini bisa kamu temukan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti:
               Universitas Negeri Yogyakarta                Universitas Diponegoro
               Universitas Indonesia                Universitas Negeri Malang
               Universitas Cendrawasih                Universitas Katolik Santo Thomas
               Universitas Negeri Gorontalo                Universitas Warma Dewa

 

Udah paham kan tentang jurusan administrasi perkantoran? Buat kalian yang masih bingung pengen kuliah jurusan apa, kalian bisa cari dan lihat dulu karir apa yang pengen digeluti sehabis lulus nanti. Untuk karir bisa cari dan lihat di www.edumor.com/career. Sedangkan perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusan yang kalian inginkan bisa cari di www.edumor.com/course. Bukan hanya karir dan perguruan tinggi aja yang bisa kalian cari dan lihat di edumor, bahkan sekolah dan beasiswa juga bisa lho! Kalaupun kalian lagi cari info mengenai beasiswa, saat ini edumor sedang mengadakan Indonesia Scholarship Fair untuk lulusan SMA / SMK. Apa itu Indonesia Scholarship Fair? Indonesia Scholarship Fair merupakan AJANG BEASISWA ONLINE TERBESAR DI INDONESIA yang diselenggarakan oleh edumor. Ada ratusan beasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang tentunya bisa kalian manfaatkan peluangnya. Raih kesempatan beasiswa hingga mencapai total 10 miliar rupiah! Dengan berpartisipasi, kalian akan mendapatkan fitur update innformasi beasiswa yang cocok dari kami. Buruan. raih beasiswamu sekarang juga hanya di beasiswa.edumor.com!

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *