Begini Loh Solusi Sederhana Belajar dengan Cepat!

Apa kamu termasuk orang yang sedang mengalami kesulitan belajar? Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan belajar dan itu merupakan hal yang wajar-wajar. Ada beberapa faktor mengapa seseorang mengalami kesulitan belakar, diantaranya; kurang fokus, sulit berkonsentrasi, sedang banyak pikiran, kurang motivasi belajar, dan lain sebagainya. Pada nyatanya masalah kesulitan belajar bisa dihadapi secara mandiri. Kamu pengen bisa belajar dengan cepat? Begini loh solusi sederhananya!

 

1. Diskusi

Gambar: afahrurroji.net

 

 

Belajar dengan cara menyenangkan tidak harus belajar sendiri. Bagi kamu termasuk orang yang susah banget belajar sendiri atau paling gak suka belajar sendiri, ajak teman diskusi bareng. Mantapkan kapan mau belajar, jam berapa belajarnya, dan materi apa aja yang mau di pelajari. Jadi pas ketemu tinggal bahas bareng-bareng materi yang sudah dipersiapkan tadi. Tidak ketinggalan proses tanya jawab juga diperlukan. Materi-materi yang udah kamu diskusikan tadi, jangan lupa dipelajarin ulang. Karena mereview merupakan satu hal terpenting dalam suatu proses pembelajaran. Setelah itu tarik semua kesimpulan materi yang sudah kamu pelajari tadi.

 

2. Memulailah dengan hal kecil

Gambar: dizzy-doll.blogspot.co.id

 

 

Supaya gak kesulitan belajar kamu bisa memulai dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Hal kecil yang mudah dilakukan dan dipahami. Siapkan sebuah buku atau selembar kertas beserta bulpen. Lalu, rangkum materi tersebut. Untuk mempermudah membuat suatu rangkuman materi ada triknya nih! Pertama, kamu bisa rangkum materi dengan menjelaskannya ke dalam bentuk diagram sembarang. Yang kedua, buat mind map terhadap satu bagian yang akan kamu jelaskan secara singkat, jelas, dan padat. Ketiga, kalau mau lebih mudah lagi, kamu bisa buat rangkuman pakai sticky note yang ditempel dibuku, dinding, atau laptopmu dengan catatan warna stickynya kalau bisa berbeda-beda, dan masih ada banyak cara lagi.

 

3. Ubah Cara berpikir

Gambar: persisalamin.com

 

 

Jika selama ini cara berpikirmu masih cetek, kamu harus ubah cara berpikirmu. Gunakan cara berpikir yang lebih sederhana atau lebih luas. Misalnya, kamu selalu berpikir bahwa apa yang kamu pelajari itu gak akan ada hasilnya. Ubah pikiranmu bahwa kamu bisa belajar dengan sungguh-sungguh dan hasilnya nanti tidak akan sia-sia. Jika otak terus ditanam pikiran yang positif, hasilnya pun tidak akan jauh berbeda. Sama dengan halnya kamu berpikir negatif. Orang yang selalu berpikir negatif tanpa berusaha terlebih dahulu maka dijamin tidak membuahkan apa-apa. Satu hal yang pasti belajar itu harus belajar cerdas bukan belajar keras, sama halnya dengan orang bekerja. Namanya proses belajar kadang kala berhasil, kadang gagal. Itu hal yang wajar. Yang terpenting tetap berusaha dan tingkatkan minat belajarmu.

Baca juga: 4 Perbedaan Kerja dengan Kuliah Sehabis Lulus SMA / SMK. Mana yang Kamu Pilih?

 

4. Pelajari banyak hal khususnya materi pembelajaran dalam waktu yang berbeda

Gambar: favim.com

 

 

Salah satu solusi lain untuk belajar dengan cepat ialah pelajari banyak hal. Artinya dalam satu hari tidak hanya belajar satu materi saja. Habis pulang sekolah atau kuliah sekitar 1 jam kamu persiapkan dulu kira-kira mata pelajar atau mata kuliah apa yang kamu anggap paling gampang untuk dipelajari duluan. Selanjutnya pelajari mata pelajaran atau mata kuliah yang serasa susah dalam kurun waktu 2 jam. Ingatlah jangan belajar lebih dari satu materi dalam waktu yang bersamaan. Sebenarnya sih belajar itu gak cuman materi di sekolah atau kampus, di luar itu bisa kamu pelajari juga. Semisalkan belajar sesuatu berdasarkan hobi dan minatmu. Karena yang namanya pengen jadi orang sukses di kemudian hari, belajar banyak hal sudah jadi kewajiban. Mau itu yang kamu sukai atau gak kamu sukai, kamu bisa atau gak bisa tetep harus dipelajari. Gak mungkin dong sehari-hari belajarnya itu-itu mulu. Kapan mau maju kalau belajarnya cuma satu hal doang? Tanpa kamu sadari, segala sesuatu yang ada di sekitarmu bisa jadi bahan belajarmu.

 

5. Belajar dengan mencatat melalui tulisan tangan lebih berfaedah

Gambar: life.idntimes.com

 

 

Semenjak kehadirannya teknologi canggih semuanya serba cepat dan serba mudah. Dengan teknologi yang sudah ada seperti laptop, mayoritas masyarakat lebih sering belajar dengan menngetik melalui laptop ketimbang menulis dengan tulisan tangan. Faktanya, belajar dengan mencatat melalui tulisan tangan lebih berfaedah. Seperti yang dilansir di Youthmanual, seorang psikolog bernama Daniel Oppenheime yang mengatakan bahwa pabila seseorang membuat sebuah catatan dengan tulisan tangan hasilnya orang tersebut jauh lebih fokus serta cepat memahami isi dari tulisan yang ia buat.

 

6. Uji dirimu

Gambar: cariinfo702.blogspot.co.id

 

 

Apa selanjutnya yang harus kamu lakukan setelah belajar selain mereviewnya kembali? Kamu bisa coba cara belajar ala Alabert Einstein dan cara yang banyak orang lakukan untuk belajar.  Albert Einstein kalau belajar beliau selalu membuat soal sendiri lalu dijawab sendiri. Banyaklah yang kayak gitu pasti. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk belajar dengan cepat adalah menjelaskan semua yang telah kamu pelajari. Misalnya, hari ini kamu belajar tentang sejarah kerjaan Majapahit. Jelaskan pada orang-orang terdekatmu tentang bagaimana sejarah kerjaaan Majapahit.  Berdasarkan penelitian, jika kamu belajar bukan hanya menghafal mati-matian tapi sembari uji dirimu maka dalam waktu seminggu berikutnya kamu masih bisa ingat lebih dari 50% materi yang pernah kamu pelajari.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

7. Buat daftar mana materi yang mudah, mana materi yang susah

Gambar: weheartit.com

Untuk mempermudahmu belajar, sebaiknya buat daftar pembelajar. Dimana isinya mengenai daftar materi mana aja yang kamu anggap mudah untuk dipelajari dan mana yang kamu anggap susah. Buat daftar secara terpisah, jangan digabung semua. Contohnya; kertas A daftar materi belajar yang kamu anggap mudah. Sedangkan kertas B adalah daftar materi belajar yang kamu anggap susah. Daftar tersebut gunanya biar kamu bisa menentukan mana dulu yang harus kamu pelajarin dan mana yang belajarnya belakangan. Antara belajar materi yang gampang dengan yang susah kasih jeda istirahat 30 menit sampai 1 jam. Baru lanjutin lagi dengan menghafal sambil dipahami atau mempraktekkannya dengan mengerjakan soal-soal latihan.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Begini Loh Solusi Sederhana Belajar dengan Cepat!

  1. tambahan min, dalam belajar sebaiknya menanamkan konsep pemaksaan diri dalam menerima materi.. hihii bisa untuk meningkatkan hasil dari proses beljar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *