6 Situs Menarik Bagi Kamu yang Ingin Belajar Coding

Seluruh bidang pekerjaan semakin berkembang pesat semenjak kehadiran teknologi canggih. Teknologi sangat membantu manusia ketika sedang melakukan pekerjaan yang mudah sampai pekerjaan yang sulit sekalipun, termasuk sebagai sarana pembelajaran coding. Coding merupakan pengkodean yang digunakan untuk membuat sebuah program berbasis web, aplikasi, ataupun game. Ngoding itu gak mudah loh! Kamu harus tahu betul cara-cara menulis pengkodean berdasarkan bahasa pemrograman yang digunakan. Belajar coding bisa dilakukan oleh siapa saja kok, baik itu pemula, menengah, sampai yang sudah profesional sekalipun juga bisa belajar. Untuk kamu yang mau belajar coding dari level dasar hingga yang paling susah, kamu bisa mengunjungi situs-situs berikut ini:

 

1. W3schools.com

Gambar: en.wikipedia.org

 

 

W3schools.com merupakan situs pertama yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana pembelajaran coding. Ada beranekaragam bahasa pemograman, seperti: HTML, CSS, Bootstrap, Javascript, SQL, PHP, XML, dan masih ada banyak lagi. Pilih bahasa pemogramannya dulu, baru bisa coba ngoding di kolom halaman yang tersedia. Jika ada kode pemrograman yang salah, maka sistem akan menandai kode tersebut dengan warna merah. Untuk membantumu menulis kode pemrograman, W3school.com menyediakan paduan yang berisikan fungsi masing-masing kode pemrograman. Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat. Sayangnya, sertifikatnya gak gratis.

 

2. Code Combat

Gambar: monteneyelearning.org

 

 

Main game sambil ngoding, mang bisa? Cuman di Code Combat kamu bisa main game sambil belajar ngoding loh! Code combat merupakan situs game untuk belajar pemrograman dengan cara yang sangat menyenangkan. Kamu harus login dulu menggunakan Facebook atau Google+. Setelah itu masukan usernamemu, baru pilih permainnya. Jangan lupa pilih avatar dan bahasa pemrogramannya juga, ada Phyton dan Javascript. Mainnya gampang kok. Kamu cuman disuruh menggerakan avatarannya dengan mengetik kode pemrograman yang telah kamu pilih tadi. Kalau mau periksa codinganmu benar apa salah, pilih submit. Bisa dilihat kalau gerakan avatarnya ngaco berarti ada yang salah dengan codinganmu. Setelah berhasil melewati permainan, kamu bisa lanjut ke level berikutnya atau ganti permainan.

 

3. Thecodeplayer.com

Gambar: snoozepost.com

 

 

Kali ini sedikit berbeda dari situs belajar pemrograman lainnya. Thecodeplayer.com situs yang menyediakan media pembelajaran pemrograman Javascript, HTML5, CSS3, dan lain sebagainya dalam bentuk video tutorial. Tinggal pilih aja mana video yang pengen kamu pelajarin. Kecepatan videonya pun bisa kamu atur sesuai keinginanmu. Hasil jadinya bisa kamu lihat juga di video tersebut. Tambahan nih, situs ini bisa kamu subscribe dengan cara memasukkan alamat emailmu yang tertera di kolom subscribe sebelah pojok kanan atas. Setiap hari akan ada banyak video tutorial yang dikirimkan ke emailmu.

Baca juga: Urutan 7 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2017 Versi Menristekdikti

 

4. Codesaya.com

Gambar: rocketmanajemen.com

 

 

Codesaya.com merupakan sebuah portal yang diciptakan untuk belajar coding khususnya Phyton, Javascript, PHP, dan Git. Sebelum bergabung kamu harus daftar dulu secara gratis. Ada 2 tempat belajar, belajar dengan masuk kelas sesuai bahasa pemrograman yang kamu inginkan, atau masuk ke suatu komunitas yang terdiri dari forum diskusi tanya jawab atau masuk ke group-group yang berisikan sekelompok orang yang memiliki keinginan belajar yang sama denganmu. Adapun fitur-fitur latihan soal coding. Tugasmu hanya memasukan kode pemrograman sesuai bahasa pemrograman pilihanmu. Kalau ada kode yang salah kamu gak bisa lanjut ke latihan selanjutnya.

 

5. Codecademy.com

Gambar: www.underconsideration.com

 

 

 

Situs belajar coding yang paling populer ialah Codecademy. Codecademy merupakan situs belajar coding dengan menggunakan media interaktif online. Sebanyak 12 bahasa pemrograman bisa kamu pelajari,  yakni: SQL, HTML, CSS, PHP, Phyton, Javascript, dan masih ada banyak lagi. Enaknya belajar coding disini, kamu bisa belajar dan berdiskusi bareng jutaan pengunjung yang telah bergabung. Belajar di Codecademy kayak gimana sih? Sama halnya dengan situs lain, kamu disuruh ngoding sesuai pilihan bahasa pemrogramanmu. Kira-kira kamu harus ngoding sebanyak 13 kali. Di akhir latihan coding kamu bisa tahu berapa presentase skor yang diperoleh.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. GitHub.com

Gambar: justwriteclick.com

 

 

Bukan belajar melalui video tutorial, bukan dengan latihan ngoding, dan bahkan bukan dengan main game sambil ngoding, tapi situs ini hanya menyediakan ebook atau buku eletronik mengenai belajar bahasa pemrograman. Ada 500 ebook yang bisa kamu download secara gratis dan ada 80 bahasa pemrograman yang tersedia di situs ini. Woww banyak banget ya! Kalau diperhatikan situs ini layaknya perpustakaan online loh! Dijamin kamu bakal puas ngunjungi situs ini deh.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Situs Menarik Bagi Kamu yang Ingin Belajar Coding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *