Tertarik Daftar Beasiswa? Kamu Bisa Daftar di Lembaga-lembaga Pendidikan Berikut Ini!

Seluruh masyarakat semesti mampu menjadi masyarakat yang cerdas sehingga mampu menjadi generasi penerus bangsa yang sukses. Namun apalah daya hal ini dihalangi oleh biaya pendidikan yang kian mahal yang membuat banyak sekali generasi bangsa yang tidak mampu melanjutkan pendidikan hingga pendidikan tinggi yang sudah menjadi hak setiap orang. Semahal-mahalnya biaya studi termasuk biaya kuliah ada program beasiswa menarik yang bisa kamu manfaatkan seperti beberapa lembaga pendidikan berikut ini yang menyediakan program pendidikan untuk perguruan tinggi S1 hingga S3 dalam maupun luar negeri.

 

1.  LPDP

Gambar: desainggris.com

 

 

LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan lembaga Pemerintah yang menyediakan program beasiswa setiap tahunnya untuk calon siswa jenjang S2 dan S3. Beasiswa LPDP terbagi ke dalam beberapa kategori; ada Beasiswa Master dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Distertasi (khusus guru maupun dosen), Beasiswa Afirmasi (diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu, pekerja di institusi Pemerintah, masyarakat yang bertempat tinggal yang masih berada di wilayah perbatasan, dll), Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, Beasiswa Presiden, dan Beasiswa Lanjutan. Setiap pendaftar bisa memilih perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri yang telah terdaftar oleh LPDP. Peserta beasiswa LPDP dikhususkan untuk masyarakat berkewarganegaraan Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan minimal S1. Salah satu syarat yang wajib kamu penuhi adalah membuat essay dengan topik yang ditentukan oleh pihak penyelenggara sebanyak 500 sampai 700 kata bisa menggunakan bahasa indonesia atau inggris.

Klik disini untuk beasiswa LPDP  Magister dan Doktor!
Klik disini untuk beasiswa LPDP Tesis dan Distertasi!
Klik disini untuk beasiswa LPDP Afirmasi!
Klik disini untuk beasiswa LPDP Pendidikan Dokter Spesialis!
Klik disini untuk beasiswa presiden LPDP

 

2. Dikti

Gambar: knb.dikti.go.id

 

 

Lembaga pemerintah pemberian beasiswa terkenal untuk jenjang pendidikan tinggi apalagi kalau bukan Dikti. Dikti bukan saja lembaga pemerintah yang menyediakan program beasiswa kuliah tapi institusi Pemerintah yang mengurusi berbagai informasi dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan tinggi. Dikti menyediakan 3 program beasiswa untuk studi S1 hingga S3 di perguruan tinggi negeri maupun swasta, antaranya; Beasiswa PPDN khusus studi S2 dan S3 perguruan tinggi negeri maupun swasta di dalam negeri ditujukan untuk tenaga pendidik, Beasiswa PPLN  untuk studi S2 dan S3 ke luar negeri yang ditunjukan untuk tenaga pendidik, dan Beasiswa PMDSU untuk lulusan S1 yang ingin menjadi dosen dengan melanjutkan studi hingga jenjang S3.

Klik disini beasiswa Dikti PPDN!
Klik disini beasiswa Dikti PPLN!
Klik disini beasiswa Dikti PMDSU!

 

3. Kemendikbud / Beasiswa Unggulan

Gambar: ilmaam.blogspot.co.id

 

 

Selanjutnya lembaga pendidikan Pemerintah Kemendikbud memiliki program beasiswa yang dinamakan Beasiswa Unggulan. Beasiswa ini berikan sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 95 tahun 2013 mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ada pun 4 beasiswa yang umumnya di berikan seperti; Beasiswa masyarakat berprestasi, Beasiswa Nusantara Cerdas, Beasiswa Pegawai Kemendikbud, serta Beasiswa Mahasiswa Asing. Nah, beasiswa yang diberikan bisa berupa beasiswa pendidikan, biaya hidup, biaya buku, serta biaya penelitian. Setiap peserta yang mendaftar wajib memiliki sertifikat TOEFL atau ILETS sesuai syarat dan ketentuannya.

Klik disini Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi!
Klik disini Beasiswa Unggulan Nusantara Cerdas!
Klik disini Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud!
Klik disini Beasiswa Unggulan Mahasiswa Asing!

 

4. AMINEF

Gambar: beasiswa.ppijepang.org

 

 

AMINEF merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang pendidikan yang ditujukan bagi setiap siswa / mahasiswa yang ingin studi ke negara Amerika. Lembaga pendidikan ini berlokasi di Indonesia. Lebih tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Kamu bisa menikmati fasilitas beasiswa penuh studi ke amerika untuk program beasiswa S2, beasiswa S3, dan beasiswa jenior and senior researchers. Menariknya lembaga pendidikan Amerika ini tak hanya menyediakan program beasiswa saja lho! Bahkan kamu bisa mengikuti kegiatan fellowship dan test TOEFL / IELTS.

Klik disini untuk Beasiswa S2 AMINEF!
Klik disini untuk Beasiswa S3 AMINEF!
Klik disini untuk Beasiswa Jenior and Senior AMINEF!

 

5. Erasmus

Gambar: www.hunimed.eu

 

 

Lembaga pendidikan Eropa Erasmus membuka kesempatan bagi setiap calon mahasiswa lulusan S1 berkewarnanegaraan di luar negara Uni Eropa untuk memperoleh beasiswa kuliah S2 di negara-negara Eropa. Lembaga Erasmus diberikan dana pendidikan berupa beasiswa sebesar $16 milyar yang berasal dari negara-negara Uni Eropa. Apa sih syarat dan ketentuan untuk daftar beasiswa ini? Pertama Kamu bukanlah warga negara Uni Eropa. Dan yang kedua pastinya sudah selesai menempuh pendidikan jenjang S1. Beasiswa ini juga diperuntukan bagi tenapa pendidik atau seseorang yang telah memiliki pengalaman di bidang akademik secara professional. Setiap mahasiswa memperoleh tunjang pendidikan sebesar € 24.000 dalam kurun waktu 1 tahun. Untuk kamu yang mengambil program beasiswa dalam waktu 2 tahun diberikan tunjangan sebesar € 48.000 per mahasiswa, dan biaya lain-lain sebesar € 14.000 per mahasiswa selama 3 bulan.

Klik disini untuk Beasiswa Erasmus+!

 

6. IDP Indonesia

Gambar: www.idp.com

 

 

Kamu bisa coba daftarkan diri beasiswa yang diselenggarakan oleh IDP atau International Education Spesialist. IDP ini lembaga yang menyediakan beasiswa studi ke luar negeri. Untuk jalur beasiswa bisa diikutsertakan oleh mahasiswa-mahasiswa berprestasi, mahasiswa yang memenuhi syarat karena beberapa faktor, dll. Adapun negara beasiswa yang tersedia seperti New Zealand, Inggris, Australia, Canada, dan Amerika.

Klik disini untuk Beasiswa New Zealand IDP!
Klik disini untuk Beasiswa Inggris IDP!
Klik disni untuk Beasiswa Australia IDP!
Klik disini untuk Beasiswa Canada IDP!
Klik disini untuk Beasiswa Amerika IDP!

 

7. Tanoto Foundation

Gambar: www.tanotofoundation.org

 

 

Lembaga pendidikan Tanoto Foundation grup GRE ditemukan oleh seorang pembisnis bernama Sukanto Tanoto diberoperasi di negara Indonesia tepatnya di Jakarta, Beijing dan Neijing, Hongkong, dan Singapura.  Tonato Foundation sendiri menyediakan program beasiswa ” National Champion Scholarship” untuk mahasiswa S1 dan S2 yang berprestasi namun mengalami kendala dari segi ekonomi. Setiap pendaftar yang menerima beasiswa memperoleh beasiswa berupa tunjangan biaya pendidikan, tunjangan biaya hidup, setiap peserta penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan kepemimpinan, dan masih ada banyak lagi. Tentunya mahasiswa yang boleh mendaftar merupakan mahasiswa perguruan tinggi yang terdaftar di Tanoto Faoundation.

Klik disini untuk penjelasan mengenai beasiswa Tanoto Foundation!

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *