Cuma di Indonesia Kamu Bisa Menemukan 5 Jurusan Kuliah Ini

Indonesia merupakan salah satu negara di benua Asia Tenggara yang unik dari segi bahasa, budaya, sejarah, dan lain sebagainya. Saking uniknya, Indonesia dikenal oleh masyarakat penjuru dunia. Kamu sudah tahu belum, ada beberapa jurusan kuliah yang cuman bisa kamu temui di Indonesia? Kalau belum, yuk simak dulu disini!

 

1. Sastra Jawa dan pendidikan bahasa jawa

Gambar: wartadinus.com

 

 

Kebudayaan jawa merupakan salah satu kebudayaan unik yang ada di sekitar masyarakat Indonesia. Ada daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh sebagian masyarakat Indonesia bahkan masyarakat asing terhadap budaya jawa. Karena keunikannya, beberapa perguruan tinggi di Indonesia menyediakan 2 jurusan yang berkaitan dengan budaya jawa, yaitu; sastra jawa dan pendidikan bahasa jawa. Pokoknya kedua jurusan ini mempelajari hal yang berkaitan dengan sejarah, bahasa, budaya jawa, dll. Kenapa pilih sastra jawa tau pendidikan bahasa jawa? Dengan memilih jurusan tersebut, kamu sebagai anak Indonesia bisa lebih mengenal budaya jawa, semakin mencintai dan melestarikan budaya jawa, dll. Ingin mempelajari sastra jawa atau pendidikan bahasa jawa lebih dalam? Jurusan sastra dan pendidikan bahasa jawa terdapat di UNS, Unnes, Unesa, dan UI.

 

2. Perminyakan

Gambar: halokampus.com

 

 

Indonesia memiliki potensi sumber daya minyak yang sangat besar. Sayangnya, jurusan ini memang sepi peminat di kalangan mahasiswa. Namun karir di bidang perminyakan cukup menjanjikan dengan memberikan gaji yang terbilang besar untuk setiap karyawannya. Perusahaan perminyakan ternama di Indonesia seperti: BP Global, Chevron Oil, Esso Mobil, Exxon Mobil, MODEC, Nippon Oil, Pertamina, Petronas, PTT Thailand, Shell Global, Singapore Refinery Company, dll. Perguruan-perguruan tinggi yang menyediakan jurusan perminyakan ialah Trisakti, ITB, IPB, Pertamina University, Univeristas Bhayangkara Jakarta, dan UPN Yogyakarta.

 

3. Kehutanan

Gambar: kehutanan.umm.ac.id

 

 

Oh ya, Indonesia juga termasuk negara yang kaya akan eksplorasi kehutanannya loh! Bahkan, Indonesia dinyatakan sebagai negara penghasil hutan terbesar ke 2 di dunia. Sayangnya, jurusan ini tidak terlalu populer di kalangan mahasiswa dan masyarakat setempat. Tapi, prospek kerjanya cukup luas. Hanya mahasiswa berjiwa kesatria dan bermental baja saja yang mampu menjalani perkuliahan ini. Hal tersebut dikarenakan, jurusan kehutan memiliki materi pembelajaran yang super duper banyak,  lebih banyak kegiatan praktek daripada teorinya, dll. Pembelajaran mengenai ilmu kehuatan diberikan baik secara teori maupun prakteknya. Bagi kamu yang berminat kuliah jurusan kehutanan, jurusan ini terdapat di perguruan tinggi  Indonesia seperti IPB, ITB, UGM, Unhas, USU, dan UMM.

Baca juga: 5 Situs Ebook yang Bisa Kamu Gunakan Secara Gratis

 

4. Pedalangan

Gambar: www.solopos.com

 

 

Dalang ialah pelakon yang bertugas memainkan wayang di sebuah acara pementasan kesenian Jawa. Seorang dalang tidak harus memainkan wayang, melainkan dalang juga bisa menjadi moderator atau pembaca cerita dalam sebuah pentas kesenian Jawa seperti artis kenamaan Indonesia, Parto di acara Opera Van Java. Jurusan Pedalangan hanya bisa kamu temukan di 2 perguruan tinggi di Indonesia, antaranya; Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Solo.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

5. Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Indonesia

Gambar: www.semogabermanfaat.web.id

 

 

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, mencintai dan mengembangkan keanekaragaman budaya Indonesia adalah kewajiban kita. Bahasa Indonesia adalah salah satunya. Ketersediaan akan jurusan sastra Indonesia dan pendidikan bahasa Indonesia guna melahirkan generasi muda dan tenaga pendidik yang profesional sehingga mereka mampu menyebarkan ilmu-ilmu bahasa Indonesia sampai ke penjuru dunia serta sebagai bentuk dedikasi terhadap bangsa Indonesia. Tertarik untuk kuliah sastra Indonesia atau pendidikan bahasa Indonesia? Coba daftarkan dirimu di Universitas Nasional Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan lain sebagainya!

Udah pada tahu kan ada jurusan apa aja? Nah, dari jurusan yang sudah disebutkan, kira-kira mana nih jurusan yang kamu minati?

Sumber: http://miner8.com/id/10053

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Cuma di Indonesia Kamu Bisa Menemukan 5 Jurusan Kuliah Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *