Tentunya 7 Hambatan Ini Dapat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Anda

Keluarga semakin jauh lebih lengkap dengan kehadiran seorang buah hati. Apalagi menikmati dan memerhatikan tumbuh kembang anak adalah moment-moment yang tak boleh terlewatkan oleh setiap orangtua. Bahkan tumbuh kembang anak harus diperhatikan. Setiap kategori usia anak, memiliki tahap tumbuh kembang yang berbeda-beda. Dari setiap tumbuh kembang anak pasti ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penghambat tumbuh kembang anak yang perlu diatasi. Oke, simak lebih lanjut apa aja sih faktor-faktornya:

 

1.  Anak terlambat berjalan

Gambar: nakita.grid.id

 

 

Bagi anak usia balita kemampuan perkembangan motorik seperti berjalan bisa terlihat sejak usia 9 bulan sampai 1 tahun 6 bulan. Pada masa itu anak sedang memasuki tahap berjalan walaupun masih belum lancar. Jika anak anda dalam usia hingga 1 tahun 6 bulan belum bisa berjalan seperti kebanyakan anak lainnya, perlu cepat-cepat dibawa ke dokter lho parents! Takutnya anak mengalami cacat usia dini. Anak yang lambat berjalan bisa dipengaruhi oleh kesalahan orangtuanya, yakni; orangtua terlalu sering menggendong anak dan membiasakan anak menggunakan baby walker untuk merangsang anak supaya belajar berjalan.

 

2. Adanya keterlambatan berbicara

Gambar: www.alodokter.com

 

 

Selain lamban berjalan pada anak usia hingga 1 tahun 6 bulan ada juga yang namanya anak lamban berbicara. Anak yang mengalami keterlambatan berbicara dicirikan ia belum bisa berbicara mengeluarkan kata-kata seperti anak lainnya. Kebanyakan orangtua mengabaikan hal seperti ini mungkin mereka beranggapan kalau waktunya anak bisa berbicara, pasti ia bakal bisa berbicara juga. Sebelum anda memutuskan untuk membawa si anak ke dokter, anda bisa memancing anak untuk mengucapkan kata-kata sederhana. Jika sampai anak masih belum bisa berbicara juga, mau tidak mau anak harus cepat-cepat dibawa ke dokter. Anak mengalami keterlambatan berbicara bisa saja karena ada gangguan pendengaran.

 

3. Anak memiliki kesulitan dalam memahami sesuatu

Gambar: kidzmotion.co.id

 

 

Kesulitan memahami sesuatu terjadi karena perkembangan nalar anak kurang berjalan dengan baik. Nalar itu berkaitan dengan logika. Satu hal yang pasti nalar dipengaruhi oleh beberapa faktor kecerdasan, yang meliputi; faktor lingkungan, faktor nutrisi, otak kurang dilatih kinerja otaknya, terlalu banyak terpapar penggunaan gadget dan meonton TV, faktor cara orangtua mendidik anak (mungkin orangtua terlalu sering mendidik dan menghukum anak dengan cara kekerasan), dll. Untuk mengatasinya orangtua harus melatih kinerja otak anak melalui kegiatan bermanfaat.

Baca juga: Memberikan Hadiah atau Dukungan Sebagai Bentuk Penanaman Perilaku Positif Pada Anak

 

4. Sering sulit berkonsentrasi

Gambar: www.jambur.com

 

 

Hambatan perkembangan anak tentunya dapat mempengaruhi kemampuan, kemajuan, serta perkembangan belajar anak. Salah satunya adalah anak sering mengalami kesulitan berkonsentrasi. Pasti ada beberapa hal yang kira-kira kenapa anak sulit berkonsentrasi dalam menyerap pelajaran sekolah. Bisa ditebak kalau bukan anak zaman sekarang sulit berkonsentrasi karena terpengaruhi oleh dunia maya melalui gadget dan sejenisnya serta berbagai tayangan acara TV. Solusi yang bisa para parents lakukan dengan meminimalisir penggunaan gadget serta tontonan pada anak sehingga mereka tidak ketergantungan. Buat peraturan kapan anak boleh menggunakan gedget dan menonton, kapan pula anak tidak boleh menggunakan gadget dan menonton. Disaat anak menggunakan gadget atau menonton, berikan mereka batas waktu yang paling tepat.

 

5. Lemahnya daya ingat anak

Gambar: venturebeat.com

 

 

Lemahnya daya ingat pada anak saling berkaitan dengan kerja otak si anak. Untuk meningkatkan perkembangan daya ingat anak, orangtua harus sering-sering mengajak ngobrol anak dan memberikan asupan nutrisi baik bagi perkembangan otak anak seperti  makanan yang banyak mengandung DHA, Omega 3, protein, dll. Jangan lupa tambahan asupan kebutuhan vitamin anak dengan memberikan suplemen yang mengadung DHA dan Omega 3. Bisa jadi lemahnya daya ingat anak sebagai pertanda bahwa anak anda sedang mengalami penurunan IQ.

 

6. Sulit beradaptasi dan berinteraksi

Gambar: hellosehat.com

 

 

Beradaptasi dan berinteraksi merupakan jenis kepintaran dan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak. Dan jenis kepintaran ini sangat berbeda-beda. Dalam arti ada anak yang mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan baik, ada juga ada yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan berinteraksi. Untuk anak yang mengalami kesulitan beradaptasi dan berinteraksi bisa jadi karena ada sesuatu yang mendasarinya. Anda bisa cari tahu apa saja penyebabnya. Misalkan, anak sering dibullying, anak tidak pede dengan kekurangannya, anak pemalu, dan lain sebagainya. Bisa juga hambatan perkembangan adaptasi dan interaksi anak disebabkan oleh orangtua. Cara efektif untuk mengatasinya anda bisa mengajarkan anak untuk tidak menjadi anak yang pemalu dan harus pede, atau sering-sering mengajak anak ketempat bermain untuk memancing anak agar ia mau memberanikan diri beradaptasi dan berinteraksi.

Cari sekolah untuk anak? Anda bisa cari dan temukan di edumor.com!

 

7. Adanya gangguan kepribadian

Gambar: medicastore.com

 

 

Salah satu faktor penghambat tumbuh kembang anak paling parah adalah adanya gangguan kepribadian. Maksudnya anak mengalami suatu keadaan bahwa ia selalu berpikir dan bertindak tidak seperti kebanyakan anak lainnya alias beda dari lainnya (bukan unik). Akibatnya terjadi masalah di dalam lingkungan sekitar anak. Gangguan kepribadian pada anak kebanyakan dialami oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Namun anak-anak yang normal juga bisa mengalami gangguan kepribadian. Salah satu contoh gangguan kepribadian yakni autisme, bipolar, dll. Sebenarnya gangguan kepribadian pada anak dapat diatasi dengan terapi.

Penting bagi setiap orangtua untuk memerhatikan dan mengatasi faktor penghambat tumbuh kembang anak agar tidak mengganggu segala aktivitas anak sehingga ia bisa menjadi orang yang sukses di kemudian hari.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *