Langkah-langkah Mempersiapkan Diri untuk Masuk Ke Perguruan Tinggi

Hal terpenting bagi siswa SMA / SMK kelas 12 sehabis lulus sekolah ialah memilih perguruan tinggi dan jurusan, bahkan ada beberapa yang sebelum lulus sudah menentukan mau kuliah dimana dan jurusan apa. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang perlu kamu terapkan ketika masuk ke tahap masuk perguruan tinggi. Sudahkah kamu mempersiapkannya? Berikut ada beberapa langkah yang bisa membantu mempersiapkan diri masuk ke jenjang perguruan tinggi!

 

1. Kenali minat, bakat dan kemampuan

 

Sumber: www.isigood.com

 

Sehabis lulus SMA / SMK kamu punya banyak waktu untuk menentukan kira-kira habis lulus mau kuliah dimana dengan jurusan apa. Sebelum masuk ke perguruan tinggi awali dengan perkenalan minat dan kemampuanmu. Cari tahu kira-kira kamu minatnya ke mana dan kemampuanmu seperti apa sih. Ini bisa terlihat dari kehidupan dan aktivitas harianmu Kok. Selanjutnya apa yang mesti kamu lakukan?

 

– Komunikasikan dengan orangtua atau guru

 

Sumber: www.dokter.id

 

Jalin komunikasi dengan orangtua atau gurumu. Lakukan konsultasi jurusan kuliah apa yang cocok dengan kamu. Ceritakan pada mereka tentang minat dan kemampuan apa saja yang kamu miliki. Berdasarkan ceritamu, mereka bisa mengarahkan kamu untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Selain itu, minta pendapat mereka kira-kira perguruan tinggi mana yang bagus.

 

– Ikut Psikotes

Sumber: latihan-psikotes.blogspot.co.id

 

Jika, masih ada yang mengganjal dipikiranmu lakukan pilihan kedua yaitu ikutan psikotes tidak ada salahnya kok. Psikotes merupakan salah satu kegiatan untuk menguji minat, kemampuan, keterampilan, kepribadian, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional. Soal psikotes terbagi menjadi beberapa bagian, antaranya; soal logika matematika, soal penalaran, dan lain sebagainya. Dari hasil psikotes tersebut bisa diketahui apa kelebihan dan kekuranganmu, kamu orangnya seperti apa, pekerjaan atau jurusan kuliah yang cocok untukmu apa, dll. Bagaimana sih cara mengikuti psikotes? Pada umumnya, psikotes bisa diikutsertakan di biro psikologi.

 

– Mengikuti Try Out masuk Perguruan Tinggi

 

Sumber: news.okezone.com

 

Selanjutnya, untuk menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi, kamu dapat mengikuti Try Out yang diadakan oleh pihak sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya seperti Try Out SBMPTN atau Try Out Ujian Mandiri. Try Out ini gunanya untuk mengukur seberapa besar kemampuan kamu dalam menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi nantinya. Dari hasilnya bisa kelihatan kira-kira kamu berhasil atau gak masuk ke perguruan tinggi beserta dengan jurusan pilihanmu.

 

2. Cari informasi mengenai perguruan tinggi

 

Sumber: www.accessify.com

 

Tidak ketinggalan perguruan tinggi beserta program studinya perlu kamu ketahui juga loh. Sebelum mempertimbangkan secara matang cari tahu perguruan tinggi beserta program studi apa saja yang tepat dan terbaik untuk kamu pilih bisa dilihat dari akreditasi program studi, reputasinya, di kampus tersebut fasilitasnya lengkap atau tidak, berapa jumlah alumni atau mahasiswa yang telah mendapatkan pekerjaan, lingkungan sekitarnya bersih atau tidak, dan sistem pembelajarannya seperti apa.

 

Sumber: public.tableau.com

 

Mengenai pemilihan program studi, pasti bingung dong kira-kira program studi apa yang banyak diminati dan bagaimana prospek kerjanya sehabis lulus kuliah. Perihal sederhana ini bisa kamu cari tahu sendiri di internet atau di masing-masing perguruan tinggi.

 

3. Kenali macam-macam seleksi masuk perguruan tinggi

Mendaftarkan diri masuk ke perguruan tinggi merupakan cara pertama sebelum kamu sah menjadi mahasiswa. Sebelumnya kenali dulu macam-macam seleski masuk perguruan tinggi yang terdiri dari:

 

 – Seleksi masuk PTN

 

Sumber: danperbedaan.blogspot.co.id

 

Masuk PTN terbagi lagi menjadi beberapa pilihan seleksi masuk, yakni; SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, PMDKPN, dll. Dari sekian banyak seleksi masuk PTN, yang paling terkenal di kalangan calon mahasiswa adalah SNMPTN dan SBMPTN. Berdasarkan Ristek Dikti pada tahun 2017 ada 101.906 calon mahasiswa yang berhasil lulus SNMPTN dari 517.166 peserta. Sementara calon mahasiswa yang berhasil lulus SBMPTN 2017 sebanyak 148.066 dari 797.738 peserta.

Baca juga: Begini Loh Solusi Sederhana Belajar dengan Cepat!

 

 Berikut alur pendaftaran seleksi masuk PTN:

 

Sumber: sbmptn.ac.id

 

 – Seleksi masuk PTS

 

Sumber: www.infoonline.web.id

 

Keputusan terakhir calom mahasiswa yang gagal masuk PTN apalagi kalau bukan mendaftar ke PTS. Seleksi masuk PTS terdiri dari; jalur prestasi, jalur tes tertulis, jalur PMDK, dll. Sebenarnya jenis seleksi masuk PTS tergantung kebijakan masing-masing PTS. Untuk pendaftaran calon mahasiswa PTS bisa dilakukan secara online di website resmi perguruan tinggi tujuan atau langsung datang ke kampusnya.

 

4. Persiapkan dana kuliah

Kuliah zaman sekarang membutuhkan dana yang cukup besar. Kiranya mempersiapkan dana untuk biaya kuliah tak kalah penting. Bagaimana caranya?

 

– Cari tahu berapa biaya kuliah yang harus disiapkan

 

Sumber: id.linkedin.com

 

Dana kuliah sangat diperlukan untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi baik PTN maupun PTS. Setelah kamu tahu mau kuliah dimana dengan jurusan apa, langkah selanjutnya ialah cari tahu biaya kuliah yang perlu kamu siapkan. Yang terdiri dari uang pangkal, biaya uang kuliah tunggal yang ditentukan berdasarkan kemampuan keuangan orangtua calon mahasiswa (biasanya kampus negeri), biaya per SKS atau per semester, dan biaya lain-lainnya. Misalnya, kamu pengen kuliah di PTS A dengan jurusan Teknik Informatika uang pangkalnya sebesar Rp 25 Jt, uang per semesternya Rp 9 Jt, dan biaya lain-lainnya sebesar Rp 2 Jt. Setelah ditotal kamu harus mempersiapkan biaya sebesar Rp 36 Jt.

 

– Cari dan manfaatkan kesempatan program beasiswa

 

Sumber: www.binadarma.ac.id

 

Memang biaya pendidikan dari tahun ke tahun semakin mahal. Gak perlu khawatir. Kamu masih tetap bisa kuliah walaupun gak ada biaya. Salah satu alternatifnya adalah cari dan manfaatkan kesempatan meraih program beasiswa. Setiap hari, minggu, bulan, bahkan setiap tahunnya banyak program beasiswa menarik yang ditawarkan untuk calon mahasiswa, di antaranya; beasiswa LPDP, beasiswa Bidikmisi, beasiswa dari organisasi atau perusahaan, serta beasiswa dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Selain memanfaatkan program beasiswa, kamu bisa mencari dana pinjaman pendidikan dari bank atau investasi jangka panjang ataupun jangka pendek.

 

5.  Persiapkan mental sebelum masuk ke dunia kuliah
 – Cobalah belajar mandiri

 

Sumber: magazine.job-like.com

 

Dunia kuliah tidak sama dengan waktu kamu masih sekolah dulu. Kalau sekolah kamu masih bisa manja dan tergantung sama orang lain, saat memasuki dunia kuliah kamu harus hidup serba mandiri. Mulai dari cari perguruan tinggi dan jurusan, mandiri mengatur waktu, mulai mencari pekerjaan demi membiayai hidup, menjalin dan memperbanyak relasi, menyelesaikan masalah sendiri, dan lain sebagainya.

 

– Carilah kost-kostan

 

Sumber: mamikos.com

 

Dalam satu kampus gak mungkin semua mahasiswanya berasal dari daerah itu sendiri, bahkan ada yang harus merantau demi kuliah di perguruan tinggi incarannya. Ngekost merupakan alternatif paling tepat bagi mahasiswa perantauan atau yang rumahnya jauh dari kampus. Hal yang harus diperhatikan ketika memilih tempat kost yakni; lokasinya dekat kampus, punya fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu, lingkungan sekitar yang bersih, aman, dan nyaman, serta harga yang terjangkau. Untuk mencari tempat kost terbaik, kamu bisa cari di Mamikos.com atau download aplikasi Mamikos di Play Store atau App Store.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

– Ikuti banyak aktivitas di dalam maupun di luar kampus

 

Sumber: www.kompasiana.com

 

Banyak persaingan ketat yang akan kamu alami ketika sudah menjadi mahasiswa. Setiap mahasiswa dituntut untuk memiliki berbagai pengetahuan luas, menjalin banyak relasi, memiliki pengalaman bekerja dan organisasi yang bisa kamu tonjolkan saat nanti masuk ke dunia kerja. Selama kuliah banyak-banyaklah membaca, pelajari hal-hal baru, ikuti berbagai kegiatan di kampus maupun luar kampus seperti BEM, seminar, UKM, kursus, dan organisasi.

Buat kalian yang sedang cari info-info perguruan tinggi, kalian bisa lihat infonya di www.edumor.com/university. Dan untuk melihat update terbaru 100 Perguruan Tinggi Non Politeknik dan 25 Perguruan Tinggi Politeknik Terbaik di Indonesia 2017, kalian bisa lihat infonya di www.edumor.com/share/100-besar-perguruan-tinggi-non-politeknik-dan-25-besar-perguruan-tinggi-politeknik-di-indonesia-tahun-2017

Sumber:

1.  Buku dengan judul Direktori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2017 penerbit Kompas Pedia.

2. https://www.ristekdikti.go.id/101-906-siswa-lulus-snmptn-2017/

3. https://www.ristekdikti.go.id/148-066-peserta-lulus-sbmptn-2017-2/

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *