Urutan 7 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2017 Versi Menristekdikti

Guys, keinginan kalian abis lulus SMA / SMK adalah memilih perguruan tinggi beserta jurusannya bukan? Pas pilih perguruan tinggi dijamin kalian pilihnya perguruan tinggi terbaik deh. Karena reputasi perguruan tinggi merupakan yang pertama dan paling utama buat kalian. Terkadang memilih suatu perguruan tinggi dilihat dari reputasinya atas dasar gengsi, bener gak? Yuk, disimak perguruan tinggi terbaik apa aja sih yang ada di Indonesia tahun 2017 berdasarkan Menristekdikti! Sebelumnya edumor akan kasih kamu update info terbaru 100 perguruan tinggi non politeknik terbaik di Indonesia dan 25 perguruan tinggi politeknik terbaik di Indonesia 2017 di https://www.edumor.com/share/100-besar-perguruan-tinggi-non-politeknik-dan-25-besar-perguruan-tinggi-politeknik-di-indonesia-tahun-2017

 

1. Universitas Gajah Mada

Gambar: www.ugm.ac.id

 

 

Tahun 2017 Menristekdikti mengumumkan bahwa Universitas Gajah Mada atau UGM menempati peringkat pertama perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Berdasarkan penilaian perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UGM memperoleh skor rata-rata sebesar 3, 66. Mahasiswa UGM tidak hanya berasal dari Yogyakarta saja. Bahkan ada banyak mahasiswa asingnya loh! UGM merupakan perguruan tinggi world class dan inovatif. Sebanyak 18 fakultas tersedia di UGM,  antaranya; faculty of social science and political science, faculty of agricultural technology, faculty animal science, dan sebagainya. Kampus UGM berlokasi di Bulaksumur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Klik disini untuk melihat informasi Universitas Gajah Mada di edumor.com!

 

2. Institut Teknologi Bandung

Gambar: uisi.ac.id

 

 

Berdasarkan Menristekdikti, perguruan tinggi terbaik di Indonesia selanjutnya ada Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB sangat terkenal di kalang masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bandung.  Kampus ITB berlokasi di Jalan Ganesha nomor 10, Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat. Salah satu tokoh ternama di kawasan Bandung lulusan ITB siapa lagi kalau bukan Ridwan Kamil. Beliau merupakan wali kota Bandung periode 2013-2018 yang pernah menempuh pendidikan di ITB pada tahun 1990-1995 jurusan arsitek. Dalam penilaian perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2017, ITB memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,53 versi Menristekdikti. ITB sendiri menyediakan 3 program pendidikan, yakni; program profesi, program sarjana, dan program pascasarjana.

Klik disini untuk melihat informasi Institut Teknologi Bandung di edumor.com!

 

3. Institut Pertanian Bogor

Gambar: ipb.ac.id

 

 

Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh Pemerintah kota Bogor dan dibangun pada tahun 1963. Di kala itu IPB dibangun dengan maksud untuk mewujudkan mimpi orang-orang akan perguruan tinggi bidang pertanian dan bioteknologi. Pendidikan ITB mencakup ke dalam 4 program pendidikan yang terdiri dari jenjang S1, S2,  Vocational School, serta Bussiness School. Dan fakultasnya ada faculty of agriculture, faculty of veterinary medicine, faculty of fisheries & marine science, faculty of forestry, dll. Berdasarkan Menristekdikti tahun 2017, IPB memperoleh hasil penilaian perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,45. Kampus IPB berlokasi di kota Bogor tepatnya di Jalan Raya Darmaga.

Klik disini untuk melihat informasi Institut Pertanian Bogor di edumor.com!

 

4. Universitas Indonesia

Gambar: video.quipper.com

 

 

Masyarakat Indonesia pasti udah tahulah sama perguruan tinggi yang satu ini. Popularitasnya sangat dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia dan dicap sebagai perguruan tinggi negeri nomor 1 di Indonesia. Namun berdasarkan Menristekdikti, Universitas Indonesia telah dikalahkan oleh Universitas Gajah Mada sebagai perguruan tinggi terbaik nomor 1 di Indonesia. Buktinya tahun 2017 Universitas Indonesia meraih penilaian sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,38. Sementara Universitas Gajah Mada meraih skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,66 versi Menristekdikti. Seperti yang dilansir di style.tribunnews.com, UI masuk ke dalam salah satu perguruan tinggi paling banyak diminati oleh peserta SBMPTN periode 2017  dengan jumlah 92.823 peserta. UI tidak hanya membuka jalur penerimaan calon peserta didik melalui SBMPTN saja, tapi ada jalur lainnya seperti SNMPTN, jalur seleksi masuk (jalur mandiri), dan jalur PPKB.

Klik disini untuk melihat informasi Universitas Indonesia di edumor.com!
Baca juga: 7 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Demi Menjadi Lebih Cerdas dari Biasanya

 

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Gambar: www.its.ac.id

 

 

Salah satu perguruan tinggi negeri bidang teknologi yang tak kalah saing dengan Institut Teknologi Bandung ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Materi pembelajarannya tidak terlepas pada bidang teknik, teknologi, pengetahuan ilmiah, dan penelitian. Hasil penelitian Menristekdikti tahun 2017 menyatakan bahwa Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,23. Bagi yang berminat mendaftarkan diri disini, kamu bisa memilih 8 fakultas yang tersedia yaitu: faculty of mathematics and science, faculty of industrial technology, faculty of civil engineering and planning, faculty of marine techonology, faculty of information technology, faculty of electrical technology, faculty of bussiness adn management techonology, dan fakultas vokasi.

Klik disini untuk melihat informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember di edumor.com!

 

6. Universitas Diponegoro

Gambar: twitter.com

 

 

Berikutnya ada Universitas Diponegoro yang masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2017 versi Menristekdikti. Nah, Universitas Diponegoro ini menyediakan jenjang pendidikan dari S1 hingga S3 loh! Ada S1 dan S2 akuntansi dengan nilai akreditasi A, S1 ekonomi islam dengan nilai akreditasi B, S1 ekonomi pembangunan dengan nilai akreditasi A, S3 ilmu ekonomi dengan nilai akreditasi A, S2 ilmu ekonomi dan studi pembangunan dengan nilai akreditasi A, serta S1 dan S2 manajemen dengan nilai akreditasi A. Selain itu, ada beberapa jurusan yang sudah berakreditasi internasional seperti manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan. Tidak ketinggalan Universitas Diponegoro telah memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,08 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Menristekdikti tahun 2017.

Klik disini untuk melihat informasi Universitas Diponegoro di edumor.com!

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

7. Universitas Airlangga

Gambar: mamikos.com

 

 

Diposisi ketujuh ditempati oleh Universitas Airlangga dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 2,99. Tidak hanya mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan disini. Bahkan ada juga mahasiswa Univeristas Airlangga menyediakan program studi sarjana, program studi magister, program studi doktor, program studi spesialis dan sub spesialis, program studi vokasi, program studi profesi, hingga kelas internasional dan dual degree.

Klik disini untuk melihat informasi Universitas Airlangga di edumor.com!

Sebenarnya masih ada banyak lagi urutan perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2017 versi Menristekdikti. Jangan salah pilihnya!

Sumber: http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2017/08/17/menristekdikti-umumkan-klasterisasi-perguruan-tinggi-tahun-2017/

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Urutan 7 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Tahun 2017 Versi Menristekdikti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *