6 Kampus di Indonesia dengan Biaya Kuliah Murah

Pendidikan memang membutuhkan dana yang cukup besar, apalagi kalau masuk ke perguruan tinggi butuh dana yang lebih besar lagi. Belum tentu semua orang bisa mendanai biaya pendidikannya sendiri. Walaupun kondisi keuangan gak memungkinkan untuk lanjut kuliah dengan alasan biayanya mahal, tapi buktinya masih ada kok beberapa kampus yang masih memiliki biaya kuliah murah dan terjangkau. Kira-kira apa ya? Penasaran kan? Yuk, disimak kampus-kampus di Indonesia dengan biaya kuliah murah!

 

 

1. Universitas Pelita Bangsa

Gambar: blog.mamikos.com

 

 

Universitas Pelita Bangsa merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di kawasan Cikarang, tepatnya di Jalan Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Ada 3 instansi pendidikan yang disediakan oleh Universitas Pelita Bangsa, yakni: Sekolah Tinggi Ilmu manajemen dengan jenjang S1 Manajemen dan D3 Akuntansi, Sekolah Tinggi Teknologi dengan jenjang S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Arsitektur, dan S1 Teknik Lingkungan, serta Sekolah Tinggi Agama islam dengan menyediakan jenjang S1 Ekonomi Syariah. Untuk ukuran perguruan tinggi swasta, Universitas Pelita Bangsa menyediakan biaya pendidikan yang bisa dibilang murah. Uang semesterannya Rp 400 rb sampai Rp 500 rb per bulan saja. Bahkan, Universitas ini sama sekali tidak memungut biaya gedung alias gratis. Tapi tetap dikenakan biaya administrasi pendidikan sebesar Rp 2 jt hanya sekali bayar.

Klik disini untuk mengujungi situs resmi Universitas Pelita Bangsa!

 

2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

Gambar: stiemahardhikasite.wordpress.com

 

 

Sekarang kita beralih ke kota Surabaya, Jawa Timur. Kota yang identik dengan sebutan arek-arek suroboyo ini juga tak kalah saingnya dengan daerah-daerah lain yang menyediakan perguruan tinggi dengan biaya pendidikan murah, salah satunya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika. Kamu tahu gak sih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika? Cukup terkenal kok di daerah Surabaya. Sekolah tinggi ini didirikan sejak tahun 1981 dengan mengusung konsep pembelajaran “Problem and Project Based Learning”. Seluruh mahasiswa diberikan ilmu entrepreneurship agar menjadi mahasiswa yang memiliki jiwa kreatif dan selalu berinovasi dalam menciptakan produk maupun strategi bisnis. Penasaran berapa biaya kuliahnya? Uang semesternya sekitar Rp 150 rb sampai Rp 350 per bulan (pembayaran dilakukan sebanyak 42 bulan) untuk jenjang S1 Akuntansi dan Manajemen. Sementara S2 Magister Manajemen dikenakan biaya kuliah total sekitar Rp 13 jt untuk kelas reguler. Untuk kelas khusus dikenakan biaya kuliah total sekitar Rp 19 Jt. Kampusnya berada di  Jalan Raya Wisata Menanggal nomor. 42A, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur.

Klik disini untuk mengunjungi situs resmi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika!

 

3. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Gambar: www.edumor.com

 

 

Selain Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika, di surabaya masih ada Universitas 17 Agustus 1945 dengan biaya pendidikan yang murah. Perguruan tinggi ini menyediakan 3 program studi, ada sarjana, magister, dan dokter. Dan terdiri dari 6 Fakultas yaitu: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, dan Fakultas Hukum. Universitas 17 Agustus 1945 lumayan menarik buat para calon mahasiswa. Pasalnya, universitas ini menyediakan layanan masyarakat, layanan karier berupa konsultasi pekerjaan dan ada lowongan kerjaanya juga, ada program magang, serta menyediakan program beasiswa. Biaya semester yang mesti kamu keluarkan sekitar Rp 350 rb sampai 500 rb per bulan dengan biaya pengembangan pendidikan sekitar Rp 4 jt sampai 6. 5 jt (hanya dibayar 1x).

Klik disini untuk mengunjungi situs resmi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya!
Baca juga: Pemilihan Laptop Berdasarkan Jurusan Kuliah

 

4. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kumala

Gambar: www.penerimaancalonmahasiswabaru.com

 

 

Bagi kamu yang punya cita-cita pengen jadi guru atau bekerja dibidang pendidikan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kumala bisa jadi salah satu alternatifmu. Hanya dengan uang sekitar Rp 125 rb sampai Rp 400 rb per bulan kamu sudah bisa kuliah disini dengan program studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S1 Pendidikan Ekonomi. Info menariknya, kamu bisa mengikuti program beasiswa dikti atau beasiswa lembaga dan foundation. Oh ya, kampusnya berada di Jalan Kenanga nomor 1, Mulyojati 16 C, Metro Barat, Lampung.

Klik disini untuk mengunjungi situs resmi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kumala!

 

5. Universitas Selamat Sri

Gambar: uniss.ac.id/2016/06/

 

 

Universitas yang berada di kota khas Gudeg, Yogyakarta, Jawa Tengah beralamatkan Jalan Sukarno Hatta KM 03 Kendal Jateng, mengenakan biaya operasional pendidikan sekitar Rp 250 rb per bulan. Sementara biaya semesternya sekitar Rp 150 rb per semester (1 semester ada 6 bulan). Ketika awal masuk kuliah, kamu akan dikenakan total biaya sekitar Rp 1 jt. Woww, murah banget kan? Universitas Selama Sri juga menyediakan 6 Fakutas dengan 12 program studi jenjang S1. Fakultasnya ada Fakultas Tenik dan Rekayasa, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Untuk program studinya sendiri ada Akuntasi, Manajemen, Perencanaan Wilayah dan Kota, DKV, dan masih ada banyak lagi deh pokoknya.

Klik disini untuk mengunjungi situs resmi Universitas Selamat Sri!

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Universitas Indraprasta PGRI

Gambar: kuliah-sabtu-minggu.com

 

 

Kampus ini ada di 2 lokasi, satu di Tanjung Barat, Jakarta Selatan dan satunya lagi ada di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Universitas Indraprasta PGRI membagi kelas perkuliah menjadi kelas reguler dan kelas sore. Kelas reguler dikenakan biaya semester sebesar Rp 15o rb per bulan dengan biaya pengembangan pendidikan sebesar Rp 1.750 jt (hanya dibayar 1x). Sementara bagi kamu yang berkeinginan kuliah sore, kamu akan dikenakan biaya semester sebesar Rp 180 rb per bulan dengan biaya pengembangan pendidikan sebesar Rp 2 jt (hanya dibayar 1x). Biaya tersebut sudah termasuk biaya SKS, ujian, dan kegiatan praktek untuk jenjang S1. Kalau jenjang S2 kelas reguler dikenakan biaya semester sebesar Rp 2.250 jt dengan biaya pengembangan sebesar Rp 3.6 jt. Untuk jenjang S2 kelas sore dikenakan biaya semester sebesar Rp 2.5 jt dengan biaya pengembangan pendidikan sebesar Rp 3.6 jt sudah termasuk biaya sks, ujian, dan biaya kegiatan praktek. Di Universitas Indraprasta PGRI sendiri menyediakan fakultas FIPPS, FTMIPA, FBS, dan FPS.

Klik disini untuk mengunjungi situs resmi Univeristas Indraprasta PGRI!

 

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *