Tipe-tipe Orangtua yang Over Protektif dalam Mendidik Anak

Orangtua memiliki tugas untuk melindungi anak di dalam sebuah keluarga. Namun, apakah selama ini cara anda melindungi anak sudah benar? Kira-kira apakah anda termasuk orangtua yang over protektif dalam mendidik anak? Lalu, bagaimana sih tipe orangtua yang over protektif? Berikut penjelasannya!

 

1. Selalu mengawasi gerak gerik anak

Gambar: abdipowerindo.wordpress.com

 

 

Anak memang butuh pengawasan ketika mereka melakukan aktivitas di dalam rumah maupun di luar rumah. Akan tetapi, pengawasan yang sepatutnya dilakukan orangtua bukanlah pengawasan yang berlebihan. Berlebihan dalam arti selalu mengawasi gerak-gerik anak. Misalnya, si anak mau ke kamar mandi harus diikuti oleh orangtuanya padahal ia berani dan bisa sendiri ke kamar mandi. Anda boleh saja memberikan pengawasan cukup dengan mengawasinya sekali saja. Anak yang selalu diawasi gerak-geriknya akan menimbulkan rasa ketakutan dan tidak leluasa melakukan aktivitas yang mereka inginkan.

 

2. Terlalu banyak melarang

Gambar: www.majalahpama.my

 

 

Terlalu banyak melarang anak dengan sering mengatakan “tidak ” dapat mempengaruhi emosi dan mentalnya. Mengatakan tidak pada anak dilihat dari segi apa dulu. Kalau dari segi hal negatif, yah orangtua pantas mengucapkannya. Kalaupun dalam segi positif, tidak seharusnya orangtua mengucapkan. Jadi, melarang anak itu dilihat dulu positif atau negatifnya. Biarkanlah mereka untuk melakukan apa yang mereka inginkan dalam hal yang positif dan bermanfaat. Jangan dikit-dikit ini gak boleh, itu gak boleh. Kapan anak anda bisa belajar dan hidup mandiri kalau terlalu banyak dilarang. Tindakan terlalu banyak melarang anak juga dapat menurunkan daya kreativitasnya.

 

3. Punya rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan

Gambar: terapiotak.com

 

 

Orangtua takut dan khawatir terhadap anaknya wajar-wajar sih. Namanya juga orangtua. Orangtua mana sih yang gak takut dan gak khawatir kalau sesuatu terjadi dengan anaknya? Bagi anak yang memiliki anak usia masih kecil, remaja, dan bahkan dewasa karena anda tipe orangtua yang terlalu protektif sama anak andapun memiliki rasa ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan. Fakta memang benar kalau orangtua yang terlalu protektif terhadap anak memiliki rasa ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan. Bagaimana cara mencegahnya? Salah satu alternatifnya adalah  buka pikiran positif anda. Terapkan pada diri anda bahwa tidak akan terjadi sesuatu pada si anak. Dengan berpikir positif, rasa ketakutan dan kekhawatiran anda akan si anak akan berkurang.

Baca juga: 6 Kegiatan Bermanfaat untuk Meningkatkan & Merangsang Kemampuan Motorik Anak

 

4. Terlalu sering membantu kesulitan anak

Gambar: id.theasianparent.com

 

 

Cara menyelesaikan dan memecahkan permasalah anak banyak orangtua lakukan dengan terlalu sering  membantu kesulitan anak. Padahal itu termasuk tipe orangtua yang terlalu protektif loh! Orangtua pasti berpikir kalau anak yang mengalami kesulitan harus dibantu agar kesulitannya cepat terselesaikan bukan? Cara seperti itulah yang salah ketika anak menghadapi kesulitan. Yang paling tepat adalah memberikan bantuan berupa arahan. Contohnya, si anak tidak bisa memakai kaos kaki. Lalu, anda mengarahkan bagaimana cara menggunakan kaos kaki yang benar sembari si anak mempraktekkannya. Kendati demikian, mereka tidak akan menjadi anak yang manja dan bisa bertanggung jawab.

Cari sekolah yang tepat untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com untuk melihat dan mencari info serta rekomendasi sekolah yang tepat!

 

5. Tidak pernah memberikan kepercayaan pada anak

Gambar: www.solusisehatku.com

 

 

Hubungan orangtua dengan anak harus terjalin hingga si anak dewasa nanti. Begitu pula orangtua harus mampu memberikan kepercayaan sepenuhnya pada anak. Tipe orangtua yang tidak bisa memberikan kepercayaan pada si anak seperti tidak memperbolehkan anak bermain sepeda karena satu alasan yaitu anda tidak percaya bahwa anak benar-benar selamat saat bermain sepeda. Seperti yang sudah diberitahukan tadi, berpikir positif aja dan percaya bahwa tidak anak terjadi sesuatu pada anak anda. Justru dengan tidak mampu memberikan kepercayaan pada anak, si anak tidak bisa percaya diri loh!

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Tipe-tipe Orangtua yang Over Protektif dalam Mendidik Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *