6 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Sukses Lebih Besar

Sebagai generasi muda Indonesia, kalian pasti punya keinginan untuk mensejahterakan kehidupan bangsa. Dewasa ini, banyaknya jumlah pengangguran dan sedikitnya lapangan kerja juga menjadi masalah serius dalam negara.

Oleh karena itu, sebagai generasi yang cerdas, kita harus tau prospek kerja apa saja yang lebih banyak peluang kerja dengan sedikit peminat. Agar kelak tidak menambah angka pengangguran dalam negara. Lalu? Jurusan apa saja yang memiliki prospek kerja lebih besar dengan sedikit peminat? Simak artikel di bawah ini.

 

1. Aviation Safety

Gambar : www.casa.gov.au

 

 

Aviation safety adalah jurusan yang mempelajari tentang keamanan dan keselamatan penerbangan. Untuk kalian yang mencintai dunia penerbangan, tak harus selalu menjadi seorang pilot saja. Jurusan ini juga layak untuk dipertimbangkan. Banyak konsentrasi yang nanti bisa kamu ambil dalam jurusan ini, seperti Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU), Penerbangan Aeronautika (PA), Komunikasi Penerbangan (KP) dan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK).

 

2. Kehutanan

Gambar : hqwallpapersgalaxy.com

 

 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hutannya. Meskipun akhir-akhir ini sering terjadi banyak masalah yang menyebabkan kelestarian hutan menjadi terganggu. Untuk itu, diperlukan adanya suatu usaha atau konservasi yang diharapkan dapat meningkatkan kelestarian hutan. Selanjutnya, akan sangat dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidang ilmu kehutanan ini. Akan ada banyak ilmu yang akan kalian pelajari di sini. Seperti etika lingkungan, ilmu ukur tanah, inventarisasi sumber daya hutan, dasar-dasar kebijakan kehutanan, dan lain lain.

Lulusan jurusan ilmu kehutanan ini dapat bekerja di berbagai Institusi Pemerintahan. Seperti Departemen Kehutanan, Departemen LH, BPN, Bappenas. Selain itu juga bisa bekerja di Bidang BUMN dan Swasta, serta di Lembaga Swadaya Masyarakat.

 

3. Astronomi

Gambar : istorya.net

 

 

Atronomi merupakan ilmu tertua di dunia. Namun, sangat disayangkan jika di Indonesia, jurusan Astronomi ini masih sedikit peminatnya. Jadi, tak heran jika Indonesia masih tertinggal jauh tentang ilmu astronominya. Astronomi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang antariksa. Seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, dan galaksi. Selain itu astronomi juga merupakan ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Uniknya, jurusan astronomi ini hanya ada satu di Asia Tenggara, tepatnya di IPB (Institut Teknologi Bandung).

Walau begitu, prospek kerja dari lulusan ini juga luas. Kalian dapat bekerja di lembaga seperti LAPAN, BMKG, observarium, NASA, atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis.

 

4. Oseanografi

Gambar : aditsanjaya.blogspot.co.id

 

 

Indonesia terkenal dengan sebutan negara maritim atau negara kepulauan. Artinya, Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh lautan. Karena saat ini Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya, maka akan banyak dibutuhkan tenaga kerja dengan gaji yang ditawarkan cukup tinggi.

Dalam Jurusan Oseanografi ini, kalian dapat mempelajari tentang fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana. Sedangkan mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini adalah Permodelan Oseanografi, Survei Oseanografi, Komputasi Oseanografi, Struktur Bangunan Lepas Pantai, Energi dan Lingkungan Laut, Geoteknik Pelabuhan Laut, Mekanika Fluida.

Selain menjadi ahli kelautan, kalian juga bisa atau bekerja di dunia riset, seperti LIPI, BNPB, BMKG, Pusat Pengembangan dan Penerapan Geologi Kelautan,  DIHIDROS TNI AL, Kementrian ESDM, dan BPPT. Sedangkan di dunia industri, prospek kerjanya sebagai Metocean Engineer, Coastal Modeller, Oceanographic Surveyor, Offshore Navigator, sampai Field Engineer.

 

5. Arkeologi

Gambar : oltre-la-notte.blogspot.co.id

 

 

Selain kaya akan laut, Indonesia juga kaya akan budaya. Kebudayaan Indonesia sangat beragam. Jadi, tak heran jika Arkeologi, kerap dibutuhkan. Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan masa lampau. Tak hanya itu, Arkeologi merupakan pendekatan sejarah yang meneliti sumber-sumber primer seperti budaya material dan kondisi lingkungan dari peradaban sebelumnya.

Uniknya di jurusan ini, kalian tak hanya akan menerima materi pembelajaran di dalam kelas saja. kalian akan lebih banyak mengunjungi museum, situs purbakala, dan tempat bersejarah lainnya yang jarang didatangi oleh orang-orang. Hal yang dioelajari dalam jurusan ini seperti artefak kuno, fosil, prasasti, naskah-naskah kuno, penggalian candi, dll.

Untuk prospek kerjanya sangatlah beragam. Kalian bisa menjadi seorang arkeolog, dosen arkeologi, atau bekerja di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Perusahaan eksplorasi peninggalan sejarah, LIPI, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas)

 

6. Teknik nuklir

Gambar : engineering.zikitbooks.com

 

 

Teknik nuklir adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik penerapan fenomena interaksi radiasi pengion dengan materi. Teknik nuklir juga mempelajari tentang berbagai macam reaksi nuklir. Biasanya, negara-negara yang bisa mengembangkan teknologi nuklir dengan baik dianggap negara “adikuasa” yang ditakuti. Seperti Rusia, Korea Utara, dan Iran. Sedangkan ilmu yang dapat kalian pelajari di jurusan ini adalah mata kuliah seputar teknologi nuklir seperti Fisika Atom dan Inti, Elektronika Nuklir, Instrumentasi Nuklir, dan Analisis Reaktor Nuklir.

Sedangkan prospek kerja dari jurusan ini adalah sebagai  peneliti di Badan Tenaga Nuklir Nasional, atau bekerja di nuclear power plant di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, Jepang, ataupun Rusia.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *