7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Memutuskan Masuk PKN STAN

Hai guys, gak berasa ya waktu berjalan dengan cepat. Tahu-tahu bentar lagi dari lulus SMA / SMK jadi mahasiswa aja nih. Nah, kira-kira kamu mau masuk perguruan tinggi mana nih? Swasta, negeri, atau ikatan dinas?  Sebenarnya mau masuk perguruan tinggi mana aja it’s ok. Asalkan jangan sampai salah pilih perguruan tinggi dan jurusannya yang terpenting.  Sekarang ini perguruan tinggi ikatan dinas lagi ngetrend-ngetrendnya di kalangan calon mahasiswa lho! Salah satunya yang paling terkenal dari sekian banyak perguruan tinggi ikatan dinas ialah PKN STAN. Sebelum memutuskan masuk PKN STAN, kali ini edumor telah merangkum 7 fakta seputaran PKN STAN yang perlu kamu ketahui.

 

1. Kapan lagi bisa kuliah tanpa dipungut biaya

Gambar: stital.ac.id

 

 

Bisa kuliah dengan biaya murah bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi kuliah tanpa dipungut biaya sepeser pun. Pasti mau dong! Alternatifnya masuk PKN STAN aja. Biaya pendidikan PKN STAN sepenuhnya sudah ditanggung oleh negara mulai dari uang pangkal sampai uang semesteran. Kamu gak perlu lagi deh pusing-pusing mikirin biaya kuliah. Satu lagi nih yang gak kalah menarik, selama studi kamu bisa mendapatkan uang jajan sekitar Rp 10 juta per tahunnya lho! Tampaknya menarik bukan?

 

2. Hati-hati, ujian masuknya super ketat dan disiplin lho!

Gambar: ens-stan.com

 

 

Etss, jangan seneng dulu bisa kuliah gratis sekaligus dapat uang jajan! Justru masuk PKN STAN tidak semudah membalikan telapak tangan. Tidak bisa dipungkirin, setiap mahasiswa yang berkeinginan masuk PKN STAN wajib mengikuti proses seleksi yang super duper ketat dan disiplin. Proses seleksi masuk STAN dinamakan USM PKN STAN. Ada 3 tahapan proses seleksi yang diikut sertakan. Pertama, ada tahap ujian tertulis. Pada bagian ini kamu akan diberikan soal ujian berupa soal TPA yang terdiri dari kurang lebih 250 soal dengan waktu pengerjaan selama 180 menit atau 3 jam dan ujian tes CPNS. Kemudian di tahap kedua, ada tes fisik dan mental. Dan tahap terakhir yang mesti kamu ikuti ialah tahap wawancara. Tahap wawancara ya kayak orang mau wawancara kerja atau wawancara beasiswa. Pastikan pada tahap ini  kamu bisa memberikan jawaban terbaikmu.

 

3. Ada 4 program studi

Gambar: www.pictame.com

 

PKN STAN berlaku untuk siswa mana pun itu. SMA / SMK sama-sama memiliki peluang untuk masuk PKN STAN. Bagi kamu yang berminat masuk PKN STAN, perguruan tinggi ini menyediakan 4 jenjang pendidikan, yang terdiri dari jenjang D1 sampai D4. Khusus D4 hanya berlaku bagi setiap alumni STAN yang pernah menempuh studi hingga lulus D3 dan telah bekerja selama kurang lebih 2 tahun, kemudian ingin melanjutkan studi ke jenjang D4. Baru itu setelah lulus D4, kamu bisa lanjut lagi ke jenjang S1 di beberapa perguruan tinggi swasta atau negeri yang terdaftar oleh pihak STAN. Jika kamu hanya kuliah D3 setelah itu direkrut untuk bekerja sebagai PNS, setelah itu ingin kuliah S1 kamu bisa mengikuti jalur Ekstensi. Sayangnya jalur Ekstensi memberlakukan setiap mahasiswa membiayai sendiri biaya perkuliahannya (tercatat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 148/PMK. 01/2012). Untuk program studi, PKN STAN menyediakan 4 program studi.

Berikut program studi PKN STAN yang meliputi:

D3 Akuntansi.

D4 Akuntansi.

D3 Pajak.

D3 PBB.

D1 Pajak.

D3 Kepabeanan dan Cukai.

D1 Kepabeanan dan Cukai.

D3 Kebendarahaan Negara.

D3 Manajemen Aset.

D1 Kebendaharaan Negara.

 

4. Siapkan dirimu bekerja di bawah naungan ikatan dinas

Gambar: www.setenpo.com

 

 

Tujuan utama seorang mahasiswa sehabis lulus kuliah apalagi kalau bukan bekerja. Begitu pula bagi setiap lulusan PKN STAN. Tentunya setiap mahasiswa Lulusan PKN STAN pasti diberikan kesempatan kerja di perusahaan atau institusi di bawah naungan ikatan dinas, yakni; Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Kemenko Perekonomian, dan Kementerian Perhubungan. Kamu bisa menikmati jenjang karir yang keren dan anti mainstream, salah satunya jadi PNS. Kalaupun kamu berminat untuk mendaftarkan diri sebagai PNS, kamu gak perlu lagi ikut tes CPNS. Karena tes CPNS sudah diadakan pada saat seleksi masuk PKN STAN.

Baca juga: Profesi Keren dan Anti Mainstream Bagi Lulusan Sastra Siap Menantimu

 

5. STAN merupakan Sekolah Tinggi ikatan dinas yang paling banyak diminati

Gambar:  www.kedinasan.com

 

 

Tentunya dengan biaya studi yang gratis plus ditambah dengan uang jajan tahunan dengan nominal yang cukup besar untuk kalangan mahasiswa, membuat PKN STAN diminati oleh sebagai besar calon mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia diantara perguruan tinggi kedinasan lainnya. Seperti yang dilansir di www.kedinasan.com, terhitung jumlah pendaftar PKN STAN periode 2017 sebanyak 166.315 peserta dengan jumlah kuota penerimaan sebesar 6.961 peserta.

 

6. Punya peraturan dan kedisiplinan yang tinggi

Gambar: jurnalnyaata.wordpress.com

 

 

Selanjutnya, PKN STAN menerapkan peraturan dan kedisiplinan yang tinggi. Jadi gak tanggung-tanggung kamu bisa kena DO kalau ngelanggar, meskipun cuman hal sepele. Perguruan tinggi ini menerapkan bahwa setiap mahasiswa mau tidak mau harus menggunakan seragam dan name tag yang telah disediakan oleh pihak perguruan tinggi tersebut. Bagusnya disini, setiap hari sebelum jam masuk pelajaran pasti dilaksanakan upacara bendera. Parahnya, kalau kamu ketahuan nyontek saat ujian, rambut gondrong (khusus mahasiswa laki-laki), merokok, tawuran, hingga narkoba sekalipun siap-siap angkat kaki deh.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Kamu bisa coba cari di edumor.com!

 

7. Perguruan tinggi ini pastinya menjadikan setiap mahasiswa sebagai mahasiswa yang berkualitas

Gambar: www.beacukai.go.id

 

 

Bukan hal yang tidak mungkin jika ada suatu perguruan tinggi dapat menciptakan mahasiswa yang berkualitas. Hal tersebut juga berlaku di PKN STAN. Perguruan tinggi ini, memberikan pendidikan yang mampu menjadikan setiap mahasiswa menjadi mahasiswa berkualitas yang dibina sejak duduk dibangku perkuliahan dengan selalu menerapkan sistem pendidikan berkualitas dan peraturan ketat serta disiplin yang diberlakukan. Jadi kamu diharapkan mampu menjadi mahasiswa yang tidak hanya berkualitas tapi bisa bermanfaat bagi Nusa Bangsa, Negara, dan masyarakat luas.

Jadi berminat gak nih masuk PKN STAN? Oh, ya buat kamu yang masih bingung pengen kuliah dimana dan perguruan tinggi apa yang kira-kira bagus, kamu bisa kunjungi www.edumor.com/university. Disitu kamu bisa cari  informasi dan rekomendasi perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Edumor juga menyediakan informasi beasiswa dan karir lho! Untuk udpate perguruan tinggi terbaik non politeknik dan politeknik di Indonesia periode 2017 silahkan klik link ini!  www.edumor.com/share/100-besar-perguruan-tinggi-non-politeknik-dan-25-besar-perguruan-tinggi-politeknik-di-indonesia-tahun-2017

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *