Langkah-langkah Mempelajari Grammar yang Bisa Kamu Terapkan

Bahasa inggris sudah mulai dipergunakan hingga sekarang dari berbagai golongan. Oleh sebab itu, bahasa inggris sangatlah penting untuk dipelajari. Tak hanya vocabulary saja yang mesti dipelajari. Kini, kamu juga harus mempelajari grammar. Sebenarnya belajar bahasa inggris itu gampang kok kalau kamu punya niat buat belajar. Ini langkah-langkah belajar grammar yang bisa kamu terapkan!

 

1. Pelajari pola dasar kalimat

Gambar:  slideplayer.com

 

 

Semuanya yang harus dipelajari dari dasar terlebih dahulu. Dasar-dasar grammar yang bisa kamu pelajari berupa pola dasar dalam sebuat kalimat seperti subjek, predikat, verb, objek, noun,  adjective, adverb, dll.  Hafalkan dan pahami masing-masing pola dasarnya seperti apa. Jika kamu belajar dari yang yang mudah terlebih dahulu, maka kamu tidak akan merasa kesulitan ketika memasuki grammar yang tingkatannya lebih sulit lagi. Yang mudah saja bisa, apalagi kalau yang sulit.

 

2. Pelajari dan pahami struktur kata berupa tenses yang mesti digunakan

Gambar: health-fitnes.ru

 

 

Struktur kata dalam bahasa inggris tidak sama seperti struktur kata yang ada di bahasa indonesia. Di bahasa indonesia tidak memiliki aturan struktur kata apa yang harus digunakan. Penggunaan struktur kata dalam bahasa inggris memiliki aturan mainnya dengan menggunakan tenses. Tenses adalah pemakaian kata yang disesuaikan dengan kondisi waktu yang dimaksud. Ada 16 tenses yang perlu kamu pelajari dan pahami. Masing-masing tenses ada rumus grammarnya. Pelajari dan pahami struktur kata berdasarkan tenses yang berlaku. Supaya kamu gak kesulitan mempelajari dan memahami tenses, kamu harus belajar dasar-dasar grammar yang sudah dijelaskan tadi.

 

3. Belajar merangkai kata

Gambar: www.carabelajarbahasainggrisoke.com

 

 

Tak hanya belajar melalui teori saja, oleh sebab itu kamu harus menguji kemampuan grammarmu dengan belajar merangkai kata-kata. Langkah pertama, buat dulu sebuah kalimat dengan menggunakan bahasa indonesia. Kedua, translate kalimat tersebut ke dalam bahasa inggris berdasarkan aturan tenses yang berlaku. Tidak hanya merangkai kata saja, bahkan kamu juga bisa mempraktekkannya dengan membuat beberapa pertanyaan. Lalu, jawab sendiri pertanyaan tersebut.

Baca juga: Kapan Lagi Kuliah Bisa Dapat Uang Saku. Coba Daftarkan Dirimu Ke 5 Kampus Ini!

 

4. Perbanyak latihan soal grammar

Gambar: www.my-english.xyz

 

 

Belajar dan belajar secara rutin wajib kamu lakukan termasuk perbanyak latihan soal. Yaps, untuk menguasai grammar dan meningkatkan kemampuan grammarmu, kamu bisa coba beli buku latihan soal grammar dan jawab soal tersebut berdasarkan pengetahuan yang telah kamu dapatkan. Beli buku bekas atau belajar dari buku bahasa inggris dari zaman sekolah juga bisa.

 

5. Ulang kembali apa yang telah kamu pelajari

Gambar: m.life.tw

 

 

Karena belajar tidak hanya sekali langsung bisa. Meskipun kamu sudah memahaminya, kamupun harus mengulang alias mereview kembali apa yang telah kamu pelajari. Karena yang namanya manusia bisa sewaktu-waktu ingat, bisa sewaktu-waktu lupa. Ulang kembali mulai dari dasar-dasar grammar, belajar struktur kata grammar, belajar merangkai kata, hingga latihan soal grammar kembali. Lakukanlah hal tersebut secara konsisten.

Cari sekolah / perguruan tinggi? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

6. Coba berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris

Gambar: www.recognizethisblog.com

 

 

Tidak ada salahnya kok jika kamu mencoba. Cobalah berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris terhadap orang-orang yang ada di sekitarmu. Kalau kamu belum memiliki keberanian untuk berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, kamu bisa berlatih berbicara di depan kaca supaya kamu PD. Berkomunikasi adalah hal yang wajib kamu lakukan setelah kamu melalui tahap pembelajaran. Sebenarnya, berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris tidak hanya melatih dan meningkatkan kemampuan grammarmu saja, tapi bisa melatih dan meningkatkan kemampuan vocabularymu.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Langkah-langkah Mempelajari Grammar yang Bisa Kamu Terapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *