8 Fakta Menarik Mengenai Batik sebagai Warisan Budaya Lokal

Pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai hari batik nasional. Dimana hari tersebut merupakan penetapan keputusan bahwa batik merupakan warisan budaya lokal milik Indonesia. Warisan budaya seperti ini sudah sepatut kita lestarikan sebagai bentuk sikap cinta tanah air Indonesia. Simak yuk, beberapa fakta menarik mengenai batik sebagai warisan budaya lokal!

 

1. Asal usul batik

Gambar: www.redduckpost.com

 

 

Kamu tahu gak nama batik itu dari mana? Asal usul nama batik berasal dari dua kata bahasa Jawa, yaitu; Amba dan tik. Amba memiliki arti dalam bahasa Indonesia adalah menulis. Sedangkan, tik diartikan sebagai titik kecil. Jadi dulunya disebut ambatik dan sekarang disebut dengan batik yang berarti menulis sebuah karya seni berbentuk titik kecil dengan menggunakan media kain berwarna putih. Sejak 2 Oktober 2009, batik dinyatakan sebagaiĀ  warisan kebudayaan lokal yang mendunia oleh UNESCO sekaligus ditetapkannya sebagai hari batik nasional. Batik sendiri telah diperkenalkan pada dunia oleh Presiden ke 2 Republik Indonesia, Bapak Soeharto yang kala itu sedang mengenakan pakaian batik dalam kehadirannya di sebuah acara Konferensi Perserikatan Bangsa-bangsa.

 

2. Zaman DuluĀ  kegiatan membatik sebagai mata pencarian kaum wanita Jawa

Gambar: www.batikair.com

 

 

Batik memiliki ciri khas yang unik sehingga sampai sekarang ini batik banyak diminati oleh berbagai masyarakat, mulai dari masyarakat asal Indonesia sampai masyarakat asing. Kepopulerannya pun juga tak kalah mendunia dengan warisan budaya lokal lainnya. Zaman dulu kegiatan membatik sebagai mata pencariannya kaum wanita Jawa. Seiring perkembangan waktu hingga sampai sekarang ini tidak hanya kaum wanita saja yang melakukan kegiatan membatik, melainkan kaum laki-laki sudah banyak yang membatik.

 

3. Terdapat 2 jenis corak batik

Gambar: www.batiksemarang.com

 

 

Terdapat 2 jenis corak batik, yang meliputi batik dengan corak tradisional dan corak modern. Corak-corak batik tidak selalu berasal dari Jawa tapi ada ada beragam corak batik lainnya seperti corak Bali, corak Aceh, corak Bengkulu, corak Betawi, dan masih ada banyak lagi. Kebanyakan batik dengan corak tradisional biasanya dipergunakan oleh mayoritas bangsawan seperti keluarga kerajaaan. Harga batik sangat bervariasi. Itu tergantung dengan corak dan proses pembuatannya. Semakin coraknya banyak dan susah pembuatannya, harganya pun semakin mahal. Batik juga terbagi ke dalam 3 jenis dilihat dari cara pembuatan, antaranya; batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Diantara 3 jenis batik yang ada, batik tulislah yang paling mahal harga jualnya.

 

4. Pengakuan batik milik Indonesia

Gambar: www.batiklatarbiru.com

 

 

Sebelum batik di akui sebagai warisan budaya lokal yang mendunia, pihak UNESCO perlu melakukan proses pengakuan batik dalam kurun waktu 3 tahun. Pada waktu itu banyak pertentangan mengenai pengakuan kepemilikan batik dari berbagai negara UNESCO, yang salah satunya negara Malaysia yang pernah mengaku-mengaku bahwa batik adalah milik negara itu sendiri. Dan pada akhirnya, batik berhasil diakui kepemilikannya sebagai milik Indonesia.

Baca juga: 8 Kota di Indonesia yang Banyak diincar Mahasiswa untuk Menuntut Ilmu

 

5. Tokoh dunia pun ikut mencintai batik

Gambar: rona.metrotvnews.com

 

 

Tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang cinta akan batik, bahwasannya tokoh dunia sekalipun ikut mencintai batik. Buktinya banyak kok tokoh-tokoh dunia yang sering mengenakan pakaian batik seperti; mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Nelson Mandela si mantan Presiden Afrika selatan sekaligus seorang tokoh perdamaian dunia paling berpengaruh, dll.

 

6. Dulu batik belum dijadikan baju

Gambar: juragancipir.com

 

 

Oh ya, kain batik dulu belum dijadikan baju oleh masyarakat. Dulu kain batik digunakan masyarakat sebagai media untuk menggendong anak dan bahkan digunakan oleh wanita jawa sebagai penutup betis. Kalau sekarang kain batik sudah diolah oleh pabrik atau pengrajin ke dalam bentuk baju, rok, celana, sepatu, tas, dll.

 

7. Devisa Indonesia bertambah berkat batik

Gambar: www.klikberita.co.id

 

Indonesia merupakan sebuah negara di bagian Asia Tenggara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Gak heran sih kenapa dulu Indonesia menjadi salah satu negara yang paling diincar oleh penjajah. Ada 6 sumber dana devisa yang didapatkan oleh Indonesia, yaitu; penyelenggaraan jasa, ekspor impor, pariwisata, batuan luar negeri, pinjaman luar negeri, serta pendapatan investasi. Yang paling menarik perhatian sumber devisa Indonesia ialah kegiatan ekspor impornya, yang salah satunya kegiatan ekspor batik. Berkat kegiatan ekspor batik ke beberapa negara bagian, devisa Indonesia semakin bertambah. Ada 4 negara bagian ekspor batik indonesia, meliputi; Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan yang terakhir ada Amerika. Total keseluruhan dana devisa yang diberikan oleh keempat negara tersebut untuk Indonesia sekitar Rp 2 triliun pada tahun 2015.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

8. Sering diselenggarakannya festival batik dan menjadi trend fashion dunia

Gambar: wisatahiburan.com

 

 

Bangga gak sih kita sebagai warga negara Indonesia punya warisan lokal yang mendunia seperti batik? Pastinya harus bangga dong. Untuk melestarikan budaya batik sebagai miliki Indonesia, tentunya kamu disarankan untuk mengenakan pakaian batik setiap hari Jumat atau pada saat hari batik nasional. Maka dari itu hampir seluruh sekolah-sekolah di Indonesia mewajibkan siswanya mengenakan batik setiap hari Jumat. Sebagai bentuk pelestarian karya seni Indonesia, di beberapa daerah sering diselenggarakan sebuah acara festival batik. Tidak hanya itu sih. Batik juga telah menjadi trend fashion yang mendunia. Banyak fashion desainner kenamaan Indonesia maupun luar negeri memanfaatkan kain batik sebagai bahan rancangan pakaian yang akan dipergunakan oleh model-modelnya di suatu acara penting, seperti fashion show.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, sudahkah kamu melestarikan warisan Budaya Indonesia?

 

Baca juga

Share this!

One thought on “8 Fakta Menarik Mengenai Batik sebagai Warisan Budaya Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *