6 Cara Bujuk Anak Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Anak yang tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah memang terkadang menyusahkan. Orangtua pun dibuat pusing jika anak malas mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Sebenarnya, ada cara-cara tersendiri agar anak mau mengerjakan PR. Berikut edumor.com berikan 6 cara ampuh untuk membujuk anak agar mau mengerjakan PR.

  • Memberi pengertian tentang mengapa harus mengerjakan PR

Gambar : http://www.kesekolah.com/

Anak yang malas mengerjakan PR perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya mengerjakan PR. Ajarkan kepada mereka apa konsekuensi jika tidak mengerjakan PR. Jika anak sudah diajarkan mengenai sebab akibat sejak dini, maka akan timbul kesadaran dalam dirinya bahwa ia perlu mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.\

  • Memberikan fasilitas penunjang sumber belajar anak

Gambar : https://images.unsplash.com/

Agar memudahkan anak untuk mengerjakan PR, orangtua perlu menyediakan fasilitas penunjang sumber belajar yang baik bagi mereka. Orangtua dapat menyediakan berbagai buku tambahan sebagai sumber untuk membantu mengerjakan PR. Tidak ada salahnya juga menggunakan internet sebagai sarana belajar. Namun, orangtua perlu mengawasi anak saat berselancar di dunia maya agar mereka tidak memanfaatkan internet untuk hal yang terlarang.

  • Menjelaskan pentingnya bersikap disiplin

Gambar : http://kolobok.ua/img/forall/users/0/12/vrunishka_dva_750x500.jpg

Memberikan anak pemahaman mengenai pentingnya bersikap disiplin juga dibutuhkan agar anak rajin mengerjakan PR. Selain itu, biasakan pula agar anak bersikap disiplin. Caranya, buatlah jadwal rutin atau waktu-waktu tertentu untuk mengerjakan PR. Jadwal rutin dapat membuat anak terbiasa untuk mengerjakan tugasnya tepat waktu. Dengan membangun kebiasaan yang baik bagi anak, maka ia akan belajar untuk disiplin, termasuk disiplin mengerjakan PR.

  • Memberikan reward

Gambar : http://media.salemwebnetwork.com/

Memberikannya hadiah untuk membujuk anak mengerjakan PR dapat menjadi trik bagi Anda. Reward dapat berfungsi sebagai alat untuk membujuk anak, sekaligus sebagai cara untuk memberikan penghargaan bagi mereka. Berikan reward yang mendidik seperti buku cerita yang baru atau alat melukis untuk mengembangkan hobinya. Jangan lupa untuk memberikan pujian bagi anak setelah ia mau mengerjakan PR agar ia semakin termotivasi untuk lebih rajin.

  • Menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan

Gambar : http://cdn.rockingmama.id/

Kondisi belajar yang menyenangkan membuat anak menjadi merasa fun dan tidak stres saat mengerjakan PR. Misalkan, jika anak menyukai musik tertentu, Anda dapat memutar musik untuk menemaninya mengerjakan PR. Sebaliknya, jika anak menyukai belajar dengan suasana tenang, maka kurangilah sumber kebisingan di rumah agar suasana rumah menjadi lebih sunyi seperti, mematikan televisi atau radio saat anak mengerjakan PR. Dampingi anak saat mengerjakan PR juga dapat membantunya untuk membangun kondisi belajar yang menyenangkan.

  • Menyuguhkan makanan kecil atau snack

Gambar : https://unsplash.com/

Anak-anak amat menyukai makanan kecil atau snack. Agar suasana mengerjakan PR semakin menyenangkan, Anda dapat menyuguhkan mereka snack sebagai teman belajar. Pilihlah snack yang menyehatkan seperti buah-buahan atau biskuit gandum. Sesekali tidak salah juga jika memberi mereka es krim dan coklat untuk menemani belajar, agar anak semakin bersemangat dalam mengerjakan PR.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *