Deret Perguruan Tinggi Jurusan Pajak di Indonesia

Hai guys! Kalau berbicara tentang perguruan tinggi beserta jurusan atau program studinya memang gak habis-habis ya? Untuk itu, kita akan bahasa tentang pergurun tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan atau program studi pajak. Nah, pajak itu merupakan jurusan yang ada di dalam fakultas ekonomi. Beberapa perguruan tinggi ada yang memasukan jurusan pajak di dalam Fakultas Administrasi dan sebagainya. Dalam segala aktivitas sehari-hari memang betul pajak itu sangat dibutuhkan untuk pendapatan negara seperti Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bagunan, Pajak Pertambahan Nilai, dll. Dan masing-masing jenis pajak ada cabang ilmunya lagi. Oleh karena itu setiap perusahaan sangatlah membutuhkan tenaga pekerja bagian pajak untuk mengitung besaran pajak milik perusahaan yang nantinya dilaporkan ke perusahaan pajak terkait. Nah, disimak ya perguruan tinggi apa aja yang menyediakan jurusan atau program studi pajak!

 

1. Universitas Terbuka

Gambar: www.thejakartapost.com

 

 

Jurusan perpajakan Universitas Terbuka hanya tersedia untuk jenjang D3 saja. Periode 2017/2018 gelombang ke 2 akan dibuka pendaftaran bagi setiap calon mahasiswa baru khusus FE, FHISIP, FMIPA, dan FIP Sarjana dan Diploma pada tanggal 4 Desember 2017 sampai 10 Januari 2018. Salah satu sistem pembelajaran dimanfaatkan dengan menggunakan sistem ujian berbasis online bagi mahasiswa yang waktu ujiannya bentrok dengan waktu ujian tertulis. Selain itu kamu bisa menikmati fasilitas bahan ajar dengan berlangganan toko online, toko digital, serta belajar online yang disediakan oleh kampus ini.

 

2.  PKN STAN

Gambar: adzkiastan.com

 

 

Tak hanya universitas saja yang banyak diincar oleh calon mahasiwa dari segala penjuru Indonesia. Ternyata Politeknik juga banyak diminati oleh khususnya PKN STAN. PKN STAN merupakan perguruan tinggi politeknik ikatan dinas yang prakarsai oleh Kementerian Keuangan. Dimana seluruh kegiatannya berkaitan dengan ikatan dinas dan biaya pendidikannya pun ditanggung oleh Kementerian Keuangan. Jadi tak tanggung-tanggung kamu gak perlu lagi mengeluarkan biaya kuliah yang mahal alias gratis sekaligus mendapat uang jajan. Setelah lulus nanti kamu gak perlu khawatir gak bakal dapat kerja karena sudah dipastikan sehabis lulus nanti kamu bisa langsung bekerja dibagian dinas kementerian seperti jadi PNS dan sebagainya. Jurusan yang tersedia itu jarang ada di perguruan tinggi lainnya. Untuk kamu yang berminat kuliah bidang pajak, PKN STAN menyediakan jurusan pajak yang terbagi ke dalam 3 jenjang, yakni; D1 Pajak, D3 Pajak, dan D3 PBB.

 

3. Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (STPI)

Gambar: twitter.com

 

 

Perguruan tinggi yang berbasis Sekolah Tinggi hanya memiliki 1 fakultas dengan satu jurusan yakni D4 Perpajakan dengan peminatan Akuntansi Pajakan dan Manajemen Pajak. Setiap pendaftaran calon mahasiswa baru bisa memilih satu diantara 2 program kelas, kelas pagi atau kelas malam. Program kelas pagi dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu dan biaya kuliah sebesar Rp 5.9 juta. Sedangkan program kelas malam dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu dengan biaya kulaih sebesar Rp 6.4 juta.

 

4.  Universitas Riau

Gambar: jurnalistikfhur.blogspot.co.id

 

 

Kuliah pajak di wilayah Riau di Universitas Riau bisa jadi pilihan terbaikmu dengan program studi D3 perpajakan. Pendaftaran calon siswa baru dapat kamu ikut sertakan melalui jalur PBUD atau Penelusuran Bibit Unggul Daerah. PBUD itu jalur penelusuran minat dan bakat melalui jalur undangan. Yang kedua ada jalur mandiri. Jalur ini dapat dipilih untuk masuk ke jenjang D3, S1, S2, S3, dan lulusan D3 yang ingin lanjut ke jenjang S1. Sayangnya untuk fakultas ekonomi masih berakreditasi B. Soal tenaga pengajar, Universitas menyediakan tenaga pengajar tidak tetap, tenaga pengajar tetap sebidang, dan tenaga pengajar tetap tidak sebidang. Kurikulum perpajakan menggunakan kurikulum 2013 dengan total 111 SKS sudah termasuk 75 sks teori dan 36 sks praktek.

 

5. Universitas Trisakti

Gambar: twitter.com

 

 

Universitas Trisakti yang berlokasi di Jakarta Barat menyediakan jenjang pendidikan terbilang lengkap, yang terdiri dari jenjang Diploma, Sarjana, Profesi, hingga jenjang Doktoral atau S3. Program studi perpajakan Universitas Trisakti berada di cabang Fakultas Ekonomi jenjang D3. Fakultas ekonomi Universitas Trisakti telah menjadi fakultas dengan jenjang Diploma unggul pada tahun 2014. Tentunya karena hanya sebatas jenjang D3, jumlah SKSnya tidak sebanyak jenjang S1. D3 Perpajakan tersedia 111 sks yang sudah termasuk 80 sks utama, 27 sks pendukung, dan 4 sks lainnya.

 

6. Universitas Brawijaya

Gambar: ockym.blogspot.co.id

 

 

Jurusan perpajakan di Indonesia untuk jenjang S1 hanya ada di Universitas Brawijaya lho guys! S1 Perpajakan Universitas Brawijaya dikepalai oleh Fakultas Ilmu Administrasi. Per tahunnya jumlah mahasiswa perpajakan Universitas Brawijaya berjumlah 100an hingga 300an mahasiswa. Berdasarkan Data BAN PT mengenai Akreditasi, S1 Perpajakan Brawijaya meraih akreditasi B dari tahun 2014 sampai masa berlakunya pada tahun 2019.

 

7. Universitas HKBP Nommensen

Gambar: uhn.ac.id

 

 

Universitas HKBP Nomensen merupakan salah satu perguruan tinggi swasta Kristen terbaik di Medan, Sumatera Utara. Jurusan atau prodi D3 Administrasi Perpajakan perguruan tinggi ini masuk ke dalam cabang Fakultas Ekonomi. Semua mahasiswa diharapkan menjadi mahasiswa professional dalam wirausaha berlandaskan ajaran agama kristen. Nantinya kamu mempelajari ilmu mengenai perpajakan seperti PPN 1, Pemotongan dan Pemungutan Pajak, Manajemen Perpajakan, dan masih banyak lagi.  Fakultas ini dilengkapi dengan fasilitas laboratorium perpajakan, laboratorium manajemen bisnis, dll.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *