Pentingkah Penyelenggaraan TPA? Simak Dulu Penjelasannya disini!

Bagi calon siswa, mahasiswa, dan calon pegawai tak asing lagi mendengar soal TPA. Namun pada kenyataannya hanya beberapa saja yang tahu apa itu TPA. Sebenarnya pentingkah TPA itu? Sebelum dijawab cari tahu dulu mengenai TPA di bawah ini:

TPA merupakan singkatan dari Tes Potensi Akademik. Pada umumnya, tes ini diselenggarakan pada saat mengikuti jalur seleksi masuk PTN seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri, seleksi beasiswa, seleksi masuk PTS, penerimaan calon karyawan baru, dan seleksi masuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Bahkan ada beberapa sekolah yang juga menyelenggarakan TPA dalam jalur seleksi penerimaan siswa baru.

TPA sendiri diberikan untuk mengukur seberapa besar kemampuan serta keterampilan pemahaman dan penalaran, minat, serta bakat yang berhubungan dengan akademik. Hasil akhirnya dapat disimpulkan apakah kamu mampu menjalani proses pembelajaran ke jenjang yang lebih tinggi atau tidak, dan kemampuan akademikmu ada dimana (bahasa, numerik, logika, atau pengetahuan).

Masih pada bingung ya TPA kayak gimana? Nah, TPA itu hampir mirip seperti tes IQ dan Psikotes. Cuman soal yang diberikan itu lebih terfokus ke bidang akademik. Soal yang diberikan ke dalam bentuk pilihan ganda semua. Dan lama pengerjaan soal TPA kira-kira 120  menit dengan bobot soal sebanyak 250 soal yang terbagi menjadi beberapa kategori soal. TPA sendiri dapat dilangsungkan secara offline dengan mengisi lembar jawaban yang sudah disediakan atau berbasis komputer (CBT). Soal TPA terbagi ke dalam 4 kategori, meliputi:

– Tes Kemampuan Verbal

Gambar: www.gu-buk.net

 

 

Bagian ini berhubungan dengan uji coba kemampuan dan penalaranmu terhadap bahasa dan kata yang meliputi; menyusun sebuah atau beberapa kata, menggabungkan semua atau beberapa kata, mengelompokan kata, antonim dan sinonim. Contohnya;

1.  ………. berhubungan dengan minum, sedangkan lapar berhubungan dengan………  A. Bernafas, tidur   B. Mengantuk, mandi. C. Haus, makan.

2. Sapi:Hewan

A. Kayu:Benda  B. Wanita: Pakaian  C. Bodoh:Cerdas.

Baca juga: Profesi yang Sedang Berkembang dan Banyak dibutuhkan di Era Digital seperti Saat Ini

 

– Tes Kemampuan numerik

Gambar: play.google.com

 

 

Pada bagian tes ini berkaitan dengan huruf atau alfabet dan angka. Tes kemampuan numerik dipecah menjadi beberapa bagian soal seperti; matematika, algoritma, menderetkan huruf dan angka, serta pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita. Misalnya:

Berat Tata lebih ringan 3 kg dari Valen. Berat valen adalah 42 Kg. Sementara Berat Maria dua kali lipat dari berat Valen. Berapakah berat Tata dan Maria? A. 50 kg dan 40 kg  B. 39 kg dan 84 kg  C. 48 kg dan 32 kg.

 

– Tes Kemampuan Logika

Gambar: www.zenius.net

 

 

Selanjutnya, pada bagian ketiga ada tes logika, yaitu; mengetes kemampuan pemahaman dan penalaran akan logika. Tes ini berupa pemecahan masalah mengenai penarikan kesimpulan sebuah kalimat atau cerita, soal logika umum, soal-soal diagram, dan sebagainya. Misalnya; Gajah adalah hewan menyusui. Semua hewan menyusui adalah jenis mamalia. Maka…..  A. Gajah adalah jenis mamalia B. Gajah tidak menyusui C. Semuanya salah.

 

– Tes kemampuan spasial

Gambar: blog.ruangguru.com

 

 

Nah, yang terakhir ini ada tes kemampuan spasial atau menebak gambar. Dari beberapa kategori soal yang ada, bagian inilah yang serasa paling sulit. Pada bagian tes kemampuan spasial terbagi lagi menjadi beberapa kelompok soal, yakni; tebak bayangan pada suatu gambar, tebak gambar berdasarkan tata ruang dan tata letak, serta mengelompokan bentuk-bentuk gambar.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

Untuk mengikuti TPA, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Memang apa bedanya TPA dengan Psikotes? TPA sebagai alat tolak ukur kemampuan, keterampilan, minat, dan bakat seseorang dari segi akademik. Sedangkan, Psikotes secara keseluruhan (akademik dan non akademik) serta mengetahui bagaimana kepribadian sehari-hari seseorang. Oh ya, kamu bisa mencoba simulasi latihan soal TPA dengan mendownloadnya di Google Play Store atau Apps Store.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *