5 Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat & Aman

Penting gak sih sebagai orangtua harus bisa memilih mainan yang tepat dan aman bagi anak? Penting dong. Mainan anak merupakan media untuk merangsang kreativitas, merangsang sensorik, dll. Demi keamanan dan kenyamanan anak saat bermain, orangtua harus bisa memilih permainan yang tepat dan aman untuk si anak. Bagaimana caranya? Simak disini!

 

1. Pilih mainan yang sesuai dengan usia si anak

Gambar: mainanak.com

 

 

Sebelum membelikan mainan untuk si anak, hal yang paling utama untuk dipertimbangkan adalah mainan yang sesuai dengan usia anak. Perhatikan mainan tersebut layak dimainkan oleh anak usia berapa. Biasanya di bagian depan kotak mainan ada keterangan usia yang dianjurkan untuk memainkan permainan tersebut. Memilih permainan berdasarkan usia guna menentukan apakah mainan tersebut cocok gak untuk anak seusianya.

 

2. Perhatikan ukuran, berat, dan bahan-bahan yang terkandung di mainan tersebut

Gambar: id.pinterest.com

 

 

Sebagian besar orangtua sering merasa kesulitan membedakan mana mainan yang aman bagi anak, mana mainan yang tidak aman. Selain memilih mainan yang sesuai dengan usia si anak, orangtua juga harus memilih mainan dengan ukuran, berat, serta bahan-bahan yang aman bagi anak.  Ciri-ciri mainan anak yang aman yaitu; tidak ada unsur ketajaman, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu berat sehingga saat mainan tersebut jatuh mengenai anak anda, ia tidak akan terluka. Tidak ketinggalan nih, mainan tersebut sama sekali tidak boleh mengandung bahan berbahaya seperti logam, lilin, merkuri, dll yang dapat membahayakan nyawa anak anda. Pastikan di kotak mainan tertera sertifikasi keamanan. Mainan yang sudah tersertifikasi berarti sudah terjamin keamanannya dari bahan-bahan berbahaya.

Baca juga: Ingin Mengajarkan Anak Berbahasa Inggris? Ini Caranya!

 

3. Perhatikan tanda atau keterangan peringatan pada mainan tersebut

Gambar: rumah-astri.com

 

 

Dari 2 poin yang sudah dijelaskan tadi, ada yang gak boleh ketinggalan lagi nih! Keterangan atau tanda peringatan juga harus anda perhatikan. Baca dan perhatikan baik-baik, apa yang tidak boleh dilakukan dan apa yang boleh dilakukan. Misalkan, mainan ini tidak boleh terkena panas matahari karena dapat menyebabkan kebakaran. Atau misalnya lagi, mainan ini harus dicharges setiap 3 jam sekali. Tanda atau keterangan peringatan dibutuhkan agar keamanan anak tetap terjaga ketika bermain.

 

4. Sebaiknya pilih mainan yang dapat mengedukasi anak

Gambar: www.solusisehatku.com

 

 

Orangtua kadang suka-suka memilih mainan anak atau menuruti keinginan anak untuk membelikannya mainan tanpa tahu manfaat dari mainan tersebut. Namanya anak-anak apalagi masih kecil belum bisa memilih dan membedakan mana mainan yang mendidik, mana mainan yang kurang mendidik. Bukan soal sayang anak, tapi mainan yang dibeli harus mengedukasi mereka. Mainan edukatif jauh lebih bermanfaat ketimbang mainan lainnya.

Cari sekolah untuk anak? Silakan kunjungi edumor.com!

 

5. Selama bisa bikin sendiri di rumah, yah kenapa tidak?

Gambar: siraplimau.com

 

 

Males atau gak punya uang lebih buat membelikan anak mainan? Bikin sendiri juga bisa kok. Perlengkapan, peralatan, dan bahan-bahan bisa anda temukan di lingkungan sekitar dengan mudah. Bahkan, mainan yang bikin sendiri di rumah jauh lebih aman kok. Barang bekas bisa jadi medianya. Apa yang anda rasakan? Pertama, keuangan tetap terjaga. Kemudian, anda bisa merangsang kreativitas anak dalam menciptakan mainannya sendiri.

Orangtua tidak hanya pintar dalam mendidik, mengurus, membimbing, dan melindungi anak, tapi orangtua juga harus pintar dalam memilih mainan yang tepat dan aman bagi si anak.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “5 Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat & Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *