5 Tips Agar Anak Mudah Bangun Pagi Ke Sekolah

Membangunkan anak untuk pergi ke sekolah saat pagi hari memang hal susah-susah gampang. Tidak jarang pula anda perlu bersabar untuk membangunkan anak. Membuat anak bangun di pagi hari memang merupakan tantangan tersendiri. Terlebih anak-anak perlu untuk bangun pagi agar tidak terlambat ke sekolah. Lantas, bagaimana cara untuk membangunkan anak untuk pergi ke sekolah? Berikut tips agar anak mudah bangun pagi.

 

1. Disiplin dalam jam tidur

Gambar : unsplash.com

 

Anak yang bersekolah membutuhkan waktu tidur yang cukup agar dapat bangun pagi. Jangan biarkan anak begadang atau tidur terlalu larut malam. Buatlah jadwal agar anak dapat tidur lebih cepat. Biasakan anak agar mematuhi jadwal tersebut sehingga ia tidak akan terlambat untuk tidur. Jika anak disiplin dan memiliki waktu tidur cukup, maka anak akan lebih mudah bangun pagi. Selain itu, anak yang tidur cukup akan bisa bangun lebih segar dan siap pergi ke sekolah.

 

2. Menggunakan alarm dengan nada yang unik

Gambar : unsplash.com

 

Bangun di pagi hari memang terkadang menjadi sangat menyebalkan. Apalagi jika nada alarm yang cukup menganggu dan merusak mood pada pagi hari. Agar anak dapat lebih mudah dan ceria saat bangun pagi, tidak ada salahnya jika anda memakai alarm dengan nada yang unik. Contohnya, menggunakan lagu favorit anak untuk membangunkannya saat tidur. Ganti nada alarm di ponsel anda dengan lagu anak yang ceria, sehingga anak akan lebih mudah bangun sambil mendengarkan lagu kesukaannya.

 

3. Memberikan sarapan favorit anak

Gambar : unsplash.com

 

Cara membuat anak mudah bangun pagi ialah dengan memberikan sarapan favorit bagi anak. Memberikan sarapan yang disukainya akan membuatnya semangat untuk bangun pagi. Katakan padanya semalam sebelumnya bahwa besok pagi dia akan diberikan sarapan istimewa. Lalu, di pagi harinya anda dapat membangunkannya dengan berkata bahwa anda telah memasak makanan kesukaannya. Siapa yang tidak akan tertarik dengan sarapan lezat di pagi hari?

 

4. Ajak berolahraga kecil selama 5 menit

Gambar : unsplash.com

 

Terkadang, sisa kantuk saat bangun tidur membuat anak menjadi malas untuk beranjak dari kasur. Bahkan, bisa jadi karena sisa kantuk tersebut anak menjadi enggan untuk bangun dan hal ini membuatnya terlambat ke sekolah. Oleh karena itu, agar anak lebih segar di pagi hari, ajaklah anak berolahraga kecil saat bangun tidur. Seperti, menggerak-gerakkan lengan, kepala, dan kaki. Membuat gerakan senam kecil untuk menyegarkan badan juga dapat dilakukan. Olahraga kecil ini cukup dilakukan selama lima menit untuk menghilangkan rasa kantuk dan menyegarkan badan.

 

5. Berikan pujian pada anak

Gambar : unsplash.com

 

Janganlah lupa untuk memberi pujian ketika mereka dapat bangun pagi. Pujian bagi anak dapat membuatnya bersemangat dan terpacu untuk selalu bangun pagi. Katakanlah hal-hal sederhana seperti memujinya dengan sebutan ‘anak pintar’ atau ‘anak rajin’ karena telah berhasil bangun pagi. Beri pula pelukan yang hangat untuk menunjukkan rasa sayang anda kepadanya.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *