Antar Sendiri ke Sekolah atau Pakai Jemputan Sekolah?

Saat ini, begitu banyak transportasi yang tersedia untuk pergi ke sekolah. Bisa menggunakan angkutan umum bahkan transportasi online. Di beberapa kota pun sudah ada pemerintah yang menyediakan bus sekolah untuk anak. Mudahnya transportasi dengan beragam pilihan tersedia memudahkan anak untuk berangkat sekolah. Namun, untuk anak berusia TK hingga awal Sekolah Dasar tentunya tidak dapat dilepas sendiri untuk naik kendaraan.

Solusi untuk masalah antar jemput anak sekolah yang masih kecil ada dua macam, bisa dengan menggunakan jemputan sekolah atau mengantar sendiri. Mungkin para orangtua sering dihadapkan pada pertanyaan, lebih baik antar sendiri atau memakai jemputan sekolah? Keduanya memang dapat menjadi pilihan dan setiap pilihan pasti memiliki pertimbangan tersendiri. Simak artikel berikut mengenai kelebihan dan kekurangan ulasan kedua pilihan tersebut!

 

Antar sendiri ke sekolah

Kelebihan :
1. Anak jadi lebih terpantau dan terlindungi

Gambar : unsplash.com

 

Mengantar sendiri anak ke sekolah membuat orangtua lebih mudah untuk memantau dan melindungi anak. Sebab orangtua akan bertemu langsung dengan anak saat masuk dan pulang sekolah. Terlebih saat ini tengah marak kejahatan anak. Mulai dari penculikan, kekerasan pada anak, dan sebagainya. Modus kejahatan pada anak juga seringkali terjadi saat anak pulang sekolah. Para penjahat tersebut mengincar anak yang baru pulang sekolah dan membujuk anak agar mau ikut dengan mereka. Jika anak diantar pulang dan pergi ke sekolah bersama orangtua, hal ini dapat diminimalisasi. Sehingga, anak akan aman saat pulang dan pergi sekolah.

2. Membangun kedekatan anak dan orangtua

Gambar : unsplash.com

 

Sering menjemput dan mengantar anak pergi ke sekolah dapat menjadi salah satu ajang untuk membangun kedekatan antara orangtua dan anak. Anda dapat bertanya pada anak mengenai kesehariannya saat pulang sekolah. Anda juga dapat menyemangati mereka saat mengantar menuju gerbang sekolah. Hal-hal kecil seperti ini dapat merekatkan hubungan orangtua dan anak. Saling berbagai cerita, memberikan salam dan melambaikan tangan kepada anak merupakan hal yang sederhana namun berdampak besar bagi si kecil.

 

3. Menjalin kedekatan dengan orangtua murid lainnya

Gambar : unsplash.com

 

Mengantar anak sekolah dapat menjadi pintu untuk berkenalan dengan orangtua murid lain yang juga mengantar putra-putrinya. Anda dapat bercengkrama dan bertukar cerita dengan orangtua murid lainnya. Membangun relasi yang baik memudahkan anda untuk mendapatkan informasi mengenai sekolah. Selain itu, anda dapat menambah lingkaran pertemanan dengan orangtua murid lain. Bisa jadi dengan saling berkenalan, akan membuka pintu rezeki. Siapa tahu, orangtua murid lain dapat menjadi rekanan bisnis Anda, iya kan?

 

Kekurangan
1. Akan banyak pengeluaran yang tidak terduga

Gambar : unsplash.com

 

Mengantar dan menjemput anak terkadang membuat banyak pengeluaran lain yang tidak terduga. Contohnya, ketika pulang sekolah, anak merengek untuk minta dibelikan sesuatu. Bisa juga setelah pulang sekolah, Anda dan anak pergi makan bersama di sebuah rumah makan. Hal ini memang tidak mengapa jika dilakukan sesekali. Namun, jika dilakukan sering, maka bisa jadi hal tersebut dapat menghabiskan kocek Anda. Cara mengatasi hal ini ialah dengan bersikap disiplin terhadap anak dan diri sendiri. Tekankan pada diri bahwa tidak boleh ada pengeluaran lain selain dari pengeluaran mengantar jemput anak sekolah, seperti bensin atau ongkos kendaraan umum.

 

Jemputan Sekolah
1. Anak bersosialisasi dengan teman-teman satu jemputan

Gambar : unsplash.com

 

Menggunakan jemputan ke sekolah membuat anak berkenalan dengan teman lainnya. Hal ini akan membantu dirinya untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Anak yang telah terbiasa berbaur dengan lingkungan tidak akan merasa canggung dan lebih percaya diri. Dengan memakai mobil jemputan, maka anak juga akan terlatih untuk lebih mandiri karena tidak selalu ditemani oleh orangtua.

2. Tidak mengeluarkan pengeluaran lebih selain membayar jemputan

Gambar : unsplash.com

 

Salah satu keuntungan menggunakan jemputan sekolah ialah Anda tidak perlu lagi merogoh kocek lebih untuk pengeluaran lainnya. Dengan menggunakan jemputan, anak tidak akan jajan di luar karena mereka akan langsung diantar ke rumah saat pulang sekolah. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk jajan atau makan di luar rumah. Keuangan keluarga pun akan lebih mudah dikontrol jika tidak ada pengeluaran yang tidak terduga. Lebih hemat bukan?

 

3. Ada yang mengawasi ketika orangtua tidak sempat mengantar jemput anak

Gambar : unsplash.com

 

Memakai jemputan sekolah merupakan hal yang dapat digunakan terutama bagi orangtua yang bekerja. Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana mengantar dan menjemput anak ke sekolah, sebab sudah ada jemputan sekolah. Anak pun akan dapat diawasi oleh supir jemputan, karena mereka bertanggung jawab pula atas keselamatan dan keamanan anak. Biasanya, supir jemputan akan selalu memantau anak anda untuk memastikan keberadaan mereka sepulang sekolah untuk diantar pulang ke rumah. Jalinlah komunikasi yang baik dengan supir jemputan anak, agar anda dapat mengetahui kondisinya sekalipun anda tidak dapat mengantar jemput mereka.

 

Kekurangan :
1. Waktu anak akan habis di jalan

Gambar : unsplash.com

 

Kekurangan menggunakan mobil jemputan sekolah ialah waktu anak akan habis terbuang di perjalanan. Apalagi bagi anak yang rumahnya paling jauh dibandingkan dengan anak lainnya dalam jemputan tersebut. Sebab, bisa saja anak menjadi yang paling pertama dijemput, kemudian menjadi yang paling terakhir diantarkan pulang. Hal ini dapat menyebabkan anak terlalu lelah karena harus bangun pagi sekali untuk dijemput dan telat pulang sampai ke rumah.

Bagaimana? Apakah sudah menentukan pilihan apakah ingin menggunakan jemputan atau mengantar ke sekolah sendiri? Kedua pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semuanya bisa menjadi pilihan yang tepat tergantung dari kebutuhan anda dan sang anak.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *