Inilah Penyebab Anak Malas Belajar. Yuk Cari Tahu Solusinya!

Anak yang malas untuk belajar memang terkadang menyebalkan. Namun, janganlah terlebih dahulu menghakimi anak jika dia mengalami hal seperti itu. Sebagai orangtua, kita perlu cermat untuk melihat apa penyebab anak menjadi malas belajar. Jika kita mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk kita cari tahu penyebab dan solusi bagi anak yang malas belajar.

 

1. Terlalu banyak beban pelajaran

Gambar : maconlyreview.wordpress.com

 

 

Dalam satu hari anak diajarkan berbagai mata pelajaran di sekolah. Belum lagi jika setiap mata pelajaran tersebut ada tugas yang harus dikerjakan atau ulangan harian. Hal tersebut dapat menjadi beban tersendiri bagi anak, sehingga mereka akan merasa belajar merupakan hal yang terlalu berat. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita perlu memberikan pengertian bagi mereka bahwa belajar tidak seberat yang mereka bayangkan. Menciptakan suasana ceria dan menyenangkan saat belajar juga dapat dilakukan untuk membujuk anak yang malas belajar. Jangan lupa untuk memberikan pujian bagi anak jika mereka sudah mau mulai belajar, agar mereka semakin rajin dan termotivasi.
2. Anak tidak menyukai pelajaran atau guru di sekolah

Gambar : student.cnnindonesia.com

 

 

Anak yang malas belajar bisa jadi karena ia tidak menyukai mata pelajaran tertentu. Jika ia tidak menyukai mata pelajaran tertentu, ajaklah anak untuk belajar menyukainya dengan cara membuat asik suasana saat belajar pelajaran tersebut di rumah. Kita juga bisa memberikannya suatu ilustrasi mengenai mengapa kita perlu mempelajari pelajaran tersebut. Anda dapat mengaitkan dengan cita-cita anak misalkan, ceritakan bahwa untuk menjadi seorang arsitek yang andal harus pandai dalam matematika. Sehingga anak akan termotivasi belajar. Jika anak malas belajar karena tidak menyukai guru disekolahnya, katakanlah padanya bahwa hal tersebut merupakan wajar karena kita tidak selamanya akan menghadapi orang yang menyenangkan. Namun katakan pada anak bahwa belajar merupakan kewajiban karena hal tersebut akan berdampak baik bagi dirinya sendiri.
3. Anak memiliki minat lain di luar bidang akademis

Gambar : statik.tempo.co

 

 

Ada kalanya anak yang malas belajar disebabkan ia memiliki minat yang lain di luar bidang akademis. Tidak ada salahnya untuk mengarahkan anak sesuai dengan minat dan bakatnya. Namun, untuk mengembangkannya dengan nilai akademisnya, maka kita dapat memberikan “reward”. Contohnya, jika anak Anda sangat menyukai sepakbola, maka berikanlah anak izin untuk bergabung di sebuah klub sepakbola, namun berikanlah syarat bahwa ia juga harus tetap rajin belajar.

Baca juga : Mengajarkan Anak Agar Mandiri Saat Bersekolah

 

4. Kondisi keluarga yang tidak kondusif

Gambar : www.vemale.com

 

 

Keluarga yang kurang perhatian terhadap anak juga dapat menjadi penyebab anak malas untuk belajar. Lingkungan keluarga yang tidak kondusif dapat menyebabkan anak malas belajar. Tidak hanya itu, orangtua yang salah bicara juga dapat menyebabkan anak malas belajar. Misalkan, dengan memberikan nasehat kepada anak agar tidak malas namun menceritakan kepada anak bahwa dulu orangtua pun malas belajar. Maka dari itu, sebagai orangtua kita perlu pandai dalam menjaga suasana kondusif dalam rumah dengan ikut mendukung anak dalam belajar. Kondisi keluarga yang harmonis akan menjaga jiwa tanam menjadi stabil. Kemudian, tambahkanlah contoh-contoh positif saat memotivasi anak.
5. Anak terlalu suka bermain dibanding belajar

Gambar : myboxtips.blogspot.co.id

 

 

Anak yang malas belajar biasanya disebabkan karena mereka lebih suka bermain dibanding belajar. Terlebih di era teknologi seperti ini, anak lebih tertarik menghabiskan waktunya berjam-jam untuk bermain gadget. Permasalahan ini dapat diatasi jika orangtua tegas terhadap anak. Berikanlah peraturan dan batasan waktu untuk bermain gadget, agar anak tidak kebablasan dalam bermain. Jika saat mereka belajar dan membutuhkan gadget sebagai alat bantu, dampingilah mereka agar tidak menyalahgunakan gagdet tersebut di tengah belajar mereka.

 

6. Anak memiliki gangguan fisik atau masalah pribadi

Gambar : www.solusisehatku.com

 

 

Gangguan fisik yang dialami anak seperti kesulitan mendengar atau melihat, dapat menjadi penyebab anak malas belajar. Sebagai orangtua, kita perlu lebih peka terhadap kondisi anak jika memang ia mengalami masalah dengan inderanya. Bawalah ke dokter untuk ditangani lebih lanjut jika memang anak memiliki masalah seperti ini.
Selain itu, anak yang malas belajar atau enggan pergi ke sekolah, bisa jadi karena anak menjadi korban bullying. Cobalah untuk membangun suasana yang terbuka dengan anak agar mereka mau menceritakan masalah mereka. Konsultasikan pula pada guru atau kepala sekolah jika memang anak memiliki masalah seperti ini.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *