7 Cara Menghilangkan Kecanduan Gadget Pada Anak

Saat ini kehidupan kita sudah tidak bisa terlepas dari teknologi. Gadget pun seakan menjadi teman untuk beraktivitas sehari-hari. Penggunaan gadget yang tepat memang akan sangat membantu kita. Namun, jika salah menggunakannya bahkan sampai kecanduan, justru inilah yang berbahaya. Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun rentan kecanduan gadget. Terlebih, saat ini telah banyak permainan dan tontonan yang disajikan melalui gadget secara online.

Sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik, termasuk juga kecanduan gadget pada anak. Untuk mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget dibutuhkan trik tersendiri. Berikut ialah 7 cara menghilangkan kecanduan gadget pada anak!

 

1. Memberikan jadwal

Gambar : unsplash.com

Membatasi waktu anak menggunakan gadget merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Berikanlah anak jadwal pada pukul berapa ia dapat menggunakan gadget. Sebaiknya, izinkanlah anak menggunakan gadget setelah ia selesai belajar atau mengerjakan tugas sekolahnya. Batasi juga waktu penggunaan gadget hanya dengan beberapa jam saja. Jadwal menggunakan gadget ini juga harus disiplin dilakukan agar anak terbiasa dan dapat menghilangkan kecanduan terhadap gadget.

 

2. Mencari permainan alternatif

Gambar : unsplash.com

 

Biasanya, anak memainkan gadgetnya untuk bermain game atau menonton video. Agar anak tidak terlalu kecanduan bermain game maka anda perlu mencarikan permainan alternatif lainnya. Ajaklah ia bermain berbagai permainan yang mengasah otaknya seperti puzzle, membangun balok, dan sebagainya. Kegiatan permainan di luar rumah yang membutuhkan aktivitas fisik juga dapat dilakukan. Misalkan, bersepeda, bermain sepakbola, dan kegiatan lainnya. Dengan demikian, perhatian anak akan teralih dari gadget mereka. Permainan seperti ini juga membantu pengembangan otak dan gerak motorik anak.

 

3. Memperbanyak waktu bersama anak

Gambar : unsplash.com

 

Anak yang kecanduan bermain gadget dapat diakibatkan dari kurangnya perhatian orangtua terhadap anak. Oleh karena itu, orangtua perlu memperbanyak waktu bersama anak. Ajaklah mereka bercengkrama dan bercerita mengenai kejadian yang ada di sekolah maupun di sekitarnya. Berilah perhatian yang maksimal dan jangan acuhkan mereka. Perhatian lebih dari orangtua membuat anak merasa memiliki teman di rumah, sehingga anak akan cenderung memilih menghabiskan waktu bersama orangtuanya dibandingkan bermain gadget.

4. Membiarkan anak bermain atau berkegiatan di luar rumah

Gambar : unsplash.com

 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, salah satu cara menghilangkan kecanduan anak dengan gadget ialah memberikan anak bermain atau berkegiatan di luar. Ajaklah anak anda untuk mengikuti klub hobi kesukaannya. Sehingga, anak akan memiliki kegiatan lain yang membuatnya lupa dengan gadget. Mendalami hobi dengan cara bergabung di klub dapat mengembangkan potensi anak. Selain itu, anak juga akan belajar bersosialisasi dengan teman sebaya dan menambah lingkaran pertemanan mereka.

 

5. Membatasi akses anak terhadap gadget

Gambar : unsplash.com

 

Anak yang sudah kecanduan gadget perlu diberikan batasan. Sebagai orangtua, anda wajib membatasi akses gadget terhadap anak. Misalkan, jangan memberikan mereka gadget pribadi yang dapat mereka gunakan sepanjang waktu. Buatlah aturan bawah anak hanya boleh menggunakan gadget jika diizinkan oleh orangtua. Anak yang tidak memiliki akses penuh terhadap gadget akan membuat mereka terbiasa untuk hidup tanpa benda tersebut. Batasi juga penggunaan internet di rumah dari anak dengan cara tidak memberikan password wifi di rumah kepada anak. Sebab dengan penggunaan internet yang minim, dapat mencegah anak agar tidak selalu terpaku dengan bermain gadget.

 

6. Menjadi contoh yang baik

Gambar : unsplash.com

 

Orangtua tentu tidak cukup hanya menyuruh anak untuk mengurangi bermain dengan gadget. Namun, orangtua juga perlu menjadi contoh yang baik bagi anak. Anda pun perlu untuk tidak terlihat selalu bermain gadget saat di depan anak. Sebab, jika anda sendiri pun sudah kecanduan dengan gadget, anak akan sulit untuk ikut mengurangi kemauan mereka untuk terus bermain gadget.

7. Berikan pemahaman

Gambar : unsplash.com

 

Memberikan pengertian bagi anak mengenai manfaat mengurangi gadget pun tidak ada salahnya. Jika anak diberikan pemahaman mengenai hal tersebut, mereka akan belajar dan mengerti mengapa mereka perlu mengurangi ketergantungan dengan gadgetnya. Terlebih, anak yang masih berusia dini akan lebih mudah untuk diberikan nasihat dan pemahaman. Pada masa tersebut pun merupakan masa yang emas untuk menanamkan nilai-nilai yang baik terhadap anak.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *