4 Perbedaan Kerja dengan Kuliah Sehabis Lulus SMA / SMK. Mana yang Kamu Pilih?

Bagi kamu yang tahun depan mau lulus SMA / SMK atau waktu lulusnya masih lama, udah dipikirin belum kira-kira kalau lulus mau lanjut kemana, kerja dulu ataukah lanjut kuliah? Pasti bingung ya? Kerja dulu atau lanjut kuliah sebenarnya sama-sama pilihan yang tepat. Namun bisa dikondisikan sesuai dengan kemampuan keuangan. Kalau ada dana buat lanjut kuliah, ya kenapa gak. Tidak sedikit yang memilih langsung kerja sehabis lulus sekolah daripada lanjut kuliah. Sebelum menentukan habis lulus SMA / SMK mau kemana, lebih baik pertimbangkan dulu perbedaan antara kerja dengan kuliah sehabis lulus nanti.

 

Kerja dulu sehabis lulus SMA / SMK
1. Sudah memiliki penghasilan sendiri

Gambar: economy.okezone.com

 

 

Bekerja habis lulus SMA / SMK menjadi pilihan terbaik bagi sebagian anak muda. Alasannya kerja itu enak tinggal duduk diem sambil ngerjain kerjaannya. Udah deh tiap bulan dapet gaji. Emang sih gaji lulusan SMA / SMK tidak setara dengan lulusan Diploma atau Sarjana yang gajinya terbilang lebih besar. Paling-paling gaji lulusan SMA tidak lebih dari Rp 3 Jt per bulan. Tapi lumayanlah udah dapet penghasilan sendiri.

 

2. Mampu hidup mandiri secara financial

Gambar: creativeparentingways.blogspot.co.id

 

 

Keunggulan bekerja apalagi kalau bukan mampu hidup mandiri secara financial. Gaji yang kamu terima per bulannya bisa kamu pergunakan sesuka hati. Entah itu buat makan, buat biaya transport, dan sebagainya. Ada kebanggaan tersendiri sih kalau udah punya penghasilan sendiri. Apa-apa gak tergantung lagi sama orangtua. Kalau ada rencana mau kuliah sambil kerja gak usah mikirin dana lagi. Lumayanlah hitung-hitung meringankan beban orangtua karena gak selamanya orangtua membiayai hidup kita. Ingat, pas gajian sisihkan 10%-20%  buat orangtuamu!

 

3. Jenis profesi terbatas

Gambar: makassar.tribunnews.com

 

 

Sayangnya jenis profesi yang ditawarkan oleh setiap perusahaan bagi lulusan SMA / SMK masih terbatas. Zaman sekarang perusahaan lebih banyak dan lebih tertarik sama calon karyawan lulusan Diploma atau Sarjana. Kalau kamu perhatiin di beberapa lowongan kerja yang tersebar di media cetak atau internet pasti lebih banyak yang cari lulusan minimal Diploma. Itupun lulusan SMA / SMK  jenis pekerjaannya yang tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus seperti kasir, SPG / SPB, customer service, dll.

 

4. Jenjang karir tidak sebaik lulusan Diploma / Sarjana

Gambar: www.tupperware.co.id

 

 

Dalam dunia kerja persaingan semakin ketat antar karyawan dalam memperebutkan gelar siapa karyawan terbaik dan saling berebut naik pangkat. Modal ijazah saja tidak cukup loh! Wawasan dan kemampuan luas adalah modal utama seseorang memasuki dunia kerja. Jikalau kamu terlalu memaksakan diri untuk kerja sehabis lulus SMA / SMK, sayangnya jenjang karirmu tidak akan sebaik lulusan Diploma atau Sarjana. Akan ada kesulitan bagi kamu untuk naik pangkat.

Baca juga: Pengen Kuliah Di Jepang? Ini Info Beasiswa Kuliah di Jepang Periode 2017/2018

 

Kuliah sehabis lulus SMA / SMK
1. Beban hidup semakin bertambah

Gambar: www.andumhumor.com

 

 

Lain hal dengan yang lebih memilih lanjut kuliah. Bedanya disini, beban hidupmu jadi semakin bertambah. Setiap bulannya kamu harus nguras banyak uang. Bukan hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan hidupmu, tapi kamu harus menambah pengeluaran untuk dana pendidikanmu. Setiap tahunnya biaya pendidikan perguruan tinggi semakin mahal. Dengan biaya yang terbilang mahal belum tentu keuanganmu atau orangtuamu mencukupi pengeluaran lain-lainnya. Beda kalau yang kuliah dapat beasiswa. Otomatis kamu gak perlu lagi mikirin bayaran uang kuliah. Tapi begitu prestasi akademikmu menurun, mau gak mau beasiswa harus dicabut.

 

2. Masih tergantung Orangtua

Gambar: www.wokeeh.com

 

 

Ini berlaku yang kuliah tanpa bekerja. Anak kuliah tanpa bekerja pada umumnya masih mengandalkan uang orangtua. Gak punya kebebasan buat mengeluarkan uang. Kalau ada kebutuhan mendesak harus minta uang orangtua terlebih dahulu. Belum lagi orangtuamu harus susah payah cari uang demi menafkahi biaya hidupmu. Makanya kids zaman know (bukan anak kecil ya, hanya sebutan yang lagi ngetrend) hidupnya gak jelas, misalnya; pacaran minta uang orangtua, nongkrong ama temen pake uang orangtua.  Supaya kamu gak tergantung lagi sama orangtua, sebisa mungkin habis lulus SMA / SMK kuliah sambil kerja. Kuliah sambil kerja itu keren loh!

 

3. Jenis pekerjaan tidak terbatas

Gambar: www.lifehacker.com.au

 

 

Kelebihan kalau habis lulus SMA / SMK  lanjut kuliah, di masa mendatang kamu bisa dapet pekerjaan yang tidak terbatas. Tidak terbatas dalam arti lapangan kerjanya luas. Bidang apapun itu bisa kamu lakoni, entah itu sesuai jurusanmu waktu kuliah atau malah gak sesuai jurusan. Kebanyakan sih yang kerja itu gak sesuai dengan jurusan waktu kuliah, tergantung rejekinya masing-masing. Seperti yang sudah dikasih tahu tadi bahwa perusahaan itu jauh lebih tertarik dengan lulusan modal ijazah Diploma atau Sarjana daripada sekedar ijazah SMA / SMK.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

4. Jenjang karir lebih jelas

Gambar: 4life-4transferfactor.com

 

 

Dengan modal ijazah Diploma atau Sarjana bukan sekedar jenis profesi tidak terbatas saja yang bakal kamu dapatkan, tapi kamu bisa memperoleh jenjang karir yang lebih jelas di kemudian hari. Bagus tidaknya jenjang karir seseorang tergantung diri masing-masing. Asalkan rajin dan bekerja keras pasti bisa mencapai jenjang karir yang lebih baik.

Mau kerja dulu atau langsung kuliah sehabis lulus SMA / SMK memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan anda ditanganmu. Kalau bingung, tanya dulu sama hatimu. Baru deh ikuti apa kata hatimu tadi.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *