8 Kota di Indonesia yang Banyak diincar Mahasiswa untuk Menuntut Ilmu

Masuk ke sebuah perguruan tinggi sampai harus meninggalkan kota tempat tinggalnya adalah sebuah pilihan. Tak sedikit calon mahasiswa yang lebih memilih merantau untuk lanjut menuntut ilmu ketimbang di daerahya sendiri. Banyak kampus-kampus di Indonesia yang memiliki mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Kota-kota di Indonesia apa aja sih yang banyak diincar oleh mahasiswa?

 

1. Jakarta

Gambar: hoteldekatkampus.com

 

 

Jakarta merupakan kota di Indonesia yang paling padat penduduknya dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia.  Kota Jakarta memiliki taraf hidup yang baik, semuanya serba ada, dll. Gak heran sih kenapa banyak masyarakat yang merantau ke Jakarta untuk tinggal, bekerja, ataupun kuliah. Memang biaya hidup di Jakarta Mahal. Biaya sekolah dan kuliah juga termasuk mahal sih sebenarnya. Perguruan tinggi Jakarta baik swasta maupun negeri incarannya mahasiswa seperti: Universitas Tarnumangera, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, dan lain sebagainya.

 

2. Yogyakarta

Sumber: www.info-jogja.com

 

 

Siapa gak tahu dengan kota berikutnya yang memiliki ciri khas makanan tradisional bernama gudeg serta Kraton Kesultanan Yogyakarta. Yap Kota Yogyakarta tepatnya. Dari tahun ke tahun Yogyakarta sebagai salah satu kota yang paling diincar oleh banyak calon mahasiswa. Kota Yogyakarta sendiri dicap sebagai pusatnya pengembangan pendidikan. Biaya hidup dan kuliahnya terbilang murah. Pas lah buat kantong ukuran mahasiswa. Keistimewaan kota Yogyakarta terletak pada argi wisata yang unik dan menarik, surganya para seniman,  memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas, dan unsur budaya yang masih kental sampai sekarang ini. Perguruan tinggi berkualitasnya, antara lain: Universitas Mercu Buana Yogyakarta,  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta,  Institut Sains & Teknologi Akprind, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pokoknya masih ada banyak lagi deh.

 

3. Bandung

Gambar: uisi.ac.id

 

 

Beberapa perguruan tinggi terbaik wilayah kota Bandung adalah Institut Teknologi Bandung, Univeristas Padjajaran, Universitas Kristen Maranatha, dan masih ada banyak lagi loh! Buat tinggal Bandung juga nyaman, udaranya sejuk seperti di puncak. Apa sih alasannya banyak mahasiswa yang milih kuliah di Bandung? Soalnya Bandung memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas, mencetak orang-orang kreatif buktinya banyak kuliner unik, masyarakatnya idealis dan berani mengeksplor diri, biaya hidupnya termasuk murah, dan lumayan bisa cuci mata karena banyak yang ganteng dan cantik-cantik.

 

4. Solo

Gambar: arsitektur.ums.ac.id

 

 

Solo juga tidak kalah saing dengan Yogyakarta sehingga masuk dalam daftar kota Indonesia incarannya para calon mahasiswa dari penjuru Indonesia. Lokasinya berada di Jawa Tengah, diampit antara kota Malang dengan Yogyakarta. Masyarakatnya pun selalu menerapkan adat istiadat sopan santun terhadap sesama masyarakat setempat maupun masyarakat yang berasal dari luar kota Solo, saling terbuka antar masyarakat, biaya hidupnya juga murah. Beberapa universitas andalannya seperti Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dll.

Baca juga: 6 Kampus di Indonesia dengan Biaya Kuliah Murah

 

5. Malang

Gambar: www.hipwee.com

 

 

Indonesia bagian Jawa Timur yakni kota Malang gak ada bedanya dengan kota-kota lain yang menjadi incaran para calon mahasiswa.  Bagi kamu yang suka foto ala-ala instagrammable, di kota Malang banyak banget spot-spot menariknya , mulai dari tempat wisata hingga tempat nongkrong dengan desain yang cukup menarik. Soal menuntut ilmu, perguruan-perguruan tinggi kota Malang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya kota Malang menyediakan perguruan tinggi bonafit seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, dll.

 

6. Surabaya

Gambar: forumartekum.blogspot.co.id/2012/06/

 

 

Kota di Indonesia berikutnya ialah Surabaya. Kota ini terkenal dengan perguruan tinggi berkualitas atau bonafit, meliputi; Institut Sepuluh Nopember, Universitas 17 Agustus 1945, University of Surabaya, STIE Perbanas Surabaya, dll. Makanya gak heran banyak pendatang khususnya mahasiswa yang berbondong-bondong untuk studi disana. Bagi para pencinta kuliner, kota Surabaya juga termasuk surga dunianya makanan loh!

 

7. Makassar

Gambar: nasional.tempo.co

 

 

Makassar ialah sebuah kota di daerah Sulawesi Selatan yang masuk sebagai kota terbesar di wilayah Indonesia bagian Timur. Di kitab Negerakertagama dikatakan bahwa Makassar merupakan salah satu daerah yang pernah ditaklukan pada zaman Majapahit oleh kerjaan Majapahit sendiri. Begitu juga soal pendidikannya. Makassar telah menjadi salah satu daerah incarannya mahasiswa untuk menuntut ilmu di wilayah Sulawesi. Perguruan tinggi andalannya ialah Universitas Hasanuddin, Universitas Atmajaya Makassar, Universitas Teknologi Makassar, dll.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

8. Padang

Gambar: ipk.sinarharapan.co

 

 

Yang terakhir ada daerah Padang, Sumatera Barat. Padang yang identik dengan makanan padangnya memiliki beberapa perguruan tinggi terbaik incaran nmahasiswa Indonesia seperti Universitas Andalas, Politeknik Andalas, Universitas Negeri Padang, dll. Perguruan tinggi di kota Padang bisa menjadi alternatifmu dalam memilih perguruan tinggi yang berada di wilayah pulau Sumatera.

Dari sekian kota yang telah disebutkan tadi, kira-kira mana nih kota incaranmu?

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *