Fakta Sederhana Seputaran Perguruan Tinggi Terbaik di Amerika

Dari sebagian banyak negara yang ada untuk menuntut ilmu,  Amerika merupakan salah satu negara yang paling banyak dipilih oleh pelajar lokal maupun internasional. Sebelum studi ke Amerika, udah pada tahu belum fakta-fakta apa aja yang berkaitan dengan perguruan tinggi terbaik di Amerika? Coba simak dulu disini fakta-faktanya!

 

1. Harvard University

Gambar: www.collegepond.com

 

 

Salah satu perguruan tinggi ternama di Amerika merupakan Harvard University. Kepopulerannya bukan saja dikenal oleh masyarakat Amerika tapi hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Nama Harvard berasal dari pendirinya yaitu; John Harvard pada tahun 1638-1639 yang berlokasi di Massachusetts, Cambridge, Amerika. Sebelum muncul nama Harvard University, pada tahun 1639 perguruan tinggi tersebut diberi nama Harvard College. Kemudian pada tahun 1780 diputuskan untuk mengubah nama Harvard College menjadi Harvard University. Seperti yang dikutip di www.icampusindonesia.com, Harvard University merupakan sebuah perguruan tinggi terbaik di dunia nomor urut ketiga pada tahun 2014. Berminat untuk studi di Harvard University? Perguruan tinggi ini menawarkan beberapa fakultas yang terdiri dari Faculty of Art, Medical School, Divinity School, Law School,  Bussiness School, Design, Education,  Public Health, dan Kennedy of Government. Satu hal lagi yang menjadi daya pikat para mahasiswa dan pengunjung ialah kantinnya. Harvard University memiliki sebuah kantin seperti di film Harry Potter. Jadi kebayangkan kantinnya seperti apa?

 

2. Massachusetts Institute of Technology

Gambar: www.mahwos.com

 

Massachusetts Institute of Technology juga masuk ke deretan perguruan tinggi terbaik di Amerika bahkan di dunia. Menariknya, kalau kamu kuliah disini kamu bisa mendapatkan sertifikat bajak laut loh! Kofi Annan (mantan Sekjen PBB Amerika Serikat),  Aldrin (seorang astronot Apollo 11 Buzz), dan masih ada banyak lagi yang merupakan lulusan dari Massachussets Institute of Technology. Massachusetts Institute of Technology didirikan pada tahun 1861 dengan jurusan teknik dan sains. Kemudian ditambahkan lagi jurusan yang berkaitan dengan seni, ilmu sosial, arsitek, dan ilmu perencanaan.

 

3. Standford University

Gambar: www.linkedin.com

 

 

Perguruan tinggi Amerika terbaik selanjutnya adalah Stanford University. Stanford University berada di wilayah Santa Clara, California dekat dengan kota Palo Ato. Perguruan tinggi ini merupakan jenis perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1891 untuk mengenang kepergian anak dari Leland dan Jane Stanford bernama Leland Standford Jr. Saat dibuka, Stanford University hanya memiliki 559 mahasiswa dan 15 dosen. Jurusan yang ada seperti teknik, kedokteran, bisnis, ilmu bumi, humoria dan sains, pendidikan, dan hukum. Bentuk bangunannya terbilang cukup unik. Standford University memiliki gaya arsitektur zaman kolonial Spayol. Pada tahun 2009, Stanford University masuk dalam predikat perguruan tinggi terbaik di dunia deretan kelima versi majalah U.S News and World Report. Selanjutnya, tahun 2010 dari segi penelitian Stanford University masuk ke dalam nominasi  perguruan tinggi terbaik di dunia deretan ketiga. Dan masih ada banyak versi lainnya yang menyatakan Standford University sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia.

Baca juga: 5 Kelebihan Masuk SMK ketimbang SMA

 

4. Princeton University

Gambar: www.princeton.edu

 

 

Tahukah kamu bahwa Priceton University termasuk salah satu  perguruan tinggi terkaya di dunia loh! Gimana gak kaya, perguruan tinggi ini mendapatkan dana sumbangan sekitar Rp 2,2 driliun ( kalau dihitung ke rupiah). Dalam proses pendidikan dan kegiatan operasionalnya, ada 3 perguruan tinggi lainnya yang menjalin kerjasama dengan Princeton University, meliputi; Institute for Advanced Study, Princeton Theological, dan Westminster Choir College of Rider University. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1746 yang berlokasi di New Jersey, Amerika. Jenjang pendidikannyapun terdiri dari jenjang S1 dan S2. Pada mulanya, perguruan tinggi Princeton University diberi nama College of New Jersey. Perpindahan nama College of New Jersey menjadi Princeton University dilakukan demi menghormati kota tersebut pada tahun 1896.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

5. Yale University

Gambar: www.yale.edu

 

 

Ada lebih dari 3.000 anggota fakultas yang terdapat di Yale University. Yale University dicap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik sekaligus tertua di dunia. Salah satu perguruan tinggi saingan Yale University adalah Harvard University. Tidak seperti perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan sedikit mata kuliah. Kira-kira ada 2.000 mata kuliah yang disediakan oleh Yale University loh! Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan studi hingga jenjang S3, Yale University juga menyediakan jenjang pendidikan hingga S3 dengan fakultas seni, fakultas keperawatan, fakultas arsitektur, fakultas drama, jurusan ilmu sosial, jurusan eksata, dan sebagainya.

Sumber:

1. https://news.okezone.com/read/2017/05/29/65/1702553/nih-6-fakta-unik-institut-teknologi-massachusetts-2-habis

2. http://www.berkuliah.com/2014/07/55-fakta-menarik-tentang-universitas.html

3. http://www.berkuliah.com/2014/07/44-fakta-menarik-tentang-universitas.html

4. http://www.berkuliah.com/2014/07/50-fakta-menarik-tentang-universitas.html

5. http://icampusindonesia.com/2016/04/07/10-fakta-harvard-university/

6. http://www.academicindonesia.com/universitas-di-amerika-serikat/

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Fakta Sederhana Seputaran Perguruan Tinggi Terbaik di Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *