6 Manfaat Mendongeng Bagi Anak

Mendongeng sudah ada sejak zaman kuno hingga zaman modern seperti saat ini. Aktivitas mendongeng masuk ke dalam salah satu aktivitas seni kuno. Cerita-cerita dongeng bervariasi, ada cerita zaman dahulu yang masih dikenal sampai sekarang seperti gadis berkerudung merah hingga cerita zaman modern. Bisa dibilang tidak sedikit para orangtua yang menerapkan kebiasaan mendongeng bagi anak bayi hingga anak usia sekolah. Biasanya orangtua mendongeng bertujuan sebagai alternatif agar anak cepat terlelap di malam hari. Tapi ada tujuan lainnya sih kenapa orangtua mendongeng. Para orangtua harus tahu loh kira-kira manfaat mendongeng bagi anak apa sih. Simak disini!

 

1. Melatih minat membaca pada anak

Gambar: www.jojotoys.id

 

 

Aktivitas mendongeng bisa menjadi salah satu alternatif bagi para orangtua untuk melatih minat membaca pada anak. Pilihlah buku bacaan yang sesuai dengan usianya. Memilih buku harus teliti dan jeli. Apalagi untuk anak. Terkadang ada buku bacaan anak-anak yang tanpa kita sadari mengandung unsur-unsur yang kurang pantas dibaca oleh anak seusianya. Kegiatan mendongeng bisa dilakukan bersamaan si anak di waktu menjelang tidur malam atau di waktu bermain si anak. Agar kegiatan mendongeng jauh lebih menyenangkan, anda bisa mendongeng sambil memainkan peran atau menggunakan alat bantu peraga. Dengan begitu mereka memiliki ketertarikan dan motivasi tersendiri untuk terus membaca secara rutin.

 

2. Mempererat hubungan anak dengan orangtua

Gambar: www.tempo.co

 

 

Satu hal yang pasti menerapkan kebiasaan mendongeng pada anak dapat mempererat hubungan antara anak dengan orangtua. Keeratan hubungan anak dengan orangtua terjalin karena ada rangsangan emosi dari dalam diri mereka. Dari hubungan tersebut, si orangtua mampu mengenal tumbuh kembang anak terhadap keinginan membacanya. Cara seperti ini sebagai solusi mengajarkan anak membaca, memperkenalkan anak huruf, mengajarkan penggunaan bahasa yang tepat, dll. Aktivitas mendongeng pada anak bisa dilakukan sembari bermain.

 

3. Merangsang kreativitas dan imajinasi anak

Gambar: wolipop.detik.com

 

 

Anak-anak memiliki kreativitas dan daya imajinasi yang sangat tinggi dibandingkan orang dewasa. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa anak-anak memang sering berhayal akan hal-hal yang dianggap orang dewasa merupakan hal yang mustahil. Pancinglah kreativitas dan imajinasi anak melalui beberapa kegiatan bermanfaat nan seru, salah satunya adalah mendongeng. Dengan sering mendongeng, anak akan jauh lebih kreatif dan imajinatif terhadap pengenalan alur cerita, tokoh-tokoh, dan pengenalan gambar.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Sederhana Mengenai Gangguan Belajar pada Anak Berikut Ini!

 

4. Memperkenalkan nilai moral pada anak

Gambar: health.detik.com

 

 

 

Dalam hal mendongeng, bacaan yang diberikan harus bisa mendidik karakter positif si anak. Manfaat mendongeng bukan saja untuk melatih anak memiliki minat membaca. Akan tetapi, anda bisa memperkenalkan nilai-nilai moral apa saja yang bisa disimpulkan dalam cerita tersebut. Moral cerita menjadi modal bagi si anak untuk selalu berprilaku positif serta menjadi anak yang berbudi pekerti baik. Di setiap cerita pasti ada moral dan pesan-pesan yang dapat disimpulkan bagi si anak itu sendiri.

 

5. Membangun koneksi sel otak anak

Gambar: odilerisang.blogspot.co.id

 

 

Otak manusia terdiri dari otak kanan, otak kiri, dan otak tengah. Setiap bagian otak memiliki fungsinya masing-masing. Kecerdasan otak pada anak bisa dibangun mulai dari anak masih bayi melalui asupan nutrisi yang sehat dan lain sebagainya. Mendongeng tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak saja, tapi juga sangat bagus bagi anak yang masih bayi loh! Para peneliti yang berasal dari University of Chicago mengatakan bahwa mendongeng untuk anak khususnya anak yang masih bayi bermanfaat dalam membangun koneksi sel otaknya agar dapat berfungsi dengan baik serta mampu bertahan lama.

Cari sekolah untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Anak memiliki kemampuan membaca yang baik

Gambar: qoryannisawicita.com

 

 

Semua orangtua pasti khawatir kok anaknya udah masuk usia sekolah masih aja gak bisa baca. Orangtua takut kalau anak mereka belum bisa membaca dengan baik dapat mempengaruhi proses belajarnya. Untuk mencegah hal seperti ini, sejak anak usia bayi atau balita harus dibiasakan didongeng setiap kali mau tidur. Penelitian lain mengungkapkan mendongeng bisa membuat anak memiliki kemampuan membaca yang baik ketika ia masuk usia sekolah. Proses belajar membacanyapun tidak memakan banyak waktu sehingga saat mereka masuk ke dunia pendidikan mereka tidak akan mengalami masalah belajar di sekolah.

 

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Manfaat Mendongeng Bagi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *