Punya Hobi Membaca? Selamat, Kamu Bisa Bekerja Seperti Berikut Ini!

Tak banyak yang memiliki hobi membaca. Mereka yang tidak terlalu hobi membaca beranggapan bahwa membaca merupakan hal yang membosankan. Siapa bilang? Membaca itu menyenangkan kok. Dengan membaca ilmu pengetahuan dan wawasanmu pasti semakin bertambah. Dari hobi membaca tersebut, ternyata bisa dijadikan sebagai pekerjaan loh! Kamu termasuk orang yang hobi membaca?  Berikut ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang cocok kamu lakoni!

 

1. Pustakawan

Gambar: www.keene.edu

 

 

Tugas dan tanggung jawab seorang pustakawan tidak hanya menjaga perpustakaan serta melayani pelanggan yang ingin meminjam atau mengembalikan buku saja. Namun, ada tugas dan tanggung jawab yang tak kalah jauh lebih penting, antaranya: mencatat data diri setiap anggota perpustakaan, mencatat kapan buku dipinjam dan dikembalikan, mencatat informasi yang berkaitan dengan buku-buku yang ada di perpustakaan, dll. Pekerjaan seperti ini bisa kamu temukan di perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, dan perpustakaan Pemerintah.

 

2. Editor

Gambar: de.123rf.com

 

 

Ketelitian adalah modal utama yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang editor buku, majalah, cerpen, novel, komik, artikel, dan berita. Editor merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam menangani sebuah konten yang akan dipublikasi ke masyarakat baik melalui media cetak maupun media online. Kelayakan sebuah konten dilihat dari secara keseluruhannya. Apakah konten tersebut mengandung unsur-unsur kekerasan, sara, pornografi atau tidak.

 

3. Jurnalis

Gambar: www.pressgazette.co.uk

 

 

Media berita baik online maupun offline membutuhkan seseorang yang mampu bekerja sebagai jurnalis. Menurut KBBI, Jurnalis adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan dan menulis berita dalam surat kabar dan sebagainya. Kegiatan menulis sebuah berita disebut sebagai jurnalistik. Seorang jurnalis juga bisa dikatakan sebagai wartawan. Sebelum menulis sebuah berita, jurnalis harus mengumpulkan berbagai macam data yang sesuai dengan kenyataannya dengan cara mewawancarai pihak-pihak yang bersangkutan dengan kejadian tersebut serta mengumpulkan data lainnya yang bisa ditemukan di berbagi referensi yang real bukan hoax.

Baca juga: Pengen Kuliah di Luar Negeri tapi Keuangan Seret? 6 Negara Ini Bisa Jadi Pilihanmu Loh!

 

4. Proofreader

Gambar: www.paperhelp.org

 

 

Selain editor yang bertugas dan bertanggung jawab akan sebuah konten sebelum dipublikasikan, Proofreader juga mengambil bagian dalam memeriksa sebuah konten secara keseluruhan. Pekerjaan seorang Proofreader sedikit berbeda dengan seorang editor.  Bagaimana sih pekerjaan seorang Proofreader itu? Kamu hanya perlu memperbaiki struktur kalimat yang salah, memperbaiki gaya bahasa yang kurang menarik, memperbaiki tanda baca yang kurang tepat, serta memperbaiki tulisan yang salah atau typo. Kedengarannya mudah bukan? Tapi pada kenyataannya, menjadi seorang Proofreader bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan. Tidak hanya bahasa indonesia saja yang mesti kamu pahami, tapi bahasa lainnya seperti bahasa inggris sudah seharusnya kamu pahami.

 

5. Peneliti dan Pencari Fakta

Gambar: dagosport123.blogspot.co.id

 

 

Orang-orang dengan tipe cepat penasaran serta memiliki kegemaran bereksperimen sangat cocok bekerja sebagai peneliti dan pencari fakta. Peneliti dan pencari fakta adalah cabang dari pekerjaan seorang ilmuwan. Untuk bekerja sebagai seorang peneliti dan pencari fakta, kamu harus mendalami berbagai macam ilmu seperti ilmu sosial, sejarah, kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dll. Beragam bacaan bisa menjadi referensi untuk menambah pengetahuan serta wawasanmu. Memang jarang sekali sih yang berminat untuk melakoni pekerjaan seperti ini. Walaupun sedikit peminatnya, pekerjaan ini punya masa depan yang cukup menjanjikan loh!

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Tenaga pengajar

Gambar: www.kerjakuliah.com

 

 

Tenaga pengajar seperti guru dan dosen merupakan salah satu pekerjaan yang sangat berharga dan mulia di bidang pendidikan. Seorang guru dan dosen pasti memiliki hobi membaca. Tidak pernah ada guru dan dosen yang sama sekali tidak memiliki hobi membaca. Kalau gak hobi membaca, dari mana ilmu yang didapatkannya? Pengalaman-pengalaman akan ilmu pengetahuan juga harus mereka miliki. Di dalam dunia pendidikan pun, tidak hanya anak didik saja yang harus belajar, melainkan tenaga pengajar juga harus ikut belajar sebelum menyampaikan bahan ajarnya. Selain hobi membaca, tenaga pengajar juga harus memiliki sifat sabar, mampu membimbing anak didik dengan cara yang tepat, bisa menjadi motivator, memiliki kemampuan mengajar yang menyenangkan, dll.

Kamu merasa tertarik dan tertantang untuk melakoni pekerjaan seperti ini? Kenapa tidak?

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Punya Hobi Membaca? Selamat, Kamu Bisa Bekerja Seperti Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *