8 Kosakata Pengganti yang Jarang digunakan di Kehidupan Sehari-hari

Sebagai warga negara Indonesia, pastinya kamu cinta Indonesia dong. Tapi pada kenyataan, masih ada banyak warga Indonesia yang belum paham akan bahasa indonesia yang baik dan benar. Kamu kah salah satunya? Supaya kamu makin paham lagi soal bahasa indonesia, edumor telah merangkum beberapa kosakata baru yang jarang digunakan di kehidupan sehari-hari.

 

1. Mengutil

Gambar: www.vemale.com

 

 

Hayoo ada yang tahu apa itu mengutil? Nah, mengutil dalam kamus bahasa indonesia sama saja dengan mencopet, mencuri, dan maling. Kebanyakan orang indonesia lebih banyak mengenal kata mencopet, mencuri, dan maling ketimbang mengutil. Dalam kumpulan kosakata baru di KBBI, mengutil bisa kamu pergunakan sebagai kata pengganti tindak kejahatan sekelas mencopet dan sebagainya.

 

2. Mangkus dan Sangkil

Gambar: www.campusnesia.co.id

 

 

Menurut KBBI online, mangkus itu artinya mustajab, mujarab, manjur, dan berhasil guna. Sedangkan sangkil sendiri memiliki arti sampai, kena, mengenai, berdaya guna, serta efisien. Jadi lebih enak ngomong manjur atau mangkus? Efisien atau Sangkil nih?

 

3. Derau

Gambar: www.andumhumor.com

 

 

“Suara TVnya tolong dimatiin dong! Derau banget suaranya”. Dari kalimat tersebut perlu diketahui bahwa derau itu artinya suara berisik atau bising. Kebanyakan orang bilangnya berisik atau bising bukan derau, tapi kamu bisa ganti kata berisik dengan derau.

Baca juga: Intip 7 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Berhitung

 

4. Pramusiwi

Gambar: www.netmums.com

 

 

Kebanyak orangtua dalam mengurus anak lebih memilih menggunakan babysitter dengan alasan apalagi kalau bukan sibuk bekerja kasihan si anak gak ada yang urusin. Untuk kata pengurus bayi atau anak kebanyakan nyebutnya babysitter dalam bahasa inggris. Di KBBI tidak ditemukan kata babysitter karena itu kosakata bahasa inggris bukan bahasa indonesia. Kosakata bahasa indonesia di KBBI untuk pengurus bayi disebut dengan pramusiwi. Pramusiwi bisa dijadikan kosakata pengganti dari babysitter.

 

5. Saltik

Gambar: www.tribunnews.com

 

 

Ketika mengetik sesuatu tiba-tiba suka ada yang typo. Kebanyakan orang menyebutnya dengan typo bukan salah ketik. Padahal dalam KBBI kosakata yang seharusnya dipergunakan adalah saltik. Oleh karena itu kosakata typo bisa kamu ganti menjadi saltik.

 

6. Unduh dan Unggah

Gambar: food.detik.com

 

 

Berbagai informasi banyak dibutuhkan untuk berbagai kegiatan sehari-hari, dan siapa saja membutuhkan informasi. Karena zaman sekarang sudah zaman modern, maka sudah banyak yang menggunakan media internet dan sosial media untuk mencari-cari informasi atau hanya sebagai media hiburan saja. Yang sering buka internet atau menggunakan sosial media pasti gak asing lagi mendengar kata download dan upload. Download memasukan data dari internet ke dokumen HP, laptop, atau komputer. Sementara Upload memasukan data kita ke internet. Mengggunakan kata download dan upload dalam berbahasa indonesia yang baik dan benar lebih tepat lagi diganti dengan unduh dan unggah walaupun download dan upload memiliki arti yang sama dengan unduh dan unggah.

 

7. Gawai

Gambar: www.guoguiyan.com

 

 

Untuk penggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, kerap kali orang-orang banyak yang lebih suka menyebut gadget daripada gawai. Dalam kosakata bahasa indonesia yang tepat ialah gawai. Namun sebenarnya, antara gadget dengan gawai memiliki pengertian yang sama. Sama-sama artinya perangkat elekronik berupa ponsel pintar.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

8. Salin Tempel

Gambar: blog.devolutions.net

 

 

Kebanyakan dari kamu saat ngerjain tugas bersumber dari internet sering kali copy paste dari pada meringkasnya. Kalau kamu pengen nulis atau berbicara sesuatu menggunakan bahasa indonesia lebih tepat lagi pakai kata salin tempel sebagai kosakata pengganti dari copy paste.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *