7 Kiat Agar Anak Sukses di Sekolah

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya berhasil secara akademis di sekolah. Karena, sedikit banyak di Indonesia nilai akademis masih berpengaruh dalam melanjutkan jenjang pendidikannya. Lantas, bagaimanakah caranya agar anak dapat suskses di sekolah? Berikut adalah tips kiat agar anak sukses di sekolah.

 

1. Membangun keinginan kuat untuk belajar

Gambar : viashizukharia.blogspot.co.id

 

 

Motivasi atau keinginan kuat untuk belajar memang datang dari diri sendiri. Namun, sebagai orangtua kita dapat memberikan pengaruh untuk memotivasi anak. Perkenalkan anak dengan berbagai hal yang baru sehingga anak akan terpacu untuk terus menggali pengetahuan. Kenalkanlah juga anak dengan buku dari sejak dini. Hal ini dapat menimbulkan minat baca dan belajar anak. Saat ini, telah banyak buku-buku pengajaran yang menarik untuk dibaca anak. Anda dapat menggunakan buku tersebut sebagai salah satu metode untuk membangun keinginan anak dalam belajar.

 

2. Memastikan bahwa anak memang sudah siap untuk masuk sekolah

Gambar : ppidunia.org

 

 

Anak yang sudah siap masuk sekolah akan cenderung untuk lebih mudah menyerap pelajaran dibandingkan dengan anak yang dipaksa untuk bersekolah. Pastikan bahwa anak memang sudah cukup usia untuk bersekolah. Sehingga, dari kondisi psikomotorik dan psikis mereka pun telah siap menerima berbagai pelajaran dari sekolah. Selain itu, berikanlah anak sarapan yang bergizi, agar tumbuh kembang otak dan badannya baik. Makan-makanan yang mengandung protein, kaya serat, dan rendah gula karena baik untuk perkembangan anak. Selain itu, tidur cukup juga dibutuhkan oleh anak agar mereka siap berkonsentrasi untuk belajar dan tidak diserang oleh kantuk.

 

3. Mengajarkan anak untuk lebih peka secara sosial dan emosional

Gambar : sdnpuntukdoro3.blogspot.co.id

 

 

Sukses bagi anak bersekolah tidak hanya cukup dari segi akademis, melainkan pula dari segi kepekaannya secara sosial dan emosional. Untuk membangun kepekaan anak, Anda dapat mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan charity yang ada di lingkungan. Misalnya, membantu memberi makanan bagi orang-orang yang kurang beruntung. Hal ini akan menciptakan rasa syukur bagi anak. Contoh lainnya, Anda dapat mengajaknya untuk ikut bekerja bakti membersihkan lingkungan. Sehingga, anak akan terbangun kesadarannya untuk ikut serta dalam menjaga dan merawat lingkungan. Mengajari anak untuk menyayangi binatang juga menjadi salah satu cara untuk memberinya pemahaman bahwa menyayangi sesama makhluk hidup ialah hal yang terpuji.

Baca juga : Inilah Penyebab Anak Malas Belajar. Yuk Cari Tahu Solusinya!

 

4. Memberikan contoh yang baik

Gambar : gambarkatabaru.com

 

 

Anak merupakan cerminan dari orangtua. Maka dari itu, sebagai orangtua anda perlu memberikan contoh yang baik kepada anak. Anda dapat mencontohkan bagaimana cara belajar yang baik. Misalnya, saat menemaninya belajar, Anda dapat membaca buku. Katakan pada anak bahwa tidak hanya mereka saja yang belajar, namun Anda juga ikut belajar. Berikan pemahaman bagi anak bahwa belajar merupakan kebutuhan yang perlu dilakukan sepanjang usia. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran pada mereka bahwa ilmu merupakan suatu kebutuhan.

 

5. Mengajarkan anak untuk disiplin dan taat peraturan

Gambar : everydaylife.globalpost.com

 

 

Agar sukses di sekolah, anak perlu diajarkan untuk disiplin. Baik dalam disiplin mengenai manajemen waktu dan tanggung jawab mereka. Ajarkan anak untuk dapat membagi waktunya antara bermain dan belajar. Selain itu, biasakan mereka untuk tidak terlambat datang ke sekolah. Berikan pengertian bahwa setiap diri mempunyai tanggung jawab dan tugas masing-masing dan hal tersebut perlu dikerjakan dengan baik agar tidak merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Kenalkan anak pada peraturan yang ada di sekolah, agar ia tebiasa untuk menaati peraturan.

 

6. Menyekolahkan anak ke dalam sekolah yang menghargai pencapaian prestasi

Gambar : triktips.com

 

 

Lingkungan yang baik bagi anak, dapat menunjang dirinya untuk berprestasi. Lingkungan yang baik dapat diperoleh dari lingkungan sekolah yang mendukung. Cari lingkungan sekolah yang dapat menunjang prestasi anak. Misalnya, lingkungan sekolah yang fasilitasnya lengkap dan juga para pengajar yang baik. Sekolah yang memiliki kurikulum dan pengajaran yang baik juga dapat membantu anak dalam belajar. Untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai sekolah yang bermutu anda dapat mencarinya dari internet, misalnya mencari informasi lewat edumor.com. Situs edumor.com menyediakan informasi secara menyeluruh, mengenai sekolah dari berbagai jenjang.

 

7. Menciptakan suasana yang mendukung untuk belajar di rumah

Gambar : connectedfamilies.org

 

 

Selain di sekolah, suasana belajar di rumah juga perlu diperhatikan. Ciptakanlah suasana belajar di rumah yang kondusif dan mendukung kegiatan anak. Misalnya, dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan anak. Anda dapat menyediakan berbagai buku penunjang atau fasilitas internet agar belajar anak semakin maksimal.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *