Kiat Mempersiapkan Dana Pendidikan Bagi Anak

Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting dalam keluarga. Karena, dengan adanya perencanaan keuangan maka berbagai dana yang dikeluarkan dapat diatur dan direncanakan. Salah satu hal yang penting dalam perencanaan keuangan keluarga ialah mempersiapkan pendidikan bagi anak. Terlebih, biaya pendidikan anak pun tidak memakan jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang baik. Berikut 6 kiat bagi orangtua untuk mempersiapkan dana pendidikan bagi anak.

 

1. Estimasikan waktu untuk merencanakan pembiayaan pendidikan

Gambar : mauasuransi.com

 

 

Langkah pertama yang dilakukan dalam merencanakan biaya pendidikan ialah dengan mengestimasikan berapa waktu yang akan digunakan hingga sampai pada saat pengeluaran tersebut dilakukan. Terdapat tiga hal yang dapat perlu diperhatikan dalam merencanakan biaya pendidikan, yakni :

a. Saat anak belum masuk sekolah

Menyiapkan biaya pendidikan bagi anak yang belum masuk sekolah akan jauh lebih mudah. Anda akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk menabung dan berinvestasi. Contohnya, ketika saat ini anak Anda berumur 3 tahun, maka anda masih memiliki waktu kurang lebih 3 tahun lagi untuk mempersiapkan anak masuk sekolah TK. Dana yang disimpan untuk persiapan pendidikan pun dapat jauh lebih besar karena belum memiliki pengeluaran lain yang dibutuhkan.

b. Jika anak sudah bersekolah

Melakukan perencanaan biaya pendidikan ketika anak sudah masuk sekolah memang sedikit membutuhkan upaya yang ekstra. Karena anak yang sudah bersekolah tentu memiliki berbagai kebutuhan lainnya, seperti : biaya bulanan, perlengkapan, kegiatan ekstrakurikuler, dan sebagainya. Namun anda tidak perlu panik, tetapkan jangka waktu yang tersisa untuk mempersiapkan anak menuju jenjang berikutnya.

c. Ketika anak akan menuju jenjang berikutnya

Dalam merencanakan biaya sekolah bagi anak yang hendak menuju jenjang berikutnya, akan lebih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Misalnya, biaya uang pangkal atau uang gedung yang berbeda pada setiap sekolah. Dengan demikian, pertimbangkan terlebih dahulu sekolah yang akan dituju sehingga Anda dapat menetapkan berapa biaya yang perlu dipersiapkan.

 

2. Meninjau dana yang dimiliki keluarga

Gambar : KreditGoGo.com

 

 

Setelah menetapkan estimasi waktu yang akan digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan, maka hal yang selanjutnya dilakukan ialah meninjau berbagai pos pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki. Hal ini berguna agar anda dapat mengetahui dana apa saja yang dapat dialokasikan untuk mempersiapkan biaya pendidikan bagi anak. Anda juga dapat mengetahui biaya apa saja yang dapat ditekan agar lebih berhemat, dana yang ditekan tersebut dapat dijadikan tambahan simpanan untuk pendidikan.

 

3. Mencari informasi mengenai biaya sekolah

Gambar : dikenal.com

 

 

Mengetahui besarnya dana sekolah pada setiap jenjangnya diperlukan agar anda dapat memperkirakan seberapa besar dana yang akan dikeluarkan untuk pendidikan anak. Mencari informasi mengenai biaya sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti :

a. Internet

Internet dapat dijadikan sebagai media untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, salah satunya ialah mengenai biaya sekolah. Anda dapat menemukan informasi mengenai biaya sekolah dari berbagai forum online, website sekolah tersebut, atau dapat pula mencari via edumor.com untuk mengetahui berbagai sekolah beserta fasilitas yang disediakan.

b. Mendatangi langsung sekolah tersebut

Mengunjungi langsung sekolah yang akan dituju merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai biaya. Anda dapat bertanya kepada bagian Tata Usaha sekolah tersebut.

c. Bertanya kepada kerabat, tetangga terdekat atau orang lain yang memiliki informasi lebih

Jika anda memiliki kerabat atau tetangga yang memiliki pengalaman dalam menyekolahkan anak menuju jenjang yang lebih tinggi, bertanyalah kepada mereka mengenai perkiraan biaya sekolah yang perlu dikeluarkan. Bertanya kepada sesama orangtua murid juga dapat dilakukan agar memperoleh banyak referensi.

Baca juga : 7 Kiat Agar Anak Sukses di Sekolah

 

4. Siapakan dana tambahan biaya untuk keperluan sekolah

Gambar : blog.bukalapak.com

 

 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa biaya sekolah tidak hanya sebatas uang pangkal atau uang gedung saja. Melainkan uang bulanan sekolah, biaya seragam sekolah, peralatan tulis, perlengkapan sekolah seperti buku, tas, sepatu, dan sebagainya. Berbagai hal tersebut perlu dipertimbangkan pula alokasi anggarannya. Karena, meskipun kelihatannya sepele, namun keperluan sekolah pun dapat memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, persiapkan juga alokasi dana untuk hal ini.

 

5. Investasi keuangan untuk pendidikan

Gambar : www.cermati.com

 

 

Berinvesitasi keuangan dapat dilakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan yang cukup besar. Anda dapat melakukan investasi berupa tabungan pendidikan, reksadana, dan asuransi pendidikan. Hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi ialah cari tahu mengenai produk-produk investasi serta lembaga yang memiliki produk investasi tersebut. Waspadai lembaga investasi keuangan yang tidak dapat dipercaya atau memiliki kredibilitas yang kurang. Oleh karena itu, cerdas dalam memilih lembaga sebagai penampung dana yang diinvestasikan menjadi amatlah penting.

 

6. Rencanakan biaya untuk jenjang pendidikan tinggi

Gambar : KreditGoGo.com

 

 

Merencanakan biaya sekolah tidak hanya sebatas pada saat anak memasuki sekolah dasar dan mengenah saja. Diperlukan pula perencanaan biaya bagi anak hingga pendidikan tinggi. Mempersiapkan dana untuk pendidikan tinggi memanglah tidak mudah. Pilihan berinvestasi dapat menjadi hal yang dilakukan karena bersifat jangka panjang. Persiapkanlah dana pendidikan tinggi sedini mungkin agar tidak memberatkan Anda pada kemudian hari.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *