6 Profesi yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Advertising

Sekarang berbagai pekerjaan mulai berkembang khususnya bidang IT, e-commerce, startup, dan advertising. Ada banyak posisi pekerjaan menarik perhatian para pencari lowongan kerja, entah itu yang baru lulus kuliah S1 maupun hanya sebatas lulusan D3 dan SMA / SMK. Salah satu pekerjaan yang paling menarik perhatian bagi kaula muda saat ini ialah ada pada bidang advertising atau periklanan. Untuk itu edumor telah merangkum beberapa profesi menarik buat kamu yang tertarik kerja di perusahaan-perusahaan advertising.

 

1. Sosial Media Spesialist

Gambar: qnectu.com

 

 

Kini dunia telah memasuki era teknologi dan digital sehingga mulai banyak lowongan pekerjaan untuk menempati posisi di bidang digital seperti sosial media. Bagi kamu yang sering berkutik dengan sosial media, kamu bisa meraih kesempatan bekerja sebagai sosial media spesialist. Posisi pekerjaan ini salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan advertising atau periklanan. Seorang sosial media spesialist dibutuhkan untuk mengurusi kegiatan yang ada di sosial media terkait dengan menulis konten, upload foto atau video, membalas komentar maupun pertanyaan pelanggan via sosial media, mengatur penjadwalan postingan, membuat strategi pemasaran , dan masih banyak lagi.  Umumnya pekerjaan ini banyak di cari lulusan DKV dan Ilmu Komunikasi. Bahkan hanya lulusan SMA / SMK juga bisa kok.

 

2. Digital Media Marketing

Gambar: www.digitalvidya.com

 

 

Seorang digital media marketing sebenarnya hampir-hampir mirip dengan seorang sosial media spesialist. Namun digital media marketing sekedar mempromosikan sebuah konten baik tulisan, video, maupun film menggunakan media internet dan sosial media. Keahlian yang dibutuhkan bukan hanya strategi marketing saja. Tapi kamu harus bisa menulis konten, membuat desain grafis, edit foto / video / film, menjaga kualitas konten, analisis digital marketing, SEO, email marketing, mobile marketing, hingga memasarkannya ke berbagai media internet dan sosial media yang ada sehingga iklan yang telah kamu buat banyak diminati oleh pelanggan dari berbagai penjuru dunia. Setelah itu kamu dituntut untuk mengerti bagaimana menggunakan media internet dan sosial media. Misalnya, perusahaan tempatmu bekerja ada berhubungan dengan media pendidikan yang difokuskan bagi pelajar dan mahasiswa. Dengan begitu kamu harus bisa memperkirakan media internet dan sosial media apa yang umumnya banyak dipergunakan oleh pelajar dan mahasiswa guna menyebarluaskan konten yang telah kamu buat tadi.

 

3. Desainer Grafis

Gambar: smkglobaljombang.sch.id

 

 

Media periklanan dan industri kreatif juga gak kalah membutuhkan seorang desainer grafis. Pastinya menjadi desainer grafis harus aktif, inovatif, dan kreatif. Kemampuan yang dibutuhkan oleh desainer grafis gak jauh dari mendesain 3D maupun 2D.Begitu juga ada beberapa tools yang umumnya dikuasai oleh seorang desainer grafis yang meliputi photoshoop, corel draw, adobe illustrator, adobe flash, dan tools desain lainnya. Ternyata pekerjaan ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan media dan industri kreatif, hampir seluruh perusahaan dan industri pasti membutuhkan posisi desainer grafis. Gimana, kamu berminat gak nih buat jadi desainer grafis? Di Indonesia sendiri gaji desainer grafis tidak terlalu tinggi, sekitar Rp 2 juta hingga Rp 7 juta per bulannya.

Baca juga: 7 Referensi Daftar Sekolah Penerbangan di Indonesia

 

4. Spesialist SEO

Gambar: resources.workable.com

 

 

Apa sih SEO itu? Buat kamu yang belum tahu, SEO itu kepanjangan dari Search Enginee Optimazion. Artinya teknik pencarian konten di halaman Google. Kegunaannya itu untuk meningkatkan traffic pengunjung sebuah web maupun blog. Semakin tinggi SEO sebuah web maupun blog, maka posisinya di halaman pencarian Google berada di halaman pertama walaupun bukan urutan teratas. Lalu bagaimana cara agar web atau blog yang dibuat memiliki nilai SEO yang tinggi? Untuk itu konten yang kamu buat harus mengandung judul yang mudah dicari dan ada menyelipkan suatu atau beberapa kata kunci yang relevan dengan judul yang kamu buat. Jika suatu web maupun blog memiliki nilai SEO yang tinggi, bukan saja muncul di halaman pertama pencarian Google tapi akan ada banyak pengunjung yang mengunjungi web atau blogmu. Hal tersebut sangatlah menguntungan bagi individu sebagai ladang pencarian mata uang dan bagi perusahaan itu sendiri. Teknik-teknik SEO ini dikerjakan oleh ahlinya yang dinamai Spesialist SEO.

 

5. Copywriter / copywriting

Gambar: ryanbattles.com

 

 

Profesi ini jelas berbeda dengan content writer ya. Nah kamu memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai pihak yang menulis sebuah konten yang berisikan berbagai informasi penting yang digunakan sebagai media promosi, pemasaran, dan periklanan. Tujuannya sih agar para konsumen atau klien tertarik untuk menggunakan, membeli, atau bergabung. Misalnya, di perusahaanmu sedang ada perencanaan mengadakan event berhadiah. Tugasmu ialah menulis konten yang menjelaskan tentang informasi event tersebut mulai dari eventnya apa, bagaimana cara ikut sertanya (syarat dan ketentuan yang berlaku), dan hadiah apa yang diperoleh bagi setiap pemenangnya. Yang terakhir tidak ketinggalan jangan lupa disebarluaskan ke media internet dan sosial media.

 Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Account Management

Gambar: www.bigconsult.com.au

 

 

Kali ini account manager lebih banyak bekerja di luar kantor. Posisi ini memang cocok khusus kamu yang ahli berkomunikasi alias si Ekstrovert. Account Management sama halnya dengan seorang marketing tapi khusus mempromosikan iklan atau mencari sponsor. Kesehariannya kerja ke luar kantor mencari klien. Kegiatan promosi atau mencari sponsor diawali dengan mengajukan proposal. Selanjutnya kamu melaksanakan kegiatan negosiasi dengan klien perusahaan tempatmu bekerja. Di posisi ini kamu harus siap ditugaskan kerja ke luar kota maupun ke luar negeri. Karena suatu saat nanti klien yang kamu temui tidak hanya ada di satu wilayah saja. Enaknya dari pekerjaan ini kamu bisa berpetualang belajar hal-hal baru. Lumayanlah hitung-hitung menghirup udara segar. Satu lagi nih, selain jago ngomong, bahasa inggris mesti kamu kuasai secara lisan dan tertulis.

 

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “6 Profesi yang Dibutuhkan oleh Perusahaan Advertising

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *