9 Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia

Kedokteran merupakan salah satu penjurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa PTN maupun PTS. Tak bisa dipikirkan kalau pada kenyataannya, jurusan yang satu ini memiliki daya saing yang sangat banyak, seleksi masuknya susah, biaya pendidikan hingga lulus sangatlah mahal, dan proses studinya pun cukup melelahkan. Akan tetapi, masa depannya sebanding pengorbanan yang kita lakukan. Nah, buat kamu yang tertarik kuliah kedokteran dan sedang dalam proses mencari perguruan tinggi kedokteran, berikut ini adalah rekomendasi perguruan tinggi kedokteran di Indonesia yang bisa jadi pilihan terbaikmu:

 

1. Universitas Syiah Kuala

Gambar: www.globalindonesianvoices.com

 

 

Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di wilayah Banda Aceh, Sumatera Utara. Fakultas ini telah didirikan sejak tahun 1982 dengan jenjang S1 Dokter hewan, S1 Profesi dokter hewan, dan S1 Pendidikan dokter gigi. Unsyiah membuka jalur seleksi masuk PTN yang terdiri dari SNMPTN (pendaftaran bulan Febuari sampai Maret), SBMPTN (pendaftaran bulan April sampai Mei), Jalur Mandiri (pendaftaran bulan Agustus) ,dan SMMPTN Barat (pendaftaran bulan Juni).

 

2. Universitas Sumatera Utara

Gambar: www.kaskus.co.id

 

 

Universitas Sumatera Utara menyediakan sekitar 18 program studi kedokteran spesialis, yang diantaranya seperti; Ilmu kesehatan anak, Ilmu bedah, Ilmu penyakit dalam, Ilmu kebidanan dan penyakit kandungan, pokoknya masih ada banyak lagi deh. Selain itu, Universitas Sumatera Utara juga menyediakan jenjang pendidikan S1 hingga S3 untuk fakultas kedokteran. Khusus jenjang S2 kedokteran difokuskan pada peminatan manajemen klinik. Untuk seukuran fakultas kedokteran fasilitasnya termasuk cukup lengkap yang dilengkapi dengan unit-unit pendukung.

 

3. Universitas Indonesia

Gambar: pelajaranasep.blogspot.co.id

 

 

Salah satu universitas negeri terbaik dan ternama di Indonesia yang memiliki ciri khas jaket almamater memiliki fakultas kedokteran terbaik. Kabarnya, fakultas kedokteran UI merupakan fakultas kedokteran terbaik di wilayah Indonesia sekaligus merupakan fakultas kedokteran tertua di Indonesia. Per tahun 2014, pendidikan kedokteran UI meraih tingkat akreditasi A. FK UI terbagi ke dalam beberapa pendidikan kedokteran, seperti; program pendidikan kedokteran, kelas khusus international yang berkolaborasi dengan beberapa univeristas ternama di dunia ( Monash University, University of Melbourne, dan University of Newcastle Upon Tyne), Program S2 (S2 Ilmu Biomedik, S2 Ilmu Gizi, S2 Ilmu kedokteran kerja, dan S2 Ilmu pendidikan kedokteran), program spesialis ( ilmu bedah, ilmu penyakit dalam, Obstetri dan Ginekologi, Radiologi, dan masih banyak lagi), Program S3 (S3 Ilmu biomedik, S3 Ilmu gizi dan S3 Ilmu kedokteran), dan yang terakhir ada program pendidikan kedokteran berkelanjutan.

 

4. Universitas Gadjah Mada

Gambar: www.dokteravis.net

 

 

Nah, yang satu ini juga termasuk salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia favoritnya calon mahasiswa Indonesia. UGM memiliki fakultas tertua diantara fakultas lainnya yang pernah ada yaitu fakultas kedokteran. Fakultas ini sama seperti perguruan tinggi lainnya yang menyediakan jenjang pendidikan S1 hingga dokter spesialis. Pada jenjang S1, mahasiswa menempuh pendidikan selama 4 – 7 tahun dengan jumlah sks sebanyak 144 sks sampai 160 sks. S1 Fakultas kedokteran UGM memiliki program studi pendidikan dokter, program studi ilmu keperawatan, dan program studi gizi dan kesehatan. Sementara program dokter spesialis UGM menyediakan 20 program studi kedokteran dengan biaya UKT sekitar Rp 8.5 juta sampai Rp 25 juta.

Baca juga: Yakin Tidak Mau Kuliah Jurusan Matematika? Jurusan Ini Akan Jadi Trend di Masa Depan Lho!

 

5. Universitas Jember

Gambar: www.pendidikandokter.com

 

 

Fakultas kedokteran Universitas Jember memiliki sebutan lain yakni Medical Faculty University of Jember atau FK Unej. Universitas Jember mendirikan fakultas kedokteran sudah sejak dari tahun 2002. Dimana fakultas tersebut terdapat program studi pendidikan dokter dan profesi dokter. Kedua-duanya sudah berakreditasi A. Kampus Universitas Jember lebih tepatnya berada di jalan Kalimantan  37 Kampus Bumi Tega Boto Jember, Jawa Timur. Dari kedua program studi, masing-masing program studi diajarkan mengenai Biomedik (anatomi, biokimia, histologi, dan fisiologi), preklinik (farmakologi dan farmasi, mikrobiologi, parasitologi, patologi anatomi, dan patologi klinik), klinik (anatesi, ilmu bedah, ilmu kedokteran jiwa, ilmu kesehatan anak, ilmu kesehatan kulit dan kelamin, serta ilmu kesehatan mata), dan ada ilmu kesehatan masyarakat).

 

6. Universitas Udayana

Gambar: fk.unud.ac.id

 

 

Kampus fakultas kedokteran selanjutnya ada di Bali, yakni; Universitas Udayana. Fakultas kedokteran udayana telah dibangun sejak tahun 1982. Program pendidikan fakultas kedokteran Universitas Udayana terbagi atas 4 program pendidikan, meliputi; program sarjana dan profesi (pendidikan dokter, ilmu keperawatan, ilmu kesehatan masyarakat, psikoterapi, psikologi, dan pendidikan dokter gigi, program S2 (S2 ilmu kesehatan masyarakat dan S2 fisiologi olahraga), program S3 ilmu kedokteran, dan program dokter spesialis (ilmu penyakit dalam, ilmu bedah, ilmu kesehatan anak, ilmu psikiatri, dll). Universitas ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap.

 

7. Universitas Jenderal Soedirman

Gambar: www.unsoed.ac.id

 

 

Di point ke tujuh ada Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed. Universitas ini terkenal dengan program studi dokter giginya. Gak cuman ada program studi dokter gigi aja sih. Melainkan ada kedokteran, farmasi, ilmu kesehatan masyarakat dan gizi, keperawatan, program profesi dokter, serta program profesi ners (khusus fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan). Menariknya, Universitas Udaya juga menyelenggarakan 13 program beasiswa dari perusahaan-perusahaan ternama Indonesia, Pemerintah, dan organisasi. Biasanya beasiswa tersebut ada yang diselenggarakan sekitar bulan Januari sampai Desember, dan ada pula yang diselenggarakan setiap semesternya.

 

8. Universitas Tarumanegara

Gambar: facultyofmedicinetarumanagara.blogspot.co.id

 

 

Buat kamu yang lebih minat kuliah kedokteran di PTS, Universitas Tarumanegara bisa jadi salah satu pilihanmu. Sejak tahun 2007, kurikulum fakultas kedokteran Untar berbasis Student centered, Problem based, Integrated, Community oriented, Early exposure, dan Systematic atau yang disebut sebagai SPICES. Berdasarkan kurikulum tersebut, proses pembelajarannya pun  menekankan pada kegiatan pemecahan masalah. Kedokteran Untar terbagi menjadi 2 program studi, yaitu; S1 kedokteran dengan masa studi selama 3,5 tahun dengan syarat sudah melewati masa blok (istilah kegiatan penelitian yang disusun ke dalam bentuk skripsi) dan program profesi kedokteran dengan masa studi selama 2 tahun (harus lulus 15 mata kepaniteraan beserta lulus tes ujian kompetensi).

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

9. Universitas Kristen Krida Wacana

Gambar: programmagister.com

 

 

Universitas yang satu ini juga identik dan unggul akan fakultas kedokterannya. Kampusnya berlokasi di Jalan Arjuna Utara, Jakarta Barat. Mayoritas mahasiswa Ukrida menganut agama  Kristen. Pelajaran agama yang diberikan tentunya adalah agama kristen, dan setiap mahasiswa wajib mempelajari agama tersebut walaupun bukan beragama kristen sekalipun. Kedokteran Ukrida telah berhasil meluluskan mahasiswa sebanyak 1.200 mahasiswa. Fakultas Ukrida terdiri atas program studi pendidikan dokter dan program studi profesi dokter / dokter umum. Setiap mahasiswa yang mengambil program studi pendidikan dokter wajib memenuhi 160 SKS. Sementara untuk program studi profesi dokter mesti memenuhi 40 SKS. Lama studi dari pendidikan dokter sampai profesi dokter adalah 5 tahun.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *