Pengen Kuliah di Luar Negeri tapi Keuangan Seret? 6 Negara Ini Bisa Jadi Pilihanmu Loh!

Siapa bilang kuliah di luar negeri itu mahal? Kamu bisa kok kuliah di luar negeri dengan biaya yang murah meriah dan terjangkau walaupun tidak menggunakan jalur beasiswa. Gak percaya? Coba baca artikel berikut ini!

 

1. Perancis

Gambar: news.okezone.com

 

 

Perancis merupakan negara yang identik dengan menara Eiffle yang terletak di kota Paris. Negara ini memiliki perguruan tinggi dengan harga yang terjangkau bagi mahasiswa International maupun mahasiswa Indonesia. Cukup mengeluarkan budget sekitar Rp 2.6 jt sampai Rp 23 jt per tahunnya kamu sudah bisa berkuliah disana. Biaya tersebut berlaku untuk semua jenjang pendidikan, S1 sampai S3. Sistem pendidikannya juga terbilang unik untuk jenjang S2 dan S3. Di Indonesia jenjang S2 membutuhkan waktu 2 tahun dan jenjang S3nya hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat, yaitu; 1 tahun.  Nah, kalau perguruan tinggi di Perancis, jenjang S2 harus kamu tempuh selama 5 tahun. Kemudian, jenjang S3nya membutuhkan waktu selama 8 tahun. Waktu yang kamu butuhkan untuk menempuh pendidikan jenjang S1 tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi di Indonesia.

 

2. India

Gambar: indianexpress.com

 

 

Kuliner, budaya, bahasa, dan masyarakat India memiliki suatu ciri khas yang berbeda dari negara lain yang ada di benua Asia. India bisa menjadi salah satu negara di benua Asia incaran para calon mahasiswa untuk melanjutkan kuliah, mengapa? Negara ini serba murah meriah, mulai dari biaya hidup, biaya transportasi, biaya penginapan, biaya makan, hingga biaya pendidikan. Jadinya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak budget selama berada disana. Lumayan uangnya bisa kamu tabung untuk keperluan lain. Oh ya, untuk kuliah disana, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 351 ribu  hingga Rp 117 jt per tahunnya. Bahkan, untuk biaya hidup, biaya penginapan, biaya transportasi, dan biaya makan cukup mengeluarkan budget sebesar Rp 29 ribu sampai Rp 2 jt loh! Gimana? Murah meriah bukan?

 

3. Jerman

Gambar: www.masterstudies.co.id

 

 

Negara bagian Eropa yang paling banyak diminati oleh pelajar dan mahasiswa dari belahan dunia untuk melanjutkan studi adalah negara Jerman. Namun, sayangnya negara yang satu ini memiliki biaya hidup yang mahal. Jadi siap-siap saja kamu mesti mengeluarkan budget yang besar untuk tinggal di Jerman walaupun sementara waktu. Etsss, kamu tetap bisa berhemat kok. Banyak promo-promo dan diskon menarik yang bisa kamu nikmati hanya dengan menunjukan kartu pelajar atau mahasiswamu. Fasilitas promo dan diskon yang bisa kamu nikmati seperti kuliner, nonton bioskop, belanja, dll. Pembayaran uang kuliah dibayar disetiap semesternya dengan biaya Rp 7.2 jt plus biaya administrasinya sebesar Rp 1.5 jt. Dihitung-hitung biaya kuliah yang mesti kamu keluarkan per semesternya sekitar Rp 8.7 jt.

Baca juga: 5 Penemuan Karya Generasi Muda Indonesia

 

4. Taiwan

Gambar: www.studyintaiwan.org

 

 

Salah satu negara di Asia yang juga menyediakan biaya kuliah murah selain India adalah Taiwan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu diharuskan untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa mandarin ya! Karena bahasa utama masyarakat Taiwan adalah bahasa mandarin. Rata-rata mereka kurang mengerti dengan bahasa inggris. Intinya, bisa berbahasa mandarin adalah nilai bonus bagi kamu untuk studi disana. Ada 3 pilihan perguruan tinggi yang bisa jadi pilihan kamu, yaitu;  perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, dan perguruan tinggi kejuruan. Lama waktu pendidikan jenjang S1 sama seperti di Indonesia. Sementara, jenjang S2 membutuhkan waktu minimal 2 tahun, maksimalnya 4 tahun. Dan untuk jenjang S3 waktu yang kamu butuhkan minimal 4 tahun, maksimalnya 7 tahun. Kira-kira sebesar Rp 24 jt dana yang harus kamu keluarkan setiap tahunnya untuk studi disana. Biaya hidup, makan, transportasi, dan tempat tinggal juga terbilang murah kok.

 

5. Norwegia

Gambar: www.berkuliah.com

 

 

Mau kuliah dengan biaya yang lebih murah dan terjangkau lagi? Coba daftarkan dirimu ke perguruan tinggi yang ada di Norwegia! Beberapa perguruan tinggi di Norwegia adalah milik Negara itu sendiri. Dengan begitu, biaya kuliahnya terbilang murah sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 1.5 jt. Total 52 perguruan tinggi yang ada di Norwegia.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Spanyol

Gambar: www.youthmanual.com

 

 

Kamu bisa studi secara gratis loh disini! Akan tetapi, studi gratis ini hanya berlaku sampai kamu berumur 16 tahun saja. Program pendidikan yang diselenggarakan di Spanyol terdiri dari TK, SD, SMP 4 tahun, SMA 2 tahun, serta berlanjut hingga ke jenjang perguruan tinggi. Berminat? Nah, siapkan uang kuliahnya sekitar Rp 12 Jt untuk satu tahun.

Meskipun biaya kuliahnya murah meriah dan terjangkau, kamu tetap harus berhemat ya! Karena negara yang biaya kuliahnya murah dan terjangkau, belum tentu biaya sehari-harinya murah juga.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Pengen Kuliah di Luar Negeri tapi Keuangan Seret? 6 Negara Ini Bisa Jadi Pilihanmu Loh!

  1. Halo! Untuk mencari informasi dan pendaftaran kuliah di luar negeri kamu bisa kunjungi situs-situs khusus beasiswa seperti idbeasiswa.com dan lain sebagainya. Artikel ini hanya menjelaskan negaranya saja ya! Oh ya, Edumor juga menyediakan berbagai informasi beasiswa menarik lainnya. Silahkan kunjungi http://www.edumor.com/scholarship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *