Kuliah Sambil Bekerja dengan Program Kelas Karyawan, Apa sih Keunggulannya?

Kuliah sambil kerja? Napa gak? Justru bagus dong kalau bisa kuliah sambil kerja. Kamu bisa lebih mandiri, gak tergantung lagi sama orangtua untuk mendanai biaya pendidikanmu. Hitung-hitung membahagiakan kedua orangtuamu secara perlahan. Bagi kamu yang berniat kuliah tapi sedang bekerja, kuliah dengan program kelas karyawan bisa jadi pilihan terbaikmu. Memang apa dan bagaimana sih keunggulan kalau kuliah program kelas karyawan? Dari pada penasaran, yuk simak artikel di bawah ini:

 

1. Jadwal kuliah gak bentrok dengan jadwal kerja

Gambar: ayokuliah.id

 

 

Kuliah kelas karyawan jauh lebih menguntungkan loh! Pertama, jadwal kuliahmu gak mungkin bentrok dengan jadwal kerjamu. Jadwal kuliah kelas karyawan biasanya di sore atau malam hari sehabis jam pulang kerja. Tapi ada juga beberapa perguruan tinggi yang jadwal kuliah kelas karyawan di hari Sabtu dan Minggu. Sementara, kalau kamu berkeinginan kuliah kelas reguler sambil bekerja, sesuaikan dulu jadwal kerja dengan jadwal kuliahmu biar gak bentrok.

 

2. Bisa lulus dengan waktu yang lebih cepat (khusus yang sebelumnya sudah pernah kuliah)

Gambar: beritacenter.com

 

 

Hal ini kebanyakan berlaku untuk mahasiswa yang sebelum-sebelumnya sudah pernah kuliah hanya sebatas sampai D3 saja. Kebanyakan perusahaan zaman sekarang menuntut setiap karyawannya memiliki gelar minimal S1. Jika ada karyawan yang belum sarjana alias masih Diploma, mereka mau tidak mau harus kuliah lagi demi mempertahankan pekerjaannya. Kelas karyawan adalah pilihan paling terbaik. Setidaknya hanya butuh waktu minimal 1 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana. Coba perhatikan deh di kelas karyawan pasti rata-rata isinya mahasiswa yang dulunya udah pernah kuliah cuman belum sampai sarjana!

 

3. Ada kemudahan ketika KKN

Gambar: webblogkkn.unsyiah.ac.id

 

 

Nah, pada saat semester 6 atau semester menjelang skripsi kamu diberi kewajiban melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatannya semacam magang. KKN ngapain sih? Kamu harus melakukan kegiatan penelitian sekaligus meriset suatu perusahaan. Nantinya hasil penelitianmu dibuatkan ke dalam bentuk laporan kerja seperti skripsi. Hal seperti ini bukan lagi masalah melainkan keuntungan bagi mahasiswa kelas karyawan. Dikarenakan mereka gak perlu cari perusahaan untuk KKN. Tinggal pake aja perusahaannya. Lain halnya dengan mahasiswa kelas reguler. Pada saat KKN, mereka dituntut untuk mencari sendiri perusahaan atau dimasukkan ke perusahaan yang menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi tersebut. Ada juga loh perguruan tinggi yang mentransfer mahasiswanya KKN ke luar kota bahkan ke plosok daerah. Kalau udah punya pekerjaan mau KKN juga gampang kan?

Baca juga: 8 Fakta Menarik Mengenai Batik sebagai Warisan Budaya Lokal

 

4. Berjumpa banyak relasi dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda

Gambar: p2k.um-surabaya.ac.id

 

 

Seperti yang sudah dikatakan diawal, kuliah kelas karyawan diperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Semasa perkuliahan kamu akan berjumpa banyak relasi dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda. Dalam kondisi inilah kamu bisa berkenalan untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan belajar hal-hal baru dari mereka. Sewaktu-waktu kamu pasti butuh mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

5. Kegiatan perkuliahan lebih sedikit dan jarang ada tugas

Gambar: www.finansialku.com

 

 

Apa sih enaknya kuliah kelas karyawan? Itu pertanyaan paling utama. Kegiatan perkuliahannya gak sepadat kalau kamu kuliah di kelas reguler kok. Kelas karyawan punya waktu kuliah yang lebih sedikit. Kira-kira dalam sehari kamu cuma belajar 1 atau 2 mata kuliah. Namun, bagi yang kuliah kelas karyawan di hari Sabtu dan Minggu, waktu kuliahnya sama seperti kelas reguler dari pagi sampai sore. Rata-rata mahasiswa kelas karyawan belajarnya santai banget deh. Gimana gak santai, tugas aja jarang dikasih karena dosennya masih tahu diri. Daripada kuliah kelas reguler, udah mata kuliahnya banyak, tugas pun ikutan banyak. Pokoknya kuliah kelas reguler udah kayak orang kerja rodi.

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Kuliah Sambil Bekerja dengan Program Kelas Karyawan, Apa sih Keunggulannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *