7 Solusi Pencegahan Tindakan Penculikan pada Anak

Akhir-akhir ini, kasus penculikan anak sedang ngetrend-ngetrendnya. Para orangtua tentunya semakin was-was dong karena takut si anak menjadi salah satu korban penculikan oknum kejahatan. Oleh sebab itu, bukan orangtua saja yang harus waspada, tapi si anak itu sendiri juga harus waspada serta memiliki pengetahuan yang luas mengenai tindakan penculikan yang semakin menyebar luas. Ini solusi pencegahan tindakan penculikan yang bisa anda terapkan pada si anak!

 

1.Mengajarkan dan mengingatkan anak untuk tidak mudah terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal

Gambar: news-islampedia.blogspot.co.id

 

Anak-anak terutama yang masih kecil merupakan salah satu dari sekian banyak korban penculikan karena dianggap anak kecil gampang dipengaruhi oleh orang-orang sekitarnya. Maka itu, si pelaku mudah menjalankan aksinya. Sikap waspada pertama, anda bisa mengajarkan dan mengingatkan pada si anak untuk tidak mudah terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal. Beri tahu kalau ada orang tidak dikenal yang menyogok dengan memberikan barang berupa permen, mainan, ataupun uang jangan diterima. Karena ini bisa saja tanda-tanda modus penculikan pada anak.

 

2. Mengajarkan anak menolak ajakan orang tak dikenal

Gambar: jogja.tribunnews.com

 

 

Korban penculikan tidak hanya dipengaruhi dengan menyogok, tapi bisa saja melalui kata-kata, seperti pelaku mengaku-ngaku keluarga / saudara / teman orangtua yang bertindak seolah-olah disuruh oleh orangtuanya untuk menjemput si anak. Dalam kasus seperti ini ajarkan pula bahwa mereka jangan pernah mau ikut pergi sama orang yang tidak dikenal. Sebisa mungkin langsung pergi jauh, berteriak minta bantuan, atau gigit tangan si pelaku.

 

3. Melindungi dan mengawasi anak ketika bermain di luar rumah

Gambar: www.glitzmedia.co

 

 

Berikutnya, melindungi dan mengawasi anak tidak ada salahnya kok. Disaat anak ingin bermain di luar rumah, anda bisa ikut anak bermain sembari mengawasi gerak-geriknya. Bisa juga suruh pembantu atau pengasuh anak yang menemani mereka bermain di luar rumah. Jangan lupa kasih peringatan untuk tidak main terlalu jauh. Jika anda tergolong orangtua yang memiliki kondisi keuangan sangat mampu, gak ada salahnya menggunakan jasa bodyguard. Begitupun saat jam pulang sekolah, langsung jemput mereka. Jangan biarkan si anak menunggu terlalu lama.

 

4. Jauhkan anak dari penggunaan barang-barang mewah yang mencolok

Gambar: akhmadghifari.blogspot.co.id

 

 

Peringatan keras, jangan sekali-kali membiarkan anak menggunakan barang-barang mewah seperti aksesoris yang mencolok atau Hp mahal. Penggunaan barang-barang mewah yang mencolok justru merangsang orang di sekitar untuk menculik si anak walaupun tidak direncanakan.

 

5. Biasakan anak untuk tidak mudah memberikan informasi penting mengenai identitas diri

Gambar: momdadi.com

 

 

Pokoknya kejadian penculikan anak gak selalu direncanakan oleh pelaku dari jauh-jauh hari. Buat berjaga-jaga, biasakan agar anak tidak memberikan informasi penting mengenai alamat rumah, alamat sekolah, nomor telepon rumah, dan nomor HP orangtuanya kepada orang yang gak dikenal. Itu berlaku dimanapun anak anda berada. Di sosial media juga jangan. Oh ya, ingatkan juga kalau ia sedang di rumah sendirian, jangan sekali-kali membiarkan orang tak dikenal masuk ke dalam rumah.

 

6. Jika berada di tempat ramai, ingatkan anak untuk tidak memisahkan diri dari orangtua atau keluarga terdekatnya

Gambar: womantalk.com

 

 

Tidak setiap saat orangtua bisa mengawasi anak dengan baik. Apalagi kalau sudah berada di keramaian semua orangtua pasti takut anaknya hilang atau diculik orang. Si anak harus diingatkan untuk tidak memisahkan diri dari orangtua atau keluarga terdekatnya. Selain itu, ajarkan mereka bagaimana meminta bantuan ketika ia terpisah di keramaian.

Cari sekolah untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

7. Gunakan baby harness

Gambar: www.aliexpress.com

 

 

Apa itu baby harness? Baby harness merupakan sebuah alat untuk melindungi anak yang aktif. Ada 2 jenis baby harness, ada yang digendong seperti tempat duduk bayi, ada pula yang diikatkan ke tangan si anak (bentuknya seperti rantai). Alat ini bisa anda gunakan agar mereka tidak jauh dari pengawasan anda. Bisa dibilang salah satu alternatif melindungi anak dari tindakan penculikan di tempat ramai.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “7 Solusi Pencegahan Tindakan Penculikan pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *