Intip 7 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Berhitung

Hitung menghitung tak pernah lepas di kehidupan sehari-hari terutama di bidang pendidikan dan pekerjaan. Otomatis hitung menghitung ada di setiap jurusan. Ada sih jurusan yang gak ada hitung-hitungannya. Sebagian besar ada yang suka hitung menghitung, dan malahan ada yang benci hitung-hitungan. Pas banget nih,  edumor telah merangkum 7 pilihan jurusan perkuliahan yang memang cocok bagi kamu si pencinta hitung menghitung.

 

1. Ilmu Ekonomi

Gambar:ikazemizunashi.blogspot.co.id

 

 

Yang pertama ini masuk ke dalam cabang Fakultas Ekonomi. Ilmu Ekonomi mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan ekonomi secara mendunia mulai dari ekonomi mikro hingga ekonomi makro. Para lulusan Ilmu Ekonomi sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan maupun institusi dalam mengetahui keadaan ekonomi perusahaan atau institusi tersebut. Negara juga membutuhkan seorang ahli ilmu ekonomi guna memlakukan penelitian, memprediksi, menganalisa, sampai memutuskan kebijakan-kebijakan akan perekonomian di suatu negara terkait. Apalagi pengetahuan ilmu ekonomi ini bisa jadi patokkan bagi setiap perusahaan, institusi, negara, serta pembisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Jurusan Ilmu Ekonomi terbagi menjadi beberapa program peminatan, seperti:

Ilmu Ekonomi Syariah

Ekonomi Perbankan

Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan

Ekonomi Internasional

Ekonomi Publik

Ilmu Ekonomi Islam

Ekonomi Pembangunan

Ekonomika Moneter

Ekonomika Bisnis

dll.

Para lulusan Ilmu Ekonomi memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan lho! Nah, habis lulus nanti kamu bisa bekerja sebagai analis ekonomi, bekerja di Kementerian Perekonomian, tenaga peneliti kuangan, bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat, dan masih ada banyak lagi.

 

2. Aktuaria

Gambar: www.youthmanual.com

 

 

Udah pada dengar belum ada jurusan kuliah Aktuaria? Memang apa sih jurusan Aktuaria itu? Aktuaria merupakan program studi yang memperpadukan antara ilmu matematika, keuangan, pemograman komputer serta ilmu statistika yang dipakai dalam pengambilan resiko keuangan di masa yang akan datang, contohnya; asuransi dan keuangan. Di Indonesia sendiri jurusan ini terbilang langka karena belum banyak yang tahu dan masih sedikit peminatnya. Walaupun langka tapi lulusan aktuaria banyak diincar oleh perusahaan besar. Jurusan Aktuaria masuk ke dalam Fakultas Matematika IPA atau Fakultas Matematika dan Statistika. Dan ada kampus dimana jurusan Aktuaria ini peminatan dari jurusan matematika. Pekerja Aktuaria disebut dengan Aktuaris. Umumnya, seorang Aktuaris bertugas untuk melakukan kegiatan aktuaria yang digunakan sebagai penentu hak kewajiban asuransi di suatu perusahaan atau instansi, melakukan pengembangan dan melakukan strategi suatu produk asuransi atau keuangan, perencanaan identifikasi pasar, melakukan penilaian jaminan mutu SDM, dan sebagainya. Kalau kamu minat, jurusan ini ialah jurusan baru yang tersedia di UI, UGM, ITB, ITS, dan IPB.

Baca juga: Pentingnya Akreditasi Perguruan Tinggi sebagai Penentu Pemilihan Perguruan Tinggi

 

3. Statistika

Gambar: www.statistikaonline.com

 

 

Statistika berkaitan dengan data. Tentunya kamu bukan hanya belajar teori saja, melainkan ada hitung-hitungannya juga. Bahkan hitung-hitungannya lebih banyak dari teori atau hafalan dengan cara menganalisa, memprediksi, mengelompokan, dan menyimpulan berbagai data.

Hitung-hitungan yang bakal kamu pelajari ada di materi mata kuliah, seperti;

Kalkulus

Metode Statistika

Aljabar Linear

Algoritma Pemograman

Dasar-dasar Manajemen Bencana

Basis Data

Teknik Sampling

Riset Operasi

dll.

Lalu, jurusan statistika ini terbagi ke dalam program peminatan, umumnya yakni;

Statistika Keuangan

Biostatistika

Statistika Bisnis dan Industri

Statistika Ekonomi

Statistika Sosial dan Kependudukan

dll.

Cukup menarik bukan? Jurusan statistika ini cabang dari Fakultas MIPA yang ada di UGM, Universitas Brawijaya, IPB, ITS, Unpad, Universitas Terbuka, Unmul, Sekolah Tinggi Statistika, dll. Para lulusan Statistika memiliki peluang kerja anti mainstream sebagai Research and Development Staff, PNS, bekerja di lembaga riset, System Analyst, Electonic Data Processing Staff, dan sebagainya.

 

4. Arsitektur Lanskap

Gambar: www.holemanlandscape.com

 

 

Kalau jurusan Arsitektur kan udah biasa. Jurusan ini gak kalah keren dan menarik, namanya Arsitektur Lanskap. Arsitektur Lanskap berkecimpung merancang tata ruang dan tata letak pertamanan dan pertanahan. Tugasnya bukan saja mendesain tapi melakukan pembangunan hingga perawatan. Selain harus jago desain, kamu juga harus jago matematika yang digunakan untuk menghitung luas dan lebar tanah yang akan dipakai untuk membangun pertanaman dan pertanahan. Memang sih kedengarannya jurusan ini terdengar asing. Kendati demikian, keliatannya jurusan ini seru juga kok. Kalaupun minat jurusan ini tersedia di IPB, Universitas Trisakti, dan ITS. Oh ya, jurusan Arsitektur Lanskap memiliki prospek kerja sebagai konsultan lanskap, kontarktor lanskap, arsitek lanskap, pengembang estate, perencanaan ruang, penata tanaman, pokoknya masih banyak lagi deh.

 

5 . Manajemen Logistik

Gambar: www.logopakcorp.com

 

 

Logistik bagian terpenting pada suatu perusahaan penjualan dan persediaan barang. Manajemen Logistik bagian yang mengambil peran dalam mengelola atau mengatur kegiatan penjualan dan persediaan barang agar dapat berfungsi dengan sebagaimana mana mestinya. Dimulai dari mengelola jumlah masuk keluarnya barang, menghitung pajak PO, menghitung ongkos kirim, menghitung satu kendaraan muat berapa muatan, dll. Bidang pekerjaan ini memang dibutuhkan setiap perusahaan dan industri dalam negeri dan luar negeri guna menjaga efisiensi dan kualitas barang sampai ke tangan konsumen.

 

6. Industrial Robotic Design

Gambar: id.pinterest.com

 

 

Sekarang zaman sudah semakin canggih bukan? Maka dari itu hampir semua kegiatan dikerjakan oleh mesin dan teknologi, manusia tinggal menerima hasilnya. Salah satu bidang pekerjaan yang membutuhkan banyak mesin pengganti manusia ialah industri atau pabrik. Sudah seharusnya semua pabrik-pabrik tidak lagi menggunakan tenaga manusia untuk memproduksi suatu barang demi menjaga kualitas barang yang diproduksi. Begitu juga para tenaga pekerja terbebas dari keselamatan kerja dan produk yang dihasilkan terjamin kebersihannya. Mesin-mesin industri ini bisa diciptakan oleh para lulusan Industrial Robotic Design, yakni si perancang mesin-mesin produksi pabrik. Dengan mengambil kuliah jurusan ini kamu bisa tahu dan bisa belajar bagaimana cara mendesain sekaligus membuat mesin yang biasa digunakan di pabrik-pabrik. Yang perlu kamu ketahui jurusan ini ada kok di Indonesia, salah satunya di Universitas Surabaya. Tak hanya mendesain saja, melainkan kamu harus menerapkan pengetahuan algoritma yang dituangkan dalam setiap pembuatan mesin.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

7. Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia

Gambar: edumatik.net

 

 

Bidang ilmu pengetahuan yang paling dibenci oleh pelajar dan mahasiswa ialah matematika. Jurusan ini ada dalam cabang fakultas MIPA. Jurusan matematika ini mempelajari rumus matematika dari dasar sampai yang paling rumit. Sampai-sampai mahasiswa Matematika dijuluki “Si ahlinya matematika”. Satu hal yang perlu kamu tahu bahwa ilmu matematika hampir ada disemua jurusan kuliah walaupun sebatas dasar sampai menengah. Selain matematika, di fakultas MIPA ada yang namanya jurusan Fisika, Biologi, dan Kimia. Jurusan Fisika mempelajari segala bidang ilmu yang membutuhkan teknik dan rumusan fisika.

Jurusan ini terbagi lagi ke dalam beberapa peminatan, contohnya:

Mekanika.

Termodinamika.

Fisika Medis.

Fisika Radiasi.

Fisika Lingkungan.

Geofisika.

dan masih ada banyak banget.

Untuk jurusan Biologi yang kamu pelajari bukan cuman ngebahas tentang organ-organ manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan tapi ada belajar matematikanya juga lho! Matematika yang dipelajari di Jurusan Biologi digunakan dalam kegiatan praktekum.

MIPA Biologi dibagi lagi ke dalam beberapa peminatan seperti:

Biosains.

Zoologi.

Genetika.

Bioteknologi.

Taksonomi.

Biomanajemen.

dll.

Sementara jurusan Kimia memiliki peminatan antaranya:

Biokimia.

Kimia Fisika.

Kimia Organik.

Kimia Karbon.

Kimia Analitik.

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *