5 Cabang atau Induk Fakultas Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi informasi. Dengan adanya teknologi yang semakin maju dan berkembang pesat, pekerjaan-pekerjaan di bidang komputer sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan atau instansi. Lulusannya bisa bekerja di bidang e-commerce, starup, perusahaan IT, perusahaan desain, dll. Oh ya, buat kamu yang pengen kuliah bidang teknologi komputer, pertama yang harus diperhatikan adalah fakultasnya. Fakultasnya yakni Ilmu Komputer, yang terdiri dari beberapa cabang atau induk program studi seperti di bawah ini:

 

Teknik Informatika

Gambar: twopointfivekids.blogspot.co.id

 

 

Teknik Informatika atau yang biasa disingkat dengan IT merupakan cabang dari jurusan teknik. Cuman, Teknik Informatika berkaitan dengan merancang, mengimplemtasi, membuat, dan mengembangkan sebuah sofware, website, dan aplikasi dilihat dari segi teknik yang diutarakan ke dalam bentuk bahasa pemrogramman seperti c++, javascript, PHP, Phyton, Visual Basic, dan sebagainya. Kemampuan yang dimiliki bukan sekedar ngoding, tapi kamu harus bisa mendesain serta memiliki pemahaman akan logika matematika, aljabar, matematika diskrit, dan algoritma. Dalam dunia teknologi, Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di masa yang akan datang. Para lulusan Teknik Informatika mampu bekerja sebagai Software Enggineer, Mobile Developer, Android Developer, Front End Developer, Game Developer, Switching, IT Support, dan masih ada banyak lagi lho!

 

Sistem Informasi

Gambar: www.computersciencedegreehub.com

 

 

Sistem Informasi ini kegiatannya hampir sama seperti Teknik Informatika yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menganalisa, merancang, mengimplementasikan, membuat, sampai mengembangkan suatu software, website, dan aplikasi dilihat dari sisi sistem. Misalkan, kamu pengen buat website penjualan online. Nah, bagian Sistem Informasilah yang bertugas menganalisa hingga mengembangkan bagaimana alur sistem berjalan pada website tersebut. Barulah bagian Teknik Informatika yang melaksanakan melalui coding berdasarkan sistem yang telah diberikan oleh bagian Sistem Informasi. Intinya Sistem Informasi itu bagian perencanaan, TI bagian pelaksanaannya. Sistem Informasi dibagi lagi menjadi beberapa peminatan, seperti; Database Programming, Multimedia System Design, Sistem Informasi Enterprise, Business Intellegence, IT Governance, dll. Dan para lulusan Sistem Informasi bisa bekerja sebagai System Analyst, Database Administrator, Programmer, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 9 Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia

 

Teknik Komputer

Gambar: komputerupdate.com

 

 

Merupakan perpaduan antara bidang Ilmu Komputer dengan Teknik Elektro. Jurusan yang satu ini menekankan pada pembelajaran komponen-komponen perangkat keras komputer, laptop, dan robot. Ilmu yang dipelajari bukan hanya mengenai komponen perangkat keras, tapi kamu harus ngerti sama bahasa mesin dan bahasa pemrogramman. Proses pembelajarannya pun lebih banyak ke praktek dengan mencoba merakit komputer / laptop, merancang dan merakit robot, instalasi jaringan, membuat pemrogramman dengan komponen hardware, dll. Lulusan Teknik Komputer memiliki prospek kerja sebagai insiyur komputer dan lain-lain.

 

Sistem Komputer

Gambar: edukasi.kompas.com

 

 

Ialah ilmu yang mempelajari input, proses, output, dan penyimpanan komputer dalam bentuk informasi yang tercakup ke dalam bentuk perangkat lunak, perangkat keras, serta jaringan komputer. Sistem Komputer memiliki nama lain ialah Computer Engineering. Materi yang diajarkan sedikit mirip dengan Teknik Komputer. Bedanya, jurusan sistem komputer membahas soal analisa, perancangan, dan implementasi komputer serta sistem komputer berbasis perangkat lunak hingga jaringan komputer.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

Manajemen Informatika

Gambar: www.jurusanterbaik.com

 

 

Selanjutnya dan yang terakhir ada jurusan Manajemen Informatika. Jurusan ini berkonsentrasi pada pengaturan akan pemrogramman yang meliputi beragam bahasa pemrogramman untuk keperluan web dan aplikasi, desain dalam bentukĀ  2D maupun 3D, edit suara, edit video, serta tidak ketinggalan ada belajar menggunakan dan membuat database. Dari segi proses dan materi pengajaran, Manajemen Informatika lebih gampang kok dari Teknik Informatika. Rata-rata jurusan ini tersedia untuk jenjang D3.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *