Sedang Cari Kerja? Ini 6 Pekerjaan yang Cocok Bagi Kamu Si Introvert!

Selain mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu, mencari pekerjaan bisa disesuaikan dengan jenis kepribadianmu. Ada 2 jenis kepribadian yang perlu kamu ketahui, yaitu; Introvert dan Extrovert. Apa tuh? Introvert merupakan orang yang tidak mudah dan tidak banyak berkomunikasi terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. Mereka lebih banyak menyendiri ketimbang berbaur. Sedangkan, orang yang memiliki kepribadian extrovert mudah berkomunikasi dengan orang sekitarnya, tidak malu berbicara di hadapan banyak orang, dan mudah berbaur. Kamu termasuk yang mana nih? Introvert atau Extrovert? Kalau Introvert, simak dulu pekerjaan apa yang cocok kamu tekuni!

 

1. Data Entry

Gambar: www.invensis.net

 

 

Pekerjaan sebagai seorang data entry sangat mudah dijalankan, baik lulusan SMA / SMK maupun lulusan D3 hingga S1. Pekerjaan ini tidak membutuhkan sebuah keahlian khusus. Keahlian data entry hanya sebatas mengetik cepat sepuluh jari, mengoperasikan microsoft khususnya micrososft excel, dan mampu menggunakan internet. Menjadi data entry cukup sederhana kok. Kamu hanya perlu menginput berbagai dokumen ke microsoft excel atau ke sistem yang sudah disediakan oleh perusahaan secara cepat, tepat, dan teliti. Data entry dapat dikerjakan secara full time, part time, dan bahkan secara freelance.

 

2. Admin

Gambar: resources.workable.com

 

 

Admin merupakan salah satu bidang pekerjaan yang cocok digeluti oleh si introvert. Dari sebagian besar lowongan kerja yang dibuka, admin adalah posisi pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan dan para pencari kerja. Admin tergolong ke beberapa kategori, meliputi; admin web, admin sosial media, admin perkantoran, admin pergudangan, dan lain sebagainya. Jangan samakan admin dengan data entry ya! Emang apa sih bedanya admin dengan data entry? Jelas beda dong. Admin bertugas menginput data, membuat sebuah dokumen, dll. Kalau data entry itu hanya bertugas menginput sebuah data atau dokumen.

 

3. Akuntan

Gambar: economy.okezone.com

 

 

Perekonomian di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia pasti mengalami pasang surut. Oleh karena itu, pekerjaan di bidang ekonomi sangatlah dibutuhkan seluruh perusahaan atau di berbagai instansi. Dalam dunia pendidikan, akuntansi ialah jurusan kuliah yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa dikarenakan jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Secara singkat pekerjaan seorang akuntan adalah melakukan proses catat mencatat keuangan sebuah perusahaan yang meliputi kas besar, kas kecil, pemasukan, pengeluaran, retur, dll. Akuntan memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Mereka dituntut untuk teliti dalam mencatat keuangan perusahaan. Salah sedikit, fatal akibatnya.

Baca juga: Cuma di Indonesia Kamu Bisa Menemukan 5 Jurusan Kuliah Ini

 

4. Sosial Media Manager

Gambar: blog.penulis.id

 

 

Kamu termasuk pengguna sosial media? Atau sering menggunakan sosial media? Kalaupun kamu juga hobi atau memiliki kemampuan mengatur sosial media tapi kamu termasuk ke dalam tipe introvert, kamu memang cocok berprofesi di bidang sosial media yang salah satunya adalah sosial media manager. Walau banyak pandangan yang mengatakan bahwa bekerja di bidang sosial media adalah pekerjaan yang rendahan, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar loh! Menjadi seorang sosial media manager gak butuh keahlian khusus dan gak harus berasal dari lulusan komunikasi. Yang terpenting kamu bisa memasarkan produk melalui media sosial, membalas email, dan menjawab pertanyaan konsumen lewat sosial media. Produk yang dipasarkan tidak selalu berbentuk barang, melainkan bisa lowongan pekerjaan, bisa beasiswa, memasarkan event-event, dll. Selama bekerja, kamu sama sekali gak berjumpa dengan banyak orang di dunia nyata. Yang kamu jumpai adalah orang-orang di dunia maya.

 

5. Animal Care

Gambar: micro-scientific.com

 

 

Pekerjaan yang paling cocok untuk digeluti oleh para pencinta hewan sekaligus si introvert ialah menjadi animal care. Animal care sendiri bukan menjadi dokter hewan ya! Tugas animal care adalah merawat, memandikan, memberi makanan, serta mempercantik si hewan peliharaan. Sudah dipastikan kalau kamu ingin menjadi seorang animal care, kamu sama sekali gak boleh takut dan harus bisa mengurus berbagai hewan peliharaan yang ada. Pekerjaan animal care bisa ditemukan di pet shop, salon hewan, dan berbagai tempat penitipan hewan peliharaan.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Operator Mesin

Gambar: surabaya.proxsisgroup.com

 

 

Pekerjaan terakhir yang cocok bagi para introvert yaitu menjadi operator mesin. Operator mesin adalah seseorang yang bertugas dalam memeriksa, memperbaiki, menjaga, serta menjalankan sebuah mesin. Lulusan SMK / D3 / S1 teknik mesin lebih diutamakan untuk menjadi si operator mesin. Operator mesin kerjanya dimana? Nah, kamu bisa bekerja di perusahaan mesin atau di pabrik.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Sedang Cari Kerja? Ini 6 Pekerjaan yang Cocok Bagi Kamu Si Introvert!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *