7 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Demi Menjadi Lebih Cerdas dari Biasanya

Masing-masing orang memiliki kecerdasaan yang berbeda-beda, ada yang cerdas secara linguistik, cerdas verbal, dan lain sebagainya. Setiap kecerdasan dapat ditingkatkan dengan rangsangan kegiatan menarik dan bermanfaat. Mau menjadi orang yang lebih cerdas dari biasanya? Kamu bisa terapkan cara sederhana berikut ini!

 

1. Membaca

Gambar: kumparan.com

 

 

Sesungguhnya minat membaca muncul karena kesadaran diri sendiri. Di era digital seperti saat ini, bidang pendidikan dan bekerja memiliki daya saing yang semakin tinggi. Persaingan bertujuan memperoleh predikat siapa yang paling baik dan siapa yang paling cerdas. Supaya kamu bisa lebih cerdas dan mampu bersaing dengan orang lain, banyak-banyaklah membaca merupakan modal utamanya. Ada beragam informasi dan ilmu pengetahuan yang bakal kamu dapatkan dengan membaca. Buku fiksi, buku non fiksi, ebook, majalah, dan koran bisa jadi pilihan terbaikmu. Membaca diibaratkan seperti membuka jendela dunia selebar-lebar karena membaca adalah jendelanya ilmu. Oh ya, membaca bukan cuman menambah wawasan saja. Tapi membaca bisa memberi kekuatan bagi memori otak manusia, menghilangkan stress, menjaga organ otak supaya lebih tajam dan aktif, dan mencegah penyakit alzheimer.

 

2. Tulis apa yang akan dan ingin kamu lakukan

Gambar: id.pinterest.com

 

 

Tak ketinggalan biasanya calon-calon orang sukses dan orang cerdas sering memikirkan serta memperkirakan hal apa saja yang menjadi prioritas harian dengan membuat sebuah to do list. Seperti ini bisa kamu lakukan secara rutin di malam hari sebelum tidur atau di pagi hari sebelum berangkat sekolah, kuliah, atau bekerja. Dengan begitu, kamu tidak akan kelupaan hal apa saja yang ingin kamu lakukan pada hari itu juga atau keesokan harinya. Jika ada tugas mendadak kamu juga bisa mencantumkannya di list tersebut. Jangan lupa tandai tugas mana yang sudah kamu kerjaan. Terus periksa apakah yang tertera di list sudah kamu kerjaan semua atau belum. Jadi kamu bisa tau mana yang sudah kamu kerjakan, mana yang belum dikerjakan.

 

3. Bermain game untuk mengasah kemampuan otak sekaligus belajar bahasa inggris

Gambar: www.y-pro.net

 

 

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bermain game merupakan kegemaran setiap orang, entah itu laki-laki maupun perempuan. Saat waktu luang kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk bermain game. Bermain game berguna untuk melatih kemampuan kerja otakmu sekaligus belajar bahasa inggris. Mengatur strategi dan memecahkan permasalah semuanya diajarkan di setiap game yang ada. Tak hanya melatih kemampuan kerja otak dan bahasa inggris saja, tapi bermain game juga bisa menghilangkan stress dan rasa lelah loh! Jangan lupa batasi waktu untuk bermain game, jangan terlalu lama karena masih ada aktivitas lainnya yang jauh lebih bermanfaat yang bisa kamu kerjakan.

 

4. Ulangi apa yang telah kamu pelajari

Gambar: balapanmimpi.blogspot.co.id

 

 

Agar pengetahuan dan kemampuanmu semakin meningkat kamu perlu mengulang kembali hal-hal yang telah kamu pelajari. Mengulangi atau mereview berfungsi untuk menguji apakah kamu sudah paham atau belum sama yang barusan kamu pelajari.  Misalnya, hari ini di sekolah atau kampus belajar bahasa inggris. Habis pulang sekolah atau kuliah kamu bisa belajar kembali sembari mengerjakan soal latihan. Contoh lainnya bisa kamu terapkan melalui memberikan penjelasan ke orang-orang tentang hal yang sudah kamu pelajari seperti seorang yang sedang mengajarkan siswanya di kelas.

Baca juga: 5 Negara Maju yang Sekolahnya Tidak Menyelenggarakan UN

 

5. Kunjungi akun-akun sosial media atau situs untuk mencari beragam informasi menarik

Gambar: belifollowers.com

 

 

Punya gadget atau laptop? Dari pada nganggur gak karuan, yuk manfaatkan gadget atau laptopmu lebih bijak lagi! Kamu bisa mengunjungi akun-akun sosial media atau situs untuk mencari beragam informasi menarik, bisa buat belajar online, ikutan kursus online, atau bahkan mencari pekerjaan. Informasi yang kamu butuhkan gak sekedar melalui buku saja, tapi harus ditambah lagi melalui media internet. Walaupun internet keakuratannya belum terjamin, namun apa yang kamu cari pasti ketemu.

 

6. Coba keluarlah dari zona nyamanmu

Gambar: www.kompasiana.com

 

 

Gak selamanya zona nyaman itu bisa membuat kamu lebih sukses di kemudian hari. Sebisa mungkin keluarlah dari zona nyamanmu meskipun nantinya banyak resiko yang harus kamu tanggung. Gak perlu takut berhadap dengan resiko yang nantinya bakal kamu hadapi. Cukup hadapi dengan kerja keras. Tujukan kamu bukan tipe orang yang mudah menyerah atau takut menghadapi resiko. Selain memotivasi orang, kamu juga perlu memotivasi diri sendiri untuk menjadi orang yang mampu belajar menghadapi berbagai tantangan sekalipun resikonya sangat besar dan lawanlah rasa takutmu itu. Ketakutan terbesar adalah mengalami kegagalan bukan? Gak usah takut gagal. Justru kegagalan adalah langkah awal untuk menjadi sukses.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

 

7. Rangsang kemampuan otakmu dengan memberikan ide-ide setiap hari

Gambar: global.liputan6.com

 

 

Ternyata otak yang tidak sering dirangsang dapat berakibat pada penurunan IQ loh! Oleh sebab itu, lakukan kegiatan yang dapat merangsang kemampuan otakmu, yakni salah satu ialah memberikan ide-ide setiap hari. Tak perlu ide yang susah, ide-ide yang mudah dimengerti sekalipun bisa kamu sampaikan. Mengungkapkan ide dalam bentuk tulisan seperti tips dan trik di sebuah blog juga bisa disebut sebagai kegiatan merangsang kemampuan otak.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “7 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Demi Menjadi Lebih Cerdas dari Biasanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *