6 Perihal yang Mengakibatkan Penurunan IQ Pada Anak

IQ atau Intellectual Intellegence merupakan kecerdasan berpikir seseorang. IQ seseorang diukur melalui sebuah proses yang dinamakan tes IQ. Tes IQ tidak hanya bertujuan untuk menguji seberapa besar kepintaran seseorang tapi memiliki maksud lain yaitu untuk menguji mental dan kepribadian seseorang. Semakin bertambahnya usia seseorang, IQ semakin turun. Akan tetapi, penurunan IQ tidak hanya terjadi di usia tua tapi bisa juga terjadi saat kita masih usia anak-anak,  remaja, atau saat dewasa. Ternyata perihal ini dapat menurunkan IQ pada anak loh!

 

1. Mendidik anak dengan cara kekerasan

Gambar: www.kabarmakkah.com

 

 

Agar anak patuh kepada orangtua hendaknya mendidik bukanlah dengan cara kekerasan. Mendidik anak secara kekerasan dapat melukai fisik, mental, dan emosinya. Hal seperti itu bisa dibawa oleh si anak sampai ia dewasa nanti. Berdasarkan Tribun Lampung News, kekerasan pada anak ternyata dapat berefek pada penurunan IQ anak loh! Anak yang menjadi korban kekerasan orangtuanya akan mengalami penurunan IQ serta terus termindset dipikiran mereka tentang kekerasan yang dilakukan oleh orangtuanya. Semarah-marahnya anda terhadap anak, tahan emosi anda jangan sampai ada kekerasan fisik dan mengeluarkan kata-kata kasar. Solusi yang tepat ketika anak tidak patuh pada anda adalah dengan memberikan ketegasan, nasehat, serta memberikan hukuman yang mendidik sudah sangat cukup.

 

2. Menggunakan terlalu banyak gadget dalam satu waktu yang bersamaan

Gambar: www.pojokgaul.com

 

 

Menggunakan terlalu banyak gadget dalam satu waktu yang bersamaan sudah seharusnya dihindari. Anak yang banyak menggunakan gadget dalam waktu yang bersamaan bisa menyebabkan otak menjadi tidak fokus dalam menerima informasi karena informasi tersebut bukannya masuk ke pusat otak melainkan masuk kebagian otak lainnya. Hasilnya pun terjadi sebuah penurunan IQ dan bahkan dapat berakibat fatal yaitu terjadi kerusakan otak pada anak anda. Tidak hanya anak saja yang bisa mengalaminya, tapi anda pun juga bisa mengalaminya.

 

3. Memberikan dan membiarkan anak makan makanan yang mengandung lemak, manis, dan junk food berlebihan

Gambar: www.zodiakharian.com

 

 

Apa yang kita konsumsi bisa mempengaruhi tumbuh kembang IQ. Asupan nutrisi yang tidak bagus dapat menyebabkan penurunan IQ. Anak yang terlalu banyak dan sering makan makanan yang mengandung lemak, gula, dan junk food berlebih bisa membuat IQnya menjadi turun. Ini telah diteliti oleh seorang peneliti dari University Bristol. Penelitiannya dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari 3.669 anak yang berusia 3 tahun, 4 tahun, 7 tahun, dan 8 tahun. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa anak yang sering makan makanan yang  mengandung lemak, gula, dan junk food berlebih memiliki tingkat IQ yang lebih rendah dibandingkan anak yang sering makan makanan yang bergizi tinggi.

Baca juga: Tipe-tipe Orangtua yang Over Protektif dalam Mendidik Anak

 

4. Kurangnya menjaga kebersihan pada anak

Gambar: hellosehat.com

 

 

Bersih adalah modal utama untuk memiliki tubuh yang sehat. Sudahkah anda menjaga kebersihan anak? Anak yang tidak dapat menjaga kebersihan dengan baik akan menyebabkan cacingan. Cacingan bisa membawa sumber penyakit pada tumbuh si anak karena ketika anak kotor maka kotoran tersebut bercampur dengan cacing yang melekat di kulit, pencernaan, paru-paru, bahkan bisa sampai melekat di otak. Intinya, cacingan itu dapat menyebabkan penurunan IQ anak. Terapkan pada si anak untuk selalu menjaga kebersihan dengan konsisten mengajarkan anak mencuci tangan sehabis memegang sesuatu, memotong kuku yang sudah panjang, menyikat gigi minimal sehari 2x, bersih-bersih sebelum masuk kamar tidur, dll.

Cari sekolah / perguruan tinggi yang tepat di edumor.com!

 

5. Kurangnya pengaturan pola tidur pada anak

Gambar: ariae.ir

 

 

Kecerdasan berpikir anak juga dipengaruhi oleh faktor pola tidur. Jika anak kurang tidur, maka kemampuan berpikir dan belajarnya berkurang termasuk IQnya. Sebagai orangtua, khususnya yang  punya anak usia dini sangatlah penting untuk mengatur pola tidur yang tepat bagi mereka.  Lamanya waktu tidur anak dalam satu hari disesuaikan dengan usia si anak itu sendiri. Jam tidur dan jam bangun tidur juga harus diatur. Lakukan pengaturan tersebut secara konsisten agar si anak memiliki waktu tidur yang cukup.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Perihal yang Mengakibatkan Penurunan IQ Pada Anak

  1. Pingback: - Edumor Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *