Pada Usia Berapakah Orangtua Boleh Memberikan Gadget Pribadi untuk Anak?

Zaman sudah beralih menjadi zaman modern. Bahkan dunia sudah diselimuti dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Tak heran banyak orangtua zaman sekarang yang sudah memberikan gadget pribadi pada anak-anaknya padahal mereka masih dalam usia yang masih terlalu dini. Sebenarnya bolehkah orangtua memberikan gadget pribadi sejak anak usia dini? Lalu, pada usia berapakah orangtua sudah boleh memberikan gadget pribadi untuk anak-anaknya? Simak artikelnya di bawah ini!

 

 1. Usia 9 tahun sudah boleh diberikan gadget pribadi tanpa akses internet
Gambar: www.sarangsemut.my.id

 

 

Kalau dipikir-pikir orangtua zaman sekarang banyak yang sudah memberikan gadget pribadi untuk anak mereka padahal usia si anak masih terlalu dini. Anak yang masih dalam usia terlalu dini belum layak menggunakan gadget pribadi karena mereka belum mengerti apa sih fungsi dan bahaya pemakaian gadget. Anak yang masih dalam usia terlalu dini sebaiknya jangan bermain gadget pribadi dulu. Seperti yang dilansir di Viva.co.id, Menurut Kristin Langer waktu pemberian gadget pribadi pada anak sebaiknya dilakukan secara bertahap. Tahap pertama anak baru boleh diberikan gadget pribadi pada usia 9 tahun tanpa adanya akses internet. Jadi gadget tersebut hanya digunakan oleh si anak hanya sebatas nelpon dan SMS.

Baca juga: 6 Manfaat Mendongeng Bagi Anak

 

2. Anak Usia  11 tahun  boleh punya gadget pribadi dengan akses Internet

Gambar: gayahidup.republika.co.id

 

 

Usia ideal lainnya menurut Kristen Langer adalah usia 11 tahun. Pemberian gadget pada anak usia 11 tahun berbeda pada anak usia 9 tahun. Kalau anak usia 9 tahun diberikan gadget tanpa adanya akses internet, lain halnya dengan anak usia 11 tahun. Si anak yang berusia 11 tahun sudah boleh diberikan gadget pribadi dengan akses internet karena pada usia 11 tahun merupakan usia yang ideal bagi anak untuk mengenal dunia maya. Tapi ingatlah, walaupun anak sudah diperbolehkan mengenal dunia maya, bebaskanlah mereka dari akses internet yang dapat menjerumus pada pornografi.

Cari sekolah untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

3. Menurut Bill Gate usia yang paling ideal adalah 14 tahun

Gambar: www.viva.co.id

 

 

Tidak asing lagi kalau udah mendengar nama Bill Gates. Anda tahu Bill Gate kan? Beliau ini seorang ahli teknologi sekaligus salah satu penemu Microsoft. Beliau beserta istrinya sangatlah tegas dalam memberikan gadget pada anak-anaknya. Menurutnya, anak baru boleh diberikan gadget pribadi pada usia 14 tahun. Beberapa peneliti lain juga mengungkapkan bahwa anak yang masih terlalu dini sudah diberikan gadget pribadi oleh orangtunya dapat menyebabkan efek yang sangat buruk. Bill Gate berserta istrinya tidak hanya melarang penggunaan gadget pada anaknya sebelum usia 14 tahun, tapi mereka memberlakukan aturan bahwa kalau sedang makan tidak boleh sambil membawa gadget, dan selalu memberikan batasan waktu berapa lama anak-anaknya boleh bermain gadget.

Sudah paham kan parents berapa usia yang ideal memberikan gadget pribadi untuk anak? Walaupun anak yang dalam usia terlalu dini sudah menggunakan gadget pribadi, melarang saja tidak cukup. Anda harus memberikan aturan tegas terhadap penggunaan gadget pada si anak. Ketika anak bermain gadget, pengawasan bukan hanya dilakukan dengan duduk di belakang atau di samping anak anda, melainkan perhatikan apa yang sedang dibuka oleh anak anda. Supaya lebih aman lagi, anda bisa menggunakan aplikasi pemantauan penggunaan gadget anak.

Baca juga

Share this!

One thought on “Pada Usia Berapakah Orangtua Boleh Memberikan Gadget Pribadi untuk Anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *