Profesi yang Sedang Berkembang dan Banyak dibutuhkan di Era Digital seperti Saat Ini

Dunia sudah memasuki era digital sehingga para generasi milenial harus memiliki kemampuan yang dapat bersaing satu sama lain dalam segi pendidikan maupun pekerjaan. Dalam hal pekerjaan, tentunya setiap orang mencari pekerjaan yang tepat dan memiliki masa depan yang menjanjikan. Sudahkah kamu memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan keterampilanmu? Dibenakmu banyak pertanyaan mengenai kira-kira pekerjaan yang bagus apa ya, bener kan? Lagi pula bagus tidaknya pekerjaan kita belum menjamin kesuksesan di masa yang akan datang. Hemmm, kira-kira ada yang udah tahu belum pekerjaan apa aja sih yang sedang berkembang dan banyak dibutuhkan saat ini? Simak infonya disini!

 

1. Software Engineers and Developer

Gambar:

 

 

Teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat dari berbagai belahan dunia. Maka dari itu profesi bidang IT seperti Software Engineers and Developer banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan lokal bahkan perusahaan asing. Seorang Software Engineers and Developer berperan sekaligus bertanggung jawab dalam menganalis hingga mengembangkan suatu software atau perangkat lunak yang ditujukan kepada perusahaan terkait. Bagi kamu yang memiliki minat untuk menjadi seorang Software Engineer and Developer adapun kemampuan lain yang perlu kamu kuasain, yaitu; ngoding dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, PHP, CSS, Bootstarp, dan masih ada banyak lagi. Profesi Software Engineer and Developer harus menempuh pendidikan bangku kuliah bidang studi Teknik Informatika, Sistem Komputer, dan Ilmu Komputer.

 

2. Desain Produk

Gambar: www.bitebrands.co

 

 

Profesi desain produk bisa dikatakan terbilang unik. Harus punya imajinasi dan kreatifitas yang super duper tinggi untuk menciptakan sebuah karya. Desain Produk kerjanya ngapain sih? Yah, gak jauh-jauh dari mendesain kemasan makanan minuman atau mendesain suatu peralatan / perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Produk-produk yang didesain harus memiliki unsur kenyamanan, keunikan, serta unsur argonomik yang bernilai tinggi. Lulusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta maupun Pemerintah, industri kreatif, industri produksi makanan minuman, dll. Seorang desainer produk harus menempuh pendidikan jurusan desain produk tentunya. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan desain produk, seperti; Universitas Pramadina, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi Bandung, dll.

 

3. Writer atau Copy Writer

Gambar: www.quangbaweb.com

 

 

Profesi ini sedang ngetrend-ngetrendnya di kalangan anak muda loh! Di era digital seperti saat ini, profesi writer atau copy writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup, perusahaan media cetak, bahkan perusahaan e-commerce. Di perusahaan start up maupun e-commerce, bidang profesi ini dibutuhkan untuk meningkatkan SEO website atau blog perusahaan. Kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang dibutuhkan berhubungan dengan tulis menulis konten, membuat strategi pemasaran mengenai produk yang akan dipasarkan ke berbagai sosial media, bisa berbahasa indonesia dan bahasa inggris yang baik secara lisan maupun tertulis, membuat desain untuk konten adalah bonus. Profesi ini banyak dicari bagi lulusan Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, dan Sastra. Kampus terbaiknya ialah Universitas Multimedia Nusantara, Binus, STIKOM Intersudi, Universitas Trisakti, Universitas Warnadewa, dll.

 

4. Electronics Engineers

Gambar: www.youtube.com

 

 

Electronics Engineers atau Teknikcal  Elektro adalah profesi dari cabang ilmu teknik yang termasuk ke dalam profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia saat ini. Ilmu pengetahuan jurusan teknik elektro cukup luas, masih ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan listrik mulai dari komponen sampai perlengkapan dan peralatan listrik. Seorang electronics engineers tak hanya mengerti komponen-komponen listrik, mereka pun harus bisa mendesain, melakukan riset, hingga mengembangkan aneka macam perangkat beserta komponen-kompenen listrik. Profesi ini memiliki resiko kesalamatan kerja yang sangat tinggi.  Jadi ketika bekerja harus super hati-hati nih. Kalau tidak fatal akibatnya. Sudah jelas bahwa electronics engineers pasti lulusannya teknik elekto. Dan pilihan perguruan tinggi terbaik untuk jurusan teknik elektro, diantaranya; ITB, ITS, Undip, dan lain sebagainya.

 

5. Akuntan atau Auditor

Gambar: cohenbuckmann.com

 

 

Salah satu jurusan bidang ekonomi yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa PTS maupun PTN adalah akuntansi. Bisa dipastikan, jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan, yang salah satunya adalah profesi akuntan atau auditor. Setiap perusahaan bahkan semua perusahaan membutuhkan tenaga pekerja akuntan atau auditor untuk mengurus keuangan perusahaan. Akuntan atau auditor itu tidak sama dengan finance. Finance sekedar mengurusi kegiatan catat mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan dalam skala kecil.  Sedangkan, akuntan atau auditor melakukan proses catat mencatat keuangan perusahaan secara keseluruhan, meliputi; menghitung laba rugi keuangan perusahaan, menghitung pajak, tutup buku, dan sebagainya. Buat kamu yang sedang mencari kampus dengan jurusan akuntasi bisa ditemukan di Universitas Trisakti, Trisakti School of Management, Universitas Esa Unggul, dan masih ada banyak lagi.

 

6. Petroleum Geologist

Gambar: komangsugianti.blogspot.co.id

 

 

Petroleum Geologist atau yang bisa disebut sebagai ilmuan geologi adalah bagian dari eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, logam, serta mineral. Sebagai seorang ilmuan geologi, pekerjaannya dilakukan di lapangan, yakni di sebuah pertambangan. Tugas dan tanggung jawabnya bukan saja mengeksplorasi dan memproduksi minyak, gas, logam, dan mineral. Tapi seorang ilmuan geologi juga mengambil peran dalam melakukan kegiatan penelitian dan riset. Pada umumnya pekerjaan ini digeluti oleh kaum laki-laki. Soal gaji tidak perlu dipertanyakan lagi ya! Hitung-hitung gajinya sangat besar. Berbagai industri atau perusahaan swasta maupun Pemerintah membutuhkan banyak tenaga pekerja yang ahli di bidang geologi, seperti; perusahaan Pertamina, dll. Profesi ini hanya di peruntukan bagi lulusan teknologi. Adapun perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan fakultas atau jurusan teknik geologi, yaitu; Universitas Padjajaran (Unpad), Sekolah Tinggi Teknik Nasional, UPN Veteran Yogyakarta, dll.

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *