4 Wisata Edukatif yang Hits di Jabodetabek

Waktu liburan merupakan saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berlibur memberikan banyak manfaat seperti membangun kedekatan keluarga, menyegarkan badan dan pikiran, dan sebagainya. Tapi, jangan salah, liburan juga dapat dijadikan ajang untuk belajar bagi anak. Cukup dengan mengunjungi tempat wisata yang menyediakan sarana belajar dan berlibur. Di Indonesia, telah banyak tempat berlibur yang edukatif seperti ini. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh bepergian untuk mengunjungi tempat wisata edukatif. Karena, sudah banyak tempat berlibur yang dapat menjadi sarana belajar di wilayah Jabodetabek. Oleh karena itu, berikut edumor.com rekomendasikan 4 tempat wisata edukatif yang hit di Jabodetabek.

  • Kidzania
Gambar : https://youtube.com

Siapa yang tidak suka bermain? Anak-anak tentu sangat suka bermain. Apalagi jika bermain sambil belajar mengenal profesi seperti di tempat wisata yang satu ini : Kidzania. Kidzania merupakan taman hiburan yang memiliki konsep seperti ‘kota’ bagi anak anak. Kidzania dirancang dan dibangun menyerupai replika sebuah kota yang lengkap dengan berbagai fasilitas seperti jalan raya, rumah sakit, pabrik, dan sebagainya yang diperuntukkan khusus untuk anak-anak. Di Kidzania, anak akan belajar untuk berperan dalam sebuah profesi, yang mana mereka akan bekerja sebagai profesi yang dipilihnya. Mereka dapat bermain sebagai dokter, pemadam kebakaran, dan sebagainya, sembari mengenal masing-masing pekerjaan dari profesi tersebut. Selain itu dalam Kidzania terdapat mata uang tersendiri, sehingga anak akan belajar juga bagaimana cara menggunakan uang.

Bermain di Kidzania akan mengenalkan anak kepada berbagai profesi. Dengan demikian, mereka akan mengetahui dan menemukan minat dan bakatnya. Kidzania terdapat di beberapa tempat, salah satunya terletak di Pacific Place Mall lt.6, Jakarta.

  • Scientia Square Park
Gambar : https://wagomu.id

Tempat wisata yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan, ini juga patut Anda coba. Ya, Scientia Square Park! Dalam Scientia Square Park, anak dapat mencoba berbagai hal baru seperti wall climbing dan bermain di sawah. Selain itu, banyak pula kegiatan fisik yang dapat dilakukan di Scientia Square Park seperti bike trail, bermain inline skate, bermain uap air, futsal, dan sebagainya.

Tidak hanya kegiatan fisik saja. Di sana anak juga dapat mendapatkan pengetahuan seperti mengenal berbagai jenis kupu-kupu di Metamorphosis of Butterfly Park dan memberi makan ikan koi. Menyenangkan, bukan?

Kegiatan fisik juga diperlukan bagi anak agar kemampuan motorik mereka berkembang. Selain itu, kegiatan di luar ruangan juga baik untuk tumbuh kembang anak. Scientia Square Park buka dari jam 05.00-21.00 setiap harinya.

  • Jakarta Aquarium
Gambar : https://media-cdn.tripadvisor.com

Bermain sambil belajar memang selalu menyasikkan. Misalkan, dengan bermain dan mengenal satwa seperti hewan-hewan laut. Seperti yang ada di Jakarta Aquarium.

Jakarta Aquarium merupakan tempat wisata yang menjadi rumah bagi lebih dari 600 jenis satwa laut. Di sana, Anda dan anak akan dapat menikmati pemandangan keanekaragaman hewan-hewan laut. Anda dapat melihat berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Jakarta Aquarium juga menyajikan pertunjukan yang spektakuler yaitu Pearl of The South Sea. Pertunjukan ini akan menghibur dan memberikan suasana baru bagi keluarga. Anda dan anak juga dapat berfoto dengan latar belakang ikan-ikan yang berwarna-warni. Keluarga Anda juga dapat mengisi perut di restoran Pingoo setelah selesai berkeliling Jakarta Aquarium.

Akses menuju Jakarta Aquarium cukup mudah dijangkau karena terletak di Nep Soho, Jakarta. Tempat yang tepat untuk dikunjungi saat liburan, kan?

  • Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

 

Gambar : https://jakarta.panduanwisata.id

Jika keluarga Anda ingin mengenal alam lebih dekat, rasanya tempat wisata yang satu ini perlu anda coba. Di Bogor, terdapat penangkaran rusa Giri Jaya Cariu. Keluarga Anda dijamin tidak akan menyesal jika berkunjung di tempat ini. Sebab, penangkaran rusa Giri Jaya Cariu menyajikan berbagai hal asyik dan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama keluarga.

Anda dan anak dapat bercengkrama dan bermain langsung dengan rusa yang cantik dan lucu di sana. Anak diperbolehkan untuk memberi makan dan berfoto bersama para rusa. Di sana terdapat berbagai macam rusa seperti Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan Rusa Bawean. Bermain dengan binatang akan membangkitkan rasa empati dan sayang anak terhadap makhluk hidup.

Selain itu, keluarga Anda juga dapat menikmati alam dengan bermain outbond dan berkemah. Mengajak anak untuk berkemah sangatlah baik karena dapat melatih mereka dalam hal bekerja sama dan membangun rasa simpati yang kuat. Anak juga akan terlatih untuk mandiri dan menyatu dengan alam.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *